Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Nikmati Keseruan Melukis Di Rumah dengan Kreasi Terbaru dari Museum MACAN: MACAN Home Kit

Sebuah lokakarya bagi masyarakat untuk selami seni lukis di tengah waktu yang tidak pasti.

Nikmati Keseruan Melukis Di Rumah dengan Kreasi Terbaru dari Museum MACAN: MACAN Home Kit

Mengawali dekade baru sepertinya tidak lagi asing ketika dikaitkan dengan banyaknya waktu yang Anda jalani di rumah. Dengan krisis kesehatan global yang terjadi, semua orang harus kembali berdiam di dalam rumah, mengandalkan teknologi untuk melepas rindu, dan seolah-olah dipaksa untuk menjadi setiap sudut hunian tempat berkreasi.

Di tengah masa pandemi, semua orang telah menemukan ritme keseharian yang baru dan tidak sedikit yang menyelami kegemaran baru, salah satunya berkreasi dengan melukis. Hal tersebut yang kemudian menginspirasi Museum MACAN menghadirkan sebuah set peralatan kesenian serta video panduan dari perupa Indonesia dalam seri lokakarya perdana yang bertajuk MACAN Home Kit.

Dalam seri MACAN Home Kit perdana, Seri Perupa ini akan berkolaborasi dengan perupa kontemporer Citra Sasmita, Ruth Marbun, dan Agam Dwi Nurcahyo (Magafaka), serta kolektif keramik ternama, Kandura Studio. “Pada masa dimana segalanya terjadi dengan sangat cepat, kita lupa atau mungkin dengan sadar mengubur banyak hal dalam pikiran kita. Melalui MACAN Home Kit, saya mengajak peserta untuk mengeksplorasi perasaan dan memori pribadi mereka sebagai cara untuk memulai sebuh karya – sebuah awal baru bagi setiap peserta,” ungkap Citra Sasmita, perupa yang terkenal dengan refleksi uniknya tentang perempuan Bali di tengah masyarakat kontemporer.

Citra akan memandu koleksi MACAN Home Kit pertama yang diluncurkan pada 4 November lalu. Ia mengajak setiap peserta untuk menjelajahi diri mereka, menilik ke dalam memori-memori personal dan penuh emosi. Perjalanan setiap peserta ke dalam diri dan memori mereka akan menjadi penggerak dalam proses melukis tujuh kartu berukuran 6cm x 12cm berisi kata dan visual penuh inspirasi yang dirancang sang perupa untuk menuntun peserta masuk ke dalam momen tertentu. Citra juga akan mengeksplorasi filosofi di balik lukisan tradisional Bali yang menjadi titik awal untuk menciptakan lukisan yang menggambar sang pembuat serta kehidupannya.

Dalam Home Kit yang sama tersedia kanvas lukis, rangkaian cat akrilik, kuas, dan tautan akses video panduan oleh Citra Sasmita. Tidak hanya panduan, sesi konsultasi kelompok dengan Citra juga dilakukan secara virtual sehingga menjadi kesempatan peserta mendiskusikan proses berkarya. Home Kit Seri Perupa ini dikhususkan bagi peserta berusia minimal 17 tahun.

Selain Citra, perupa lain yaitu Ruth Marbun, sosok di balik teknik mark-making yang emosional akan mengajak peserta membuat sebuah mesin waktu yang artistik, serta kehadiran Kandura Studio yang akan mengajak peserta menggunakan Home Kit untuk membuat perabot rumah tangga khas kolektif tersebut. Kreasi perabot tersebut kemudian akan dikirim untuk kemudian melalui proses penyelesaian di Kandura Studio.

Dalam memproduksi MACAN Home Kit: Seri Perupa, Museum MACAN bekerjasama dengan perusahaan spesialis cat akrilik asal Semarang, Tesla Paints. Anthony Sukanto selaku CEO Tesla Paints mengungkapkan bahwa produksi cat akrilik yang menjadi spesialisasi perusahaan ini telah melebarkan sayap untuk kini tidak hanya menyediakan peralatan berkualitas tinggi kepada perupa profesional, tetapi juga para pecinta seni yang mulai menekuni aktivitas kesenian sebagai hobi. Melalui kolaborasinya dengan Museum MACAN, membuka akses lebih luas bagi pecinta seni di Tanah Air terjadap peralatan kesenian berkualitas sesuai dengan visi Tesla Paints.

Museum MACAN ingin memberikan kebebasan dan membangkitkan aspirasi kreatif peserta dari berbagai usia sehingga tim Edukasi Museum MACAN juga menyiapkan rangkaian Home Kit bagi anak dan remaja bertajuk MACAN Home Kit: Seri Edukasi. Seri ini akan memberikan ruang bagi peserta bersama pengajar atau orang tua dalam mempelajari berbagai teknik kesenian, termasuk senin grafis, pewarnaan kertas, komposisi abstrak, dan pembuatan kolase.

“MACAN Home Kit dibuat untuk memenuhi kebutuhan banyak orang untuk mengekspresikan kreativitas mereka di masa pandemi COVID-19. Kami berharap dapat menciptakan pengalaman yang bermakna bagi peserta lokakarya – dari anak hingga dewasa, yang tidak hanya mempelajari kemampuan baru, tetapi juga memahami proses berkesenian dan berbincang langsung dengan para perupa,” jelas Aprina Murwanti selaku Kepala Departemen Edukasi dan Program Museum MACAN.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengekspresikan kisah perjalanan hidup Anda, khususnya di tengah banyaknya waktu luang untuk berkontemplasi, seri lokakarya MACAN Home Kit: Melukis dengan Perasaan bersama Citra Sasmita bisa dibeli melalui situs resmi Shopatmacan dan laman Tokopedia Shopatmacan dengan harga 475.000 rupiah.

(Penulis: Vanessa Masli; Foto: Courtesy of Museum MACAN)