Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Selain di Bali, Intip 15 Pantai Cantik Milik Indonesia Ini

Mulai dari ujung barat hingga timur Nusantara, mana yang ingin segera Anda kunjungi?

Selain di Bali, Intip 15 Pantai Cantik Milik Indonesia Ini

Tidak salah jika Bali menjadi destinasi yang muncul di benak Anda ketika berbincang soal pantai. Pulau Dewata memang dianugerahi sejumlah pantai-pantai eksotis yang tak pernah gagal memukau wisatawan dalam negeri hingga mancanegara. Sebut saja seperti Pantai Kelingking yang populer, Green Bowl Beach, atau Pantai Nyang Nyang. 

Hanya saja, kali ini kami ingin mengajak Anda untuk menyambangi pantai-pantai lain di Indonesia yang nyatanya tak kalah menakjubkan dengan pantai-pantai di Bali. Tersebar dari ujung barat hingga timur Nusantara, simak deretan destinasi laut biru berikut ini dan simpan sebagai wish list Anda. Keindahannya akan membuktikan bahwa happiness indeed comes in waves!

1. Pulau Weh

Pulau Weh di mana kota Sabang berada tidak hanya mempunyai label sebagai salah satu wilayah di ujung Barat Indonesia, namun juga pantai-pantai cantik tersembunyi yang memanjakan mata. Di antaranya adalah Pantai Iboih yang ramah untuk snorkeling. Perairan jernih berwarna hijau tosca menjadi daya tarik pantai yang juga dikenal dengan nama Teupin Layeu ini. Lokasinya pun hanya berjarak sekitar 20 menit dengan Pulau Rubiah yang terkenal akan kekayaan biota lautnya.

2. Kepulauan Mentawai

Selain budaya sukunya, keelokan pantai-pantai di Kepulauan Mentawai dan gulungan ombaknya yang menantang bagi para peselancar menjadi poin plus yang sukses menarik perhatian wisatawan hingga mancanegara. Beberapa pantai tropis yang tak boleh luput dari pandangan Anda adalah Pantai Nyangnyang di Pulau Siberut, Pantai Awera yang tenang di Pulau Awera (Sipora Utara), dan Pantai Katiet di Sipora Selatan.

3. Pantai Tanjung Tinggi, Bangka Belitung

Keistimewaan panorama Pantai Tanjung Tinggi merupakan hasil perpaduan dari hamparan pasir putih, laut biru jernih berombak kecil, dan susunan batu-batu granit raksasa yang menjadi ciri khasnya. Tak heran bila pantai yang dulu dijadikan sebagai tempat syuting film Laskar Pelangi itu pernah masuk ke daftar tujuh pantai tercantik di dunia versi majalah lifestyle ternama Korea tahun 2017 lalu.

4. Pantai Gigi Hiu, Lampung

Di wilayah yang terisolir, tepatnya di Pekon Susuk, Kabupaten Tenggamus setelah melewati akses jalan yang cukup ekstrem, tersembunyi satu pantai dengan gugusan bebatuan alami yang juga tak kalah menakjubkan bernama Pantai Gigi Hiu. Disebut demikian karena di sana terdapat batu-batu karang lancip yang menjulang tinggi menyerupai deretan gigi hiu.

Berenang dan snorkeling tidak disarankan di sini karena selain keberadaan karang-karang yang tajam, ombaknya juga tergolong besar. Meskipun demikian, tempat ini cocok bagi Anda yang ingin berkemah sambil menikmati kecantikan alamnya.

5. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan yang terletak di Berau, Kalimantan Timur ini memang terkenal sebagai surga wisata bahari. Keempat pulaunya memiliki daya tariknya masing-masing, yakni Pulau Derawan yang memiliki gosong pasir apik bernama Gusung Sanggalau, Pulau Kakaban yang terkenal dengan danau ubur-uburnya, dan Pulau Sangalaki yang merupakan tempat konservasi penyu, dan Pulau Maratua yang disebut-sebut sebagai Maldives milik Indonesia.

6. Pink Beach, Pulau Komodo

Rasanya tidak lengkap jika tidak menyebut pantai berpasir merah jambu yang satu ini. Dipagari dengan perbukitan hijau dan gradasi laut biru yang cerah, Pink Beach di Komodo menyuguhkan lukisan alam yang memukau. Sementara pulaunya menjadi habitat bagi para komodo, perairannya menjadi rumah bagi ratusan spesies koral dan ribuan jenis ikan. Berenang, snorkeling, fotografi, atau hanya bersantai menunggu matahari tenggelam bisa menjadi opsi aktivitas di sana.

7. Pantai Koka, Flores

Nusa Tenggara Timur layaknya gudang bagi sejumlah pantai-pantai cantik di Indonesia. Selanjutnya adalah Pantai Koka yang terletak di Desa Wolowiro, Kabupaten Sikka, Flores. Berjarak sekitar 40 km dari Maumere, pantai yang dijuluki The Dream Beach ini masih belum banyak dikunjungi orang. Oleh karenanya, berlibur di sini layaknya sedang berada di pantai pribadi. Perbukitan dan tebing karang hijau yang memagarinya turut memperindah panorama Pantai Koka.

8. Pantai Mbawana, Sumba

Pantai Bawana atau Mbawana pernah dinominasikan dalam Anugrah Indonesia II tahun 2017 lalu di kategori tujuan wisata baru terpopuler. Terletak di Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, perjalanannya menuju ke pantai ini pun merupakan petualangan tersendiri sebab Anda harus melalui jalan berliku dan ekstrem serta harus menuruni 300 anak tangga untuk mencapai pantainya. Tetapi semua akan terbayar ketika tiba di pantai yang tersohor karena keberadaan gapura alam dari tebing berlubang ini. Keindahannya dapat dinikmati, terutama pada saat sunset, baik di pantainya maupun melalui bukit yang letaknya cukup dekat.

9. Pantai Walakiri, Sumba

Panorama sunset di Nusa Tenggara Timur lainnya yang tak boleh diabaikan terletak tak jauh dari pusat kota Waingapu. Bukan hanya pohon-pohon kelapa dan cemara yang meneduhkan di atas hamparan pasir putihnya, pantai Walakiri juga dihiasi dengan jajaran mangrove yang unik. Keindahannya akan terlihat semakin jelas ketika air sedang surut dan di kala matahari terbenam, menciptakan siluet cantik yang menimbulkan kesan seperti pohon menari.

10. Pantai Mandorak, Sumba

Masih di Sumba, hidden gem selanjutnya adalah Pantai Mandorak di Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara. Dua tebing yang mengapit pantai ini menjadi ciri khas pantai berpasir putih ini. Anda dapat mengabadikan dan menikmati keindahan alam sekitar termasuk melihat jelas gradasi warna air laut yang jernih dari berbagai sudutnya. Ombaknya yang kuat juga membuatnya menjadi destinasi yang cocok untuk berselancar.

11. Nihiwatu, Sumba

Sebagai private beach yang berada dalam wilayah resor Nihi Sumba, pantai Nihiwatu menyuguhkan suasana yang tenang, bersih, dan nyaman. Ombaknya yang kuat dijuluki sebagai God’s Left Waves dan Occy’s Left, mengundang para peselancar untuk berlomba-lomba menaklukkannya. Selain itu, menikmati keindahan Nihiwatu juga dapat dilakukan dengan berkuda di sepanjang pesisir sembari menyambut sang surya tenggelam. 

12. Pantai Kolbano, Kupang

Jika singgah di kota Kupang, jangan lupa untuk mampir ke Pantai Kolbano yang berada di Desa Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Butuh waktu sekitar tiga hingga empat jam dari ibu kota, namun pemandangan unik siap menyambut siapa saja yang berkunjung ke sana. Lupakan tentang sandy toes, Anda akan melihat bebatuan berwarna-warni sebagai pengganti pasir pantai. Hal inilah yang justru menambah daya tarik Pantai Kolbano selain bongkahan batu besar Fatu Un yang bisa diakses untuk menikmati pemandangan Samudera Hindia dari ketinggian.

13. Pantai Ora, Pulau Seram

Pantai Ora dan Pulau Seram adalah satu hal yang tidak terpisahkan. Bagaimana tidak, Pantai Ora merupakan salah satu destinasi unggulan dan populer di Kepulauan Maluku tersebut. Berada di antara Desa Sawai dan Saleman, banyak yang menyebut bahwa kecantikan pantainya hampir mirip dengan Maldives. Bukan hanya pemandangan alam di permukaan yang dihiasi barisan tebing, bukit, dan hutan, Pantai Ora juga menyimpan biota laut yang penuh warna.

14. Pantai Ngurtafur, Kepulauan Kei

Beranjak ke Kepulauan Kei, ada satu pantai eksotis sepanjang dua kilometer yang tampak membelah laut bernama Pantai Ngurtafur atau disebut juga sebagai Pantai Pasir Timbul. Ketika berjalan di atas pasirnya yang putih, Anda akan dibuat seakan sedang berada di tengah perairan lepas. Bila beruntung, Anda bisa bertemu dengan burung-burung bangau yang mencari ikan atau beristirahat dan penyu belimbing.

15. Pantai Pasir Panjang Labengki, Sulawesi Tenggara

Pulau Labengki dikenal sebagai miniatur Raja Ampat dengan versi budget yang lebih murah. Meskipun demikian, ada sekian banyak destinasi dan aktivitas menarik yang dapat dilakukan di sana. Salah satu yang terbaik adalah Pantai Pasir Panjang. Di sana pohon-pohon kelapa berbaris dengan rapi di pinggir pasir putih yang memisahkannya dengan perairan biru jernih. Lautnya menjadi rumah bagi karang warna-warni dan biota lainnya, membuatnya menjadi tempat yang pas untuk snorkeling.

Foto courtesy of: travelmarbles.com, Instagram @theonlyindonesia, @slatertrout, @folkindonesia, @exotockaltim, @hendrickhartono, @simococco, @joshkathey, @kadekarini, @indotravellers.co, @nihisumba, @tanyabaracchi, @luxuryworldtraveler, @vacation.sight