Memasuki tahun kesembilan, perhelatan busana Indonesia Fashion Week 2020 akan kembali hadir dan menghadirkan koleksi terbaik dari desainer Tanah Air yang terinspirasi dari keunikan budaya tanah Borneo dengan tema bertajuk Tales of the Equator – Treasure of the Magnificent. Namun, di tengah masa pandemi virus COVID-19, Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) selaku penyelenggara pagelaran busana menghadirkan Indonesia Fashion Week kepada pencinta fashion secara virtual.
“Kita berusaha menampilkan, mengekspresikan kreativitas dalam bentuk yang lain dan tetap harus menarik. Itu pekerjaan yang besar buat kita,” ujar Poppy Dharsono, selaku Direktur APPMI dalam konferensi pers yang diadakan pada 9 November. Indonesia Fashion dengan tema kebudayaan Kalimantan akan melibatkan 65 desainer Tanah Air yang memberikan masing-masing lima rancangan terbaik mereka.
Selain menyelami keindahan kultur tanah Borneo, IFW tahun bekerjasama dengan Indonesia Global Compact (IGCN), aliansi Perserikatan Bangsa-Bangsa, untuk menjadi wadah advokasi mengenai gaya hidup berkelanjutan, khususnya dalam bidang mode.
Dengan diadakan IFW 2020, diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi industri fashion di Indonesia untuk semakin ramah lingkungan, terlebih mengetahui fakta bahwa industri tekstil menjadi industri kedua terbesar yang mengonsumsi air paling banyak dalam proses produksinya.
Pergelaran busana yang turut melibatkan deretan perancang seperti Sugeng Waskito, Agnes Budhisurya, dan Jenny Tjahyawati, juga berkomitmen menjadi wadah yang mendukung para pelaku industri fashion untuk mengembangkan kreasinya, terlebih di masa pandemi ketika semua industri mengandalkan jaringan untuk mempertahankan industri mereka.
Kolaborasi IFW tahun ini yang menggandeng e-commerce Tokopedia merupakan bentuk adaptasi yang dapat dilakukan dalam industri fashion. Tokopedia pun turut mendukung pagelaran busana tahunan ini dengan mengadakan Indonesia Fashion Week Bazaar, “Diharapkan acara ini mendorong lebih banyak pegiat usaha lokal, khususnya dalam industri fashion untuk mengakselerasi penggunaan platform digital demi mempertahankan bisnis di tengah pandemi,” ungkap Inna Chandika selaku Vice President of Marketplace Tokopedia.
Meski digelar secara virtual, IFW 2020 tetap menyelenggarakan ajang pencarian bakat desainer muda, Young Fashion Designer Competition yang telah menjadi rangkaian acara dari Indonesia Fashion Week dan pemenangnya akan mendapatkan kesempatan untuk menampilkan hasil rancangan mereka pada perhelatan IFW 2020 yang diadakan secara langsung.
Pergelaran busana ini akan ditayangkan (dalam format live tapping dengan perekaman yang dilakukan di Jakarta Fashion Hub) pada 14 hingga 15 November 2020 mendatang sehingga Anda dapat menikmati keindahan budaya tanah Borneo melalui kreasi fashion para perancang terbaik Tanah Air melalui kanal YouTube resmi Indonesia Fashion Week Official.
(Penulis: Vanessa Masli)