Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tak Lagi Tabu, Ini Cara Jeremy Thomas Beri Edukasi Seks pada Kedua Anaknya

Bagi sang aktor, berdiskusi terkait risiko yang berpotensi terjadi dalam kehidupan seksual.

Tak Lagi Tabu, Ini Cara Jeremy Thomas Beri Edukasi Seks pada Kedua Anaknya
(Foto: Courtesy of @jeremythomas_jt)

Ketika seorang anak bertumbuh dewasa, pendidikan tidak hanya berkutat di balik buku pelajaran maupun ruang kelas dengan berbagai kurikulum akademis yang diberikan di sekolah. Keluarga, khususnya orang tua memiliki peran yang signifikan dalam memberikan pendidikan yang menjadi bekal bagi anak-anak mereka menjalani hidup, termasuk kehidupan seksual.

Perbincangan Dave Hendrik bersama aktor, Jeremy Thomas dari episode terbaru Brunch With Dave Hendrik juga membahas tentang cara Jeremy dan sang istri, Ina Thomas memberikan pendidikan seks kepada kedua buah hatinya, Matthew dan Valerie. “Kalau pendidikan seks, anak sekarang sudah belajar tanpa harus dididik, menurut saya,” ungkap sang aktor.

Jeremy juga membagikan pengalamannya bertemu dengan sekelompok remaja dan bertanya tentang kehidupan seks, “Bagi mereka membicarakan hal tersebut bukan sesuatu yang tabu, bagi mereka itu adalah topik umum,” ujarnya sehingga bagi sang aktor, pendidikan seks yang paling mudah untuk dilakukan orang tua kepada anak adalah berdiskusi terkait risiko-risiko yang berpotensi dari kehidupan seksual tersebut.

(Foto: Courtesy of @bazaarindonesia)
(Foto: Courtesy of @bazaarindonesia)

“Kalau laki-laki, if you’re not careful with your girlfriend, hidup kamu akan menjadi komitmen, kalau dia hamil, kamu harus menikahinya. Begitu juga dengan yang perempuan, apakah siap?” jelas Jeremy. Kehidupan seksual sangat mungkin terjadi kalangan remaja sehingga penting bagi orang tua untuk berdamai dengan kemungkinan tersebut sebelum mengomunikasikannya kepada anak. “Masa depan itu luar biasa, kehidupan sangat dinamis. Pasangan dapat kalian temukan kapan saja. Jangan terjebak dalam situasi yang merugikan kalian di kemudian hari,” ungkap sang aktor.

Ia juga mengatakan bahwa banyak orang tua yang kerap menganggap risiko dari kehidupan seksual anak-anak mereka tidak mungkin terjadi, meski bagi Jeremy segala kemungkinan dapat terjadi dan semakin sering orang tua membantahnya, berarti menutup mata akan realitas yang terjadi saat ini. "Kalau ada yang bilang, 'Ahh.. anak saya enggak mungkin begitu'... Itu mustahil, kalau memang tidak ada, yang namanya klinik aborsi tidak banyak yang digerebek," ujar Thomas.

Dave dan Jeremy juga membicarakan tentang tantangan yang dialami sang aktor dalam membesarkan kedua anak remajanya di dunia yang serba cepat serta peran seorang ayah yang baik dalam membesarkan buah hati mereka. Simak perbincangan keduanya yang segera Anda saksikan dalam seri Brunch With Dave Hendrik melalui kanal YouTube Harper’s Bazaar Indonesia.

Baca Juga: Tantangan Jeremy Thomas Membesarkan Anak-Anak Generasi Z

Baca Juga: Nilai Penting bagi Seorang Ayah Menurut Jeremy Thomas

(Penulis: Vanessa Masli)