Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Fakta Seputar Produksi Film Fantastic Beasts 3, Termasuk Digantinya Johnny Depp

Kira-kira siapa yang akan gantikan Johnny Depp sebagai Grindewald?

Fakta Seputar Produksi Film Fantastic Beasts 3, Termasuk Digantinya Johnny Depp
(Foto: Courtesy of @fantasticbeastsmovie)

Penggemar seri film Harry Potter mungkin tidak lagi asing dengan kekuatan dunia magis karangan J.K Rowling yang berhasil menyihir banyak orang selama satu dekade penuh. Ketika Harry Potter berhasil mengalahkan Voldermort, rasanya tidak ada lagi yang dapat dikisahkan dari Sekolah Sihir Hogwarts tersebut.

Namun seperti namanya, sihirnya kembali bekerja dengan perilisan film prekuel dan spin-off pada 2016 berjudul Fantastic Beasts and Where to Find Them. Sebuah kreasi visual yang juga diadaptasi dari buku karangan J.K Rowling dengan judul yang sama dan menjadi kali pertama perempuan bernama Joanne untuk duduk sebagai penulis skenario.

Film yang diperankan oleh sederetan bintang besar seperti Eddie Redmayne, Ezra Miller, dan Katherine Swanson ini mengisahkan seorang penyihir dan juga ahli zoologi pada 1926 bernama Newt Scamander (Newt) yang berkelana dari London ke Kota New York dengan koper berisi mahluk-mahluk ajaib dan mengetahui bahwa dirinya harus melawan kejahatan dari Gellert Grindelward – kemudian diperankan oleh Johnny Depp dalam sekuel film ini – serta menyimpan mahluk-mahluk ajaib peliharaannya tetap aman di dalam koper.

Dengan lima film direncanakan akan melengkapi dua film yang sebelumnya telah menghiasi layar lebar, Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016) dan Fantastics Beast: The Crimes of Grindelwald (2018), film ketiga menjadi penantian panjang bagi para penggemar terlebih di masa pandemi saat ini. Namun, ketika banyak film yang kembali memasuki proses produksi, Fantastic Beasts juga memasuki proses yang sama dengan berbagai perbedaan signifikan (dan sudah pasti Anda harus lebih bersabar menantikan penayangannya).

Berikut adalah informasi yang kami ketahui tentang film ketiga dari kisah dunia sihir karya J.K. Rowling, 70 tahun sebelum kehadiran Harry Potter.

(Foto: Courtesy of @fantasticbeastsmovie)
(Foto: Courtesy of @fantasticbeastsmovie)

Sutradara, David Yates akan kembali mengepalai kisah Newt Scamander

Setelah menyutradarai dua film sebelumnya, David Yates kembali dipercaya untuk memimpin jalannya proses pembuatan film ketiga dari saga ini. Sebelumnya, David terkenal dengan menyutradarai empat film terakhir dalam serial Harry Potter, lalu juga menyutradarai film The Legend of Tarzan yang rilis pada 2016. Dalam film kali ini, J.K. Rowling juga akan kembali menjadi penulis skenario seperti yang ia lakukan pada dua film sebelumnya.

Proses produksi film ketiga ini mengalami banyak penundaan

Dalam prosesnya, Fantastic Beasts mengalami penundaan dalam film ketiga ini. Diawali dengan penyempurnaan skenario sehingga harus menunda proses syuting. Pada akhirnya, produksi yang direncanakan mengambil tempat di London harus kembali mengalami penundaan ketika seluruh dunia berada dalam situasi krisis kesehatan global. Meski pelarangan syuting akibat virus COVID-19 di Inggris telah ditiadakan pada Mei lalu, Fantastic Beasts 3 memilih untuk menaham proses syutingnya.

(Foto: Courtesy of @fantasticbeastsmovie)
(Foto: Courtesy of @fantasticbeastsmovie)

Kini, mereka telah memulai proses produksi

Dengan protokol kesehatan ketat, aktor utama dalam film ini yaitu Eddie Redmayne mengonfirmasi bahwa proses syuting – berlokasi di London – telah dimulai selama dua minggu. Hal tersebut ia ungkapkan dalam sebuah wawancara yang dilakukan pada bulan September silam.

Eddie pun mengungkapkan bahwa proses syuting berjalan lancar dan semua rekan aktor bekerja semaksimal mungkin, meski menghadapi berbagai tantangan setelah terakhir melakukan syuting film Crimes of Grindewald pada 2017 silam. Eddie akan kembali bergabung dengan Katherine Waterston, Jude Law, serta Ezra Miller yang juga berperan dalam dua film sebelumnya.

Johnny Depp tidak lagi berperan sebagai Gellert Grindelwald

(Foto: Courtesy of @fantasticbeastsmovie)
(Foto: Courtesy of @fantasticbeastsmovie)

Meski dikabarkan akan kembali mengisi peran antagonis tersebut pada 2018 lalu, sebuah media mengonfirmasi keputusan Warner Bros. bahwa Johnny Depp tidak lagi bergabung dalam film ini. Kabar tersebut juga disampaikan oleh Johnny melalui pesan yang ia unggah, “Saya diminta untuk mengundurkan diri oleh Warner Bros. dari peran saya sebagai Grindelwald dalam Fantastic Beasts dan saya menyetujui permintaan tersebut.”

Keluarnya Johnny dari proyek film tersebut diakibatkan oleh kekalahannya dalam kasus pencemaran nama baik dengan tabloid The Sun terkait sebuah artikel terbitan 2018 yang menyebut dirinya seorang penganiaya istri. Dengan proses produksi yang telah berjalan, peran Gellert Grindelwald akan segera dilakukan proses audisi.

Anda harus kembali bersabar

Dengan berbagai penundaan dan polemik yang ada, film yang semula direncanakan rilis pada November 12, 2021 harus ditunda hingga musim panas 2022, tepatnya pada 15 Juli 2022. Hal tersebut dikonfirmasi olah pihak Warner Bros. kepada sebuah media.

 (Penulis: Vanessa Masli)