Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

6 Mitos Tentang Penyakit Pilek dan Flu yang Dibantah oleh Dokter

Mempercayai mitos tua dapat merusak kesehatan Anda.

6 Mitos Tentang Penyakit Pilek dan Flu yang Dibantah oleh Dokter

Sebagian besar dari kita tentu pernah tertular pilek atau flu sebelumnya dan tahu bagaimana cara memulihkannya, namun tampaknya masih ada sejumlah mitos yang beredar - dari bagaimana Anda dapat tertular di tempat pertama hingga bagaimana Anda harus mengobati flu biasa agar pulih lebih cepat. Lalu benarkah mitos bahwa Anda tidak boleh mencuci rambut saat merasa tidak enak badan? Dengan musim dingin dan flu yang hampir tiba, sekaranglah waktunya untuk meluruskan segala mitos tersebut.

Di bawah ini, Dr Roger Henderson meluruskan enam mitos pilek dan flu sehingga Anda dapat fokus pada proses pemulihan.

Mitos: Anda akan masuk angin saat seseorang bersin ke arah Anda

Fakta: Anda lebih mungkin terinfeksi flu dengan menyentuh pegangan pintu, serbet, atau pegangan di bus yang telah terkontaminasi oleh virus. Berjabat tangan juga dapat menularkan kuman. Setelah tangan Anda terkontaminasi dan Anda menggosok mata atau hidung, virus dapat menyerang tubuh Anda. Namun berbeda dengan flu, orang bisa lebih mudah menghirup tetesan yang mengandung virus influenza yang telah bersin atau batuk dan virusnya melayang di udara.

Mitos: Feed a cold, starve a fever (Manjakan penyakit/flu, membiarkan demam)

Fakta: Jangan pernah membuat dirimu kelaparan! Konsumsi minuman panas dan sup bergizi (bukan makanan padat) adalah yang Anda butuhkan. Cairan panas dapat meningkatkan suhu di area hidung dan mulut sehingga dapat membantu membunuh virus lebih cepat. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik adalah hal paling penting dan manjur untuk semua jenis infeksi.

REKOMENDASI OBAT UNTUK DEMAM DAN FLU:

Inhalant decongestant

Respiratory nasal spray

First Defence nasal spray

Decongestant nasal spray
 

Mitos: Keluar rumah dengan rambut basah, tidak akan menyebabkan masuk angin

Fakta: Mitos lama ini baru-baru ini dibantah, tetapi sekarang ada anggapan bahwa Anda sebenarnya bisa masuk angin karena suhu tubuh yang dingin. Saat kita menggigil, seluruh tubuh kita menjadi sangat stres, yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, pesan petuah Anda mungkin ada benarnya saat menyuruh Anda menggunakan pakaian hangat.

Mitos: Anda bisa terkena flu dua kali

Fakta: Ada sekitar 200 jenis virus flu dan rata-rata orang dapat terjangkit beberapa virus setiap musim dingin. Namun, begitu pilek berakhir, tubuh Anda telah membangun kekebalan tubuh yang akan melindungi Anda dari tertular virus yang sama persis lagi.

Tetapi perlu dicatat bahwa tubuh Anda tidak kebal dari tertular virus baru hanya karena Anda baru saja sembuh dari virus lain. Kurangi kemungkinan Anda terjangkit flu dengan menjaga sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima dengan mengatur pola hidup sehat, menerapkan olahraga teratur, dan banyak tidur - dan jangan lupa untuk mencuci tangan secara teratur.

Mitos: Istirahat akan membantu mengusir pilek dengan cepat

Fakta: Olahraga ringan dan udara segar lebih mungkin mempercepat pemulihan tubuh Anda dari flu. Tetapi jika Anda terserang flu, pergilah tidur. Istirahat sangat penting untuk membantu Anda menjadi lebih baik.

Mitos: Antibiotik adalah satu-satunya cara untuk menyembuhkan pilek dan flu

Fakta: Antibiotik hanya cocok untuk pengobatan infeksi bakteri dan tidak bekerja pada virus seperti yang menyebabkan penyakit pilek dan flu. Anda hanya akan diberi resep antibiotik jika flu berubah menjadi infeksi sekunder seperti bronkitis.

(Penulis:Roger Henderson dan di review oleh Dr Louise Wiseman MBBS, BSC (HONS); Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)