Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Rekomendasi Tempat Beli Pot Tanaman Unik Buatan Lokal

Sebab tanaman hias Anda layak untuk mendapatkan "rumah" yang menawan.

10 Rekomendasi Tempat Beli Pot Tanaman Unik Buatan Lokal

Apakah saat ini Anda mempunyai hobi koleksi tanaman hias? Meski sudah dimulai sejak tahun-tahun sebelumnya, memang minat ini mendadak booming saat pandemi mulai merebak di Indonesia. Oleh sebab itu, tak hanya tanaman yang kini rajin diburu oleh para penggiat hobi ini, namun juga aksesori yang melengkapi estetika penampilan tumbuhannya. 

Pot memang merupakan solusi untuk berkebun yang paling tepat bagi Anda yang memiliki keterbatasan lahan. Oleh sebab itu, produk ini banyak digunakan oleh publik baik di rumah maupun di lokasi lain yang mempunyai keterbatasan lahan, seperti di ruang kerja maupun apartemen. 

Meletakkan pot berisi tanaman hias di dalam maupun luar ruangan sebagai dekorasi interior adalah hal yang lumrah saat ini. Selain indah, ruangan pun akan terlihat lebih asri. Untuk memperoleh nilai estetika yang lebih baik, para produsen kini tak jarang memproduksi pot-pot dengan gaya yang menyesuaikan jenis tanamannya. Dengan demikian, kombinasi tanaman dan planter menjadi harmonis sebab pot menunjang keindahan tanaman tersebut. 

Dalam artikel ini, Bazaar merangkum 10 brand lokal produsen pot tanaman yang memiliki gaya artistik dan kualitas baik untuk tanaman kesayangan Anda. Beberapa menyebutnya artisan planter, sebab tiap desain memiliki jumlah terbatas dan dibuat menggunakan tangan perajin. 

1. Kultivar



Selain tersedia secara online, Kultivar memiliki toko fisik yang berlokasi di Kumulo, BSD. Di lokasi Anda dapat melihat variasi pot, tanaman hias (tanaman gurun), dan Anda juga dapat bertanya langsung kepada staf tentang cara membudi dayakan tanaman-tanaman tersebut. 



2. Taman Hayat



Taman Hayat dimulai sejak 2016 dan sejak saat itu aktif mempromosikan tagar #surelygreenisgood, yang bertujuan meningkatkan kesadaran manusia urban tentang pentingnya hidup berdampingan bersama tanaman. Rilisan produk Taman Hayat mempunyai banyak jenis eksplorasi menarik, baik dari segi bentuk, material, warna, dan jenis glasir.  



3. Hakijo Studios



Gaya produk keramik Hakijo Studios mengikuti konsep imperfect object, sculptural meets functional. Tekstur di permukaan pot dikerjakan menggunakan tangan memberi kesan menyerupai tekstur torehan di kulit pohon.



4. Specimenwerk

 



Specimenwerk berbasis di Surabaya dan merupakan salah satu supplier yang memiliki banyak pengikut setia. Mereka juga rajin bekerja sama dengan sejumlah pottery artist untuk menghasilkan pot tanaman yang artistik.

   

5. Anoma    

 



Pot tanaman lansiran Anoma menyerupai artefak bersejarah baik dari bentuk maupun finishing-nya. Anoma juga beberapa kali berkolaborasi dengan supplier lain untuk membuat pot tanaman dengan gaya yang unik. 

6. Ars Studio



Banyak produk dari Ars Studio yang dibuat dengan eksplorasi yang berbeda-beda, dengan demikian dapat disandingkan dengan berbagai jenis tanaman. Seperti tanaman dorstenia di gambar atas, maupun jenis kaktus seperti gymnocalycium atau epithelantha



7. Johz.ed Pottery



Gaya pot tanaman buatan Johz.ed Pottery memiliki kesan raw, baik dari teksturnya hingga finishing. Seperti beberapa pot berikut yang memiliki kombinasi guratan-guratan garis dan membundar.

 

8. Adinegara Ceramic



Jika gemar dengan gaya keramik yang mempunyai kesan zen, maka sejumlah opsi dari Adinegara Ceramic sesuai untuk Anda. Berbagai jenis produk baik pot, vas, maupun piring dibuat dengan eksekusi rapi dan mendetail.



9. Tanah Bumi



Ragam pot tanaman Tanah Bumi mempunyai bentuk organik dan seringkali berkesan imperfect, namun di sanalah daya tarik utamanya. Sandingkan dengan tanaman jenis stephania atau pachypodium untuk mendapatkan tampilan yang unik.

10. Sangkara Artisan Pots



Sangkara Artisan Pots merupakan wadah kolaborasi beberapa pottery artist di Bandung yang memiliki berbagai macam gaya. Masing-masing seniman bergantian merilis produknya di laman Instagram.

Satu tip untuk Anda. Seringkali saat produk baru mulai dirilis secara online, Anda harus segera berebut dengan konsumen lain untuk mendapatkan stok yang Anda inginkan (sebab demand cukup besar).

Saran kami, ikuti perkembangan informasi tanggal dan jam rilisnya untuk memastikan Anda memperoleh pilihan pot unik yang Anda suka, kemudian pasang alarm sebagai pengingat. Good luck!

Foto: Courtesy of Instagram, @kultivar.lokal, @tamanhayat, @specimenwerk, @tanahbumi.id, @ adinegara.r, @__anoma_, @sangkaraartisanspots, @ars.studio.jkt, @johz.ed, @hakijostudios