Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Fakta yang Perlu Anda Ketahui Tentang Oat Milk

Ini adalah salah satu susu alternatif paling populer - tetapi apakah susu oat atau oat milk lebih sehat daripada susu biasa atau susu kedelai?  

Fakta yang Perlu Anda Ketahui Tentang Oat Milk

Dalam beberapa tahun terakhir ini, susu nabati memang telah lahir banyak inovasi, tetapi dapat diakui bahwa oat milk hampir dapat dipastikan merupakan invoasi terbaik. Dengan rasanya yang lembut dan konsistensinya seperti produk susu biasa, ini merupakan kombinasi unggulan bagi siapa pun yang ingin menukar susu sapinya dengan alternatif yang lebih ramah lingkungan. Ditambah, oat milk juga cocok untuk dipasangkan untuk minuman panas seperti susu nabati lainnya.

Walaupun begitu, sampai saat ini masih ada beberapa pertanyaan yang masih muncul mengenai oat milk seperti seberapa sehatkah oat milk? Apa manfaatnya? Apakah itu benar-benar baik untuk keberlanjutan lingkungan, atau apakah itu hanya sebuah trik pemasaran yang cerdik?

Dan yang terpenting - bagaimana cara mengombinasikannya dengan bahan lain? Dengan masukan dari ahli gizi Jenna Hope, kami mengupas kembali kredensial nutrisi oat milk untuk mengetahui apakah minuman nabati ini layak untuk berada di lemari es Anda:

Bagaimana oat milk dibuat?

Oat milk adalah susu nabati yang berasal dari biji-bijian oat utuh. Pertama, biji-bijian digiling untuk menghancurkan lambung luarnya. Kemudian biji-bijian tersebut diaduk di dalam air hangat hingga teksturnya berubah seperti bubur, dan ditumbuk hingga membentuk campuran yang kental. Enzim kemudian juga turut ditambahkan dalam ramuan tersebut dan dipanaskan untuk membentuk basis oat milk.

Dari sana, racikan tersebut akan terpisah menjadi bentuk padat dan cair. Kemudian, vitamin dan mineral penguat seperti kalsium, vitamin B dan vitamin D ditambahkan ke dalam cairan. Kemudian, cairan tersebut biasanya juga dipasteurisasi - atau menjalani beberapa jenis pengolahan bersuhu panas lainnya - untuk memperpanjang umur simpan sebelum dikemas. Dan, voila! oat milk pun siap untuk dikonsumsi.

Nutrisi susu gandum

Jadi, apa kandungan dari segelas oat milk? Total kandungan makro dan mikronutrien bervariasi dari satu merek ke merek lainnya, tergantung pada cara mereka mengolah gandum dan apa yang mereka pilih untuk memperkuat susu yang dihasilkan. Informasi nutrisi berikut mengacu pada 100ml Minuman Oatly Whole Oat, dengan nilai persentase untuk Recommended Daily Amount (RDA) Anda:

57 kalori
2,8 g lemak (0,3 lemak jenuh)
6.6 g karbohidrat (4.1g gula)
0,8 g serat
1 g protein
0,10 g garam
50 μg vitamin D (30% dari RDA Anda)
0,21 mg vitamin B2 (15% dari RDA Anda)
0,38 μg vitamin B12 (15% dari AKG Anda)
151 mg kalium (7,5% dari RDA Anda)
120 mg kalsium (15% dari AKG Anda)


Dibandingkan dengan susu murni, susu oat mengandung kurang lebih jumlah total kalori yang sama, dengan sekitar sepertiga protein, kemudian lebih sedikit lemak total, lemak jenuh yang jauh lebih sedikit, dan lebih banyak karbohidrat (walaupun lebih sedikit gula sederhana daripada susu sapi), dengan manfaat tambahan serat larut yang diklaim dapat menyehatkan usus.

Seberapa sehat oat milk?

Susu gandum tidak mengandung nutrisi yang sama seperti yang Anda dapatkan dari mengonsumsi semangkuk gandum, karena berbeda dari cara pengolahannya. Namun, itu memang memiliki banyak atribut yang menyehatkan. 'Susu gandum diperkaya dengan mikronutrien dan tidak mengandung gula tambahan sehingga dapat menjadi alternatif yang bagus jika Anda ingin mengonsumsi susu,' kata Jenna.

Biasanya susu oat diperkaya dengan kalsium dan vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang. Kalsium adalah fondasi tulang Anda - ini adalah mineral yang digunakan untuk membentuknya - tetapi tubuh Anda tidak dapat menyerapnya dengan baik jika tanpa dibarengi dengan vitamin D, jadi nutrisi ini benar-benar berjalan beriringan.

"Susu gandum diperkaya dengan mikronutrien dan tidak mengandung gula tambahan sehingga dapat menjadi alternatif yang bagus jika Anda ingin mengonsumsi susu."


Susu oat seringkali juga mengandung vitamin B, seperti riboflavin (vitamin B2) dan vitamin B12. Vitamin ini dapat larut dalam air, yang berarti tubuh Anda tidak menyimpannya - Anda harus mendapatkannya melalui pola makan Anda. Mereka memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan Anda. Vitamin B2 membantu mengubah makanan menjadi energi dan juga bertindak sebagai antioksidan, sedangkan B12 penting untuk fungsi neurologis dan juga membantu pembuatan sel darah merah dan DNA.

Selain itu, susu oat mengandung beta-glukan, yang merupakan sejenis serat makanan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Mereka membentuk zat seperti gel di dalam usus Anda dan mengikat kolesterol dan mengurangi penyerapannya. 'Beta-glukan telah dikaitkan dengan penurunan kolesterol,' jelas Jenna. 'Setiap tiga gram beta-glukan yang dikonsumsi setiap hari dapat memengaruhi penurunan kolesterol yang signifikan.' Dalam sebuah penelitian oleh University of Lund, pria yang minum 750ml susu oat setiap hari terbukti mengalami penurunan total kolesterol darah mereka hingga tiga persen, dan melihat kadar Kolesterol LDL mereka turun hingga lima persen. Beta-glukan juga prebiotik, yang berarti mereka merangsang pertumbuhan bakteri 'baik' di usus Anda.

Oat milk sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki pantangan makanan. Karena dibuat dari sedikit bahan lain selain gandum dan air. Selain itu susu oat juga vegan, bebas laktosa, bebas kedelai, bebas kacang, dan hampir semua 'bebas' lainnya yang dapat Anda pikirkan. Secara teknis ini bebas gluten, meskipun hati-hati jika Anda menderita penyakit celiac, karena beberapa oat diproses di pabrik yang sama dengan biji-bijian yang mengandung gluten. Beberapa merek susu oat komersial dibuat dengan gandum bersertifikat bebas gluten, tetapi Anda harus selalu memeriksa label jika Anda sensitif terhadap gluten.

Apakah oat milk lebih baik untuk lingkungan?

Pada dasarnya, susu sapi akan selalu lebih ramah lingkungan daripada susu imitasi. Bagaimanapun, sapi membutuhkan sebagian besar lahan dan makanan (yang berarti membutuhkan pupuk dan pestisida) yang semuanya berkontribusi pada pemanasan global. Kotoran mereka akan mengeluarkan nitrous oxide, polutan iklim yang 310 kali lebih kuat daripada karbon dioksida.

Sehingga dapat disimpulkan, oat sejauh ini merupakan pilihan yang paling ramah lingkungan. Susu oat membutuhkan lahan 80 persen lebih sedikit daripada susu sapi perah, dan 15 kali lebih sedikit air. Untuk setiap liter susu yang diproduksi secara global, 3 kg gas rumah kaca dihasilkan (yang kebanyakan metana, 84 kali lebih kuat daripada karbon dioksida) dikirim ke angkasa. Sebagai perbandingan, produksi susu oat hampir tidak tercatat, menyumbang lebih sedikit karbon dioksida (sekitar 0,4kg per liter).

Sisi buruk dari mengonsumsi oat milk

Susu oat memang menyehatkan, tetapi ada beberapa sisi buruk yang mungkin akan muncul dan harus diperhatikan. Pertama, kebanyakan susu oat tidak bersertifikat bebas gluten, jadi jika Anda kesulitan mencerna gluten, sebaiknya periksa labelnya secara saksama terlebih dahulu sebelum membeli.

Marketing yang cerdas dapat membuat karton susu oat tampak lebih bergizi daripada yang sebenarnya, jadi hati-hati dengan frasa yang tidak berbahaya seperti 'asli' atau 'polos', karena mungkin mengandung tambahan gula. Demikian pula, edisi 'barista' mengandung minyak yang membuat teksturnya lembut.

"Karena susu oat cenderung bertekstur agak creamy, sehingga dapat dikombinasikan dengan air untuk mengurangi asupan gula total."


'Selain itu, susu oat juga lebih tinggi gula alami daripada susu lain seperti susu almond, kelapa dan kedelai,' papar Jenna. 'Sehinnga, kontrol porsi adalah kuncinya. Karena susu oat cenderung agak creamy, sehingga dapat dikombinasikan dengan air untuk mengurangi asupan gula total. Susu gandum juga lebih tinggi kalori, dan oleh karena itu, bagi individu yang ingin mengurangi asupan energi total, mereka dapat memperoleh manfaat dari beralih ke jenis susu nabati lain. "

Meskipun oat milk umumnya aman untuk diminum bayi dan anak-anak, susu gandum tidak mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk perkembangan mereka, sehingga tidak cocok untuk pengganti ASI atau susu sapi. Pastikan Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak sebelum memperkenalkan susu nabati apa pun kepada anak Anda.

Kemudian dari sisi biaya, harganya juga lebih mahal daripada susu sapi, sehingga tidak ideal jika Anda memiliki anggaran terbatas. Namun jangan berkecilhati dahulu, karean Anda dapat membuat susu oat sendiri di rumah, ada banyak resep online dan yang benar-benar Anda butuhkan hanyalah blender dan saringan jaring halus. Tetapi perlu dicatat, susu oat tidak akan mengandung vitamin dan mineral yang diperkaya seperti yang terkandung dalam susu oat produksi perusahaan profesional.

Cara memilih susu gandum tersehat

Dengan sedikit pengetahuan, Anda bisa menikmati oat milk sebagai bagian dari diet yang sehat dan seimbang. Saat Anda berbelanja di lorong susu, selalu pilih susu tanpa pemanis. "Jika memungkinkan, pilih susu oat yang tidak mengandung gula tambahan," pesan Jenna.

'Saya juga merekomendasikan memilih merek yang diperkaya dengan kalsium, Vitamin B12 dan vitamin D minimal. Beberapa merek sekarang juga memperkuat susu oat mereka dengan kandungan yodium, yang merupakan kunci untuk mendukung fungsi tiroid yang sehat. 'Jika Anda bisa, pilih oat organik, karena oat biasa sering disemprot dengan glifosat, yang merupakan pembunuh gulma kimiawi yang dikategorikan sebagai 'senyawan yang berdampak buruk bagi tubuh manusia' oleh The International Agency for Research on Cancer.

(Penulis: Annie Hayes; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)