Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kapankah Pangeran Charles dan Putri Diana Pertama Kali Bertemu?

Kemungkinan besar akan melihat momen langsungnya dalam serial The Crown musim keempat.

Kapankah Pangeran Charles dan Putri Diana Pertama Kali Bertemu?

Setelah tiga musim serial The Crown yang menakjubkan, akhirnya kita akan melihat Putri Diana di layar kaca masing-masing. Tokoh kerajaan ternama, yang diperankan oleh Emma Corrin, tampil perdana di musim keempat, mengisahkan pernikahannya dengan Pangeran Charles dan penyesuaian dalam kehidupan kerajaan.

Kehadirannya mengikuti perkenalan Camilla Shand (diperankan oleh Emerald Fennell) pada musim ketiga serial tersebut. Pada musim tersebut, Camilla bertemu dengan Pangeran Wales (diperankan oleh Josh O’Connor) dalam sebuah pertandingan polo, yang dikabarkan benar-benar terjadi pada awal 1970an. Tahun 1977 menjadi momen pertemuan pertama Charles dengan Diana Spencer yang kemungkinan akan kita saksikan musim ini.

Charles dan Diana bertemu di rumah keluarga Spencer di Althorp, ketika Diana berusia 16 tahun dan Charles 29 tahun, menurut sebuah media. Ia adalah anggota dari pesta menembak, dan tamu dari saudara perempuannya, Sarah Spencer, yang sudah berteman lama dengan Charles. “Kami bertemu di lapangan,” ungkap sang putri dalam wawancara yang dilakukan dalam kunjungannya pada 1981, empat tahun setelah pertemuan pertama mereka.

“Saya mengingat sosok perempuan yang menyenangkan dan menarik,” ungkap Charles mengingatnya dalam wawancara yang sama. “Maksud saya, menyenangkan, penuh energi, dan semuanya.” Diana kemudian menambahkan kesan pertamanya terhadap Charles adalah ia cukup menakjubkan.

Keduanya mengakui ketika pertama kali bertemu, mereka tidak menyangka akan kemudian bertunangan, tetapi Pangeran Charles menjelaskan bahwa ia perlahan menyadari Diana adalah satu-satunya. Ia mengatakan bahwa musim panas dan gugur sebelum ia melamar adalah menyadari apa yang terjadi di dalam pikirannya [Charles] dan Diana, khususnya.

Ketika Diana pertama kali bertemu Charles di Althorp, menikmati santap malam dan menari, kemudian Charles mendatanginya dan meminta Diana untuk menemani melihat galeri. “Untuk seorang berusia 16 tahun untuk menunjukkan perhatian itu luar biasa,” Diana kemudian dalam rekaman pribadi yang dipublikasikan dalam dokumenter Diana: In Her Own Words pada 2017. “Mengapa orang-orang seperti itu tertarik pada saya?”

Mereka tidak sering bertemu setelah pertemuan tersebut. “Selama kurang lebih dua tahun,” jelasnya. Charles bahkan sempat berkencan dengan saudari Diana, Sarah. (“Saudara saya sangat menyukainya.”) Namun ketika Charles menginjak usia 30 tahun, ia mengundang kedua kakak beradik tersebut ke pestanya.

Hubungan Diana dan Charles semakin dekat ketika Diana diundang untuk menginap di rumah temannya, Philip de Pass ketika Pangeran Wales tersebut juga berkunjung. Ketika keduanya mendapatkan momen berdua, Diana merasa simpati kepada Charles, mengingat duka yang dirasakan Charles pada pemakaman Tuan Mountbattten. “Menit kemudian, ia langsung mendekati saya,” ungkapnya dalam rekaman tersebut.

Meski keduanya kerap berbincang melalui telepon dan Charles beberapa kali mengundang Diana untuk menghabiskan waktu bersamanya serta keluarga kerajaan, mereka tidak benar-benar menghabiskan banyak waktu bersama sebelum bertunangan. “Kami bertemu 13 kali dan kemudian menikah,” ungkap sang putri dalam rekaman tersebut.

Charles dan Diana menikah pada 1981, dianugerahi dua putra (Pangeran William dan Pangeran Harry), kemudian bercerai pada 1996. Penggemar kerajaan – dan sebagian besar rakyat – mungkin sudah familier dengan kisah cinta yang memilukan dari pasangan ini, tetapi The Crown akan menghidupkan kembali momen tersebut dalam musim terbarunya pada 15 November mendatang.

(Penulis: Erica Gonzales; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US)