Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

40 Momen Sepatu Paling Ikonis Dalam Film

Mulai dari sandal merah ruby milik Dorothy hingga Manolos biru milik Carrie.

40 Momen Sepatu Paling Ikonis Dalam Film

Lebih dari 80 tahun lalu, dunia dihiasi dengan budaya klasik Amerika: The Wizard of Oz. Ketika tidak ada yang tahu pasti kecintaan perempuan akan sepatu dimulai, tidak dapat dipungkiri bahwa Dorothy telah mengajarkan kita pentingnya alas kaki yang baik. Sejak itu, semakin banyak momen sepatu dalam film, sepatu kaca Cinderella hingga sepatu pernikahan Manolo Blahnik milik Carrie Bradshaw dan banyak lagi.

1. The Wizard of Oz (1939)

Tidak ada tempat yang lebih baik dari rumah – dan tidak ada sepatu yang lebih ikonis dari sandal merah ruby milik Dorothy.

2. The Red Shoes (1948)

Setelah mencoba sepasang sepatu balet merah, balerina ini tidak dapat berhenti menari dalam film klasik Inggris, The Red Shoes.

3. Cinderella (1950)

Tidak ada hal yang baik ketika seorang perempuan kehilangan sepatunya, kecuali Cinderella dan sepatu kacanya yang terkenal itu.

4. Three Little Words (1950)

Ketika menampilkan keahliannya berdansa dengan rekan Fred Astaire, aktris Vera-Ellen sedikit memperlihatkan sepatu balet satin berwarna merah muda dalam Three Little Words.

5. Funny Face (1951)

Audrey Hepburn menarik dengan sepasang sepatu loafers hitam dalam Funny Face. Ia berputar dengan penampilan ikonis dalam balutan kaus turtleneck hitam dan celana senada.

6.  Alice in Wonderland (1951)

Alice mungkin terjebak di Wonderland tetapi sepasang sepatu Mary Janes hitam klasiknya, dipadukan dengan gaun pinafore dan pita rambut hitam, adalah penampilan yang luar biasa.

7.  Singin’ in the Rain (1952)

Debbie Reynolds tampak siap dan berani melawan segala badai dengan sepatu bot hujan setinggi betis dari Singin’ in the Rain.

8. Gentlemen Prefer Blondes (1953)

Jane Russell dan Marilyn Monroe mengenakan baju dengan warna yang sama dalam film Gentlemen Prefer Blondes, termasuk sepatu pumps satin merah yang luar biasa.

9. The Seven Year Itch (1954)

Foto Marilyn Monroe berdiri di atas lantai stasiun dalam foto promosi The Seven Year Itch tidak akan lengkap tanpa sepatu hak tinggi putih bertali ikonisnya.

10.  Breakfast at Tiffany’s (1961)

Audrey Hepburn terkenal dengan sepatu flat balet favoritnya, tetapi ketika berperan sebagai Holly Golightly, ia mengganti flatsnya dengan sepatu kitten heels.

11.  Belle de Jour (1966)

Sepatu buckle kulit karya Roger Vivier yang dikenakan Catherine Deneuve sangat ikonis, alas kaki tersebut sempat kembali diproduksi pada 2017 untuk merayakan tanggal perilisan film tersebut yang ke-50 tahun.

12.  Barbarella (1968)

Jane Fonda membawa unsur futuristis ke tingkat yang berbeda sebagai Barbarella yang menolong galaksi dengan sepatu bot setinggi lutut berwarna perak (dan tidak banyak pakaian lain).

13.  Funny Girl (1968)

Siapa yang menyangka ketidaktahuan bermain sepatu roda akan berhasil dengan sangat baik? Fanny Brice (Barbra Streisand) mungkin telah menanggalkan sepatu roda hijau zaitun miliknya, tetapi sepasang sepatu tersebut membekas dalam kenangan.

14.  Taxi Driver (1976)

Aktris 12 tahun, Jodie Foster mulai dikenal atas perannya sebagai Iris, prostitusi anak dalam film Taxi Driver dan sandal platform merah yang ia kenakan.

15.  Grease (1978)

Tidak ada adegan yang lebih baik dalam film Grease dibandingkan perubahan penampilan Sandy pada akhir film. Penampilannya yang serba hitam tidak akan lengkap tanpa sepasang mules merahnya.

16.  Star Wars: Episode VI-Return of the Jedi (1983)

Penggemar Star Wars akan mengingat penampilan Putri Leia dalam balutan bikini emas. Melengkapi penampilannya, ia mengenakan sepatu bot moccasin abu-abu.

17.  Footloose (1984)

Sepatu bot koboi merah yang dikenakan Ariel dalam Footloose menghadirkan simbol remaja yang membangkang.

18.  The Breakfast Club (1987)

Setelah menyaksikan The Breakfast Club, kita semua mengikuti arahan Claire Standish dan membeli sepasang sepatu bot kulit cokelat bertali.

19.  Dirty Dancing (1987)

Sepatu sneakers yang dikenakan Baby ketika berlatih dalam film Dirty Dancing adalah sepatu wajib semua orang pada musim panas berikutnya.

20.  Father of the Bride (1991)

Ingat ketika George melihat putrinya dalam balutan gaun pernikahan untuk pertama kalinya dan ketika ia mengangkat roknya, menunjukkan sepasang sneakers Sidekicknya? Ikonis.

21.  Pretty Woman (1990)

Sulit untuk tidak jatuh cinta kepada Julia Roberts dan sepatu bot kulit di atas lutut dalam film romantis komedi era '90-an ini.

22.  Batman Returns (1992)

Meski ada yang berpikir alas kaki yang dikenakan Michelle Pfeiffer ketika menjadi Catwoman tidak akan berbeda dengan catsuit lateksnya, tetapi sepatu bot stiletto setinggi lututnya memberikan sentuhan lebih pada penampilannya.

23.  Forrest Gump (1994)

“Lari, Forrest, Lari!” Namun dengan apa Forrest Gump berlari? Sepasang Nike Cortez 1972 yang kemudian dirilis kembali pada 2017.

24.  Jurassic Park (1993)

Sosok ranger cantik adalah penampilan yang sulit untuk ditunjukkan, tetapi Laura Dern membuat tampak mudah dalam film Jurassic Park pada 1993, dengan sepatu bot mendakinya dilengkapi dengan tali.

25.  Clueless (1995)

Sepatu Mary Janes (plus kaus kaki selutut) yang dikenakan Cher Horowitz dari Clueless berhasil melengkapi tren fashion era '90-an.

26.  Empire Records (1995)

Sepatu kombat terdengar tidak menarik hingga Liv Tyler mengenakannya dalam Empire Records. Sepatu bot kombat grungy melengkapi penampilan Liv dalam balutan rok mini dan sweter cropped.

27.  Legally Blonde (2001)

Elle Woods memiliki serangkaian sepatu merah muda untuk melengkapi penampilannya yang serba pink. Namun pada akhirnya, sepatu loafers rancangan Prada miliknyalah yang berhasil menolongnya dan membuat memenangkan kasus di pengadilan.

28.  Bring It On (2000)

Tidak kelompok pemandu sorak yang lengkap tanpa sepatu sneakers putih dan kaus kaki putih tebalnya. Tim Rancho Carne Toros juga bukan pengecualian dalam Bring It On.

29.  Monsters Inc (2001)

Selain hubungan Boo dan monster, Sully yang menghangatkan hati, kaus kakinya adalah hal yang paling lucu dalam film.

30.  The Wedding Planner (2001)

Mary Fiore dalam The Wedding Planner hampir saja bertemu dengan takdirnya ketika sepatu Gucci barunya tertancap di sebuah lubang. Mereka pun kemudian mengubah plot keseluruhan film.

31.  The Royal Tenenbaums (2001)

Penampilan Margot Tenenbaums telah menjadi inspirasi gaya busana sepanjang masa. Busana wajib dalam penampilannya? Loafers kulit cokelat miliknya.

32.  The Princess Diaries (2001)

Mia banyak mengubah dirinya untuk menempati takhta kerajaan, tetapi satu hal yang tidak bisa ia ganti adalah seragam sekolahnya, termasuk sepatu Dr.Martens tercinta.

33.  Kill Bill (2003)

Sepatu ASICS kuning yang dikenakan Uma Thurman dalam film Kill Bill Volume 1 berhasil menunjukkan kekuatan perempuan yang sesungguhnya.

34.  The Notebook (2004)

Sepatu wedges kulit berwarna merah gelap milik Allie akan selalu dikenakan sebagai alas kaki pilihannya untuk menari bersama Noah di jalanan, dan sangat jarang dibahas menurut kami.

35.  13 Going on 30 (2004)

Ketika Jenna Rink memasuki usia 30 tahun dalam satu malam, ia sangat senang dengan koleksi sepatu hak tinggi terbarunya. Ia mengenakan setiap pasang dalam setiap adegan, termasuk ketika mengenakan baju tidurnya.

36.  The Devil Wears Prada (2006)

“Apakah Anda mengenakan Cha”

“Sepatu bot Chanel? Iya, saya mengenakannya.”

Sebab setiap transformasi fashion terbaik dimulai dari sepatu bot setinggi paha rancangan Chanel.

37.  Marie Antoinette (2006)

Untuk menunjukkan kehidupan Marie Antoinette yang sangat mewah, sutradara Sofia Coppola membuat sebuah rangkaian adegan yang diisi dengan sampanye, kue-kue khas Prancis, dan tentunya banyak sekali sepatu.

38.  Once Upon a Time in Hollywood (2019)

Ketika aktris, Margot Robbie membagikan sekilas penampilannya berperan sebagai Sharon Tate melalui Instagram, kami langsung bernostalgia ke era 60an berkat sepatu bot putihnya yang menakjubkan.

39.  Hustlers (2019)

Jennifer Lopex memiliki terlalu banyak pakaian di Hustlers, tetapi sepatu wedged sneakers putih rancangan Giuseppe Zanotti berhasil memberikan penampilan luar biasa.

40.  Sex and the City (2008)

Dikenal dengan kecintaannya terhadap sepatu, Carrie Bradshaw membeli sesuatu yang biru dalam sepasang sepatu Manolo Blahniks untuk pernikahannya dengan Big.

(Penulis: Lauren Alexis Fisher; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US)