Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Menikmati Eksplorasi Kuliner India

Meramu budaya kuliner India ke dalam teknik Haute French Cuisine

Menikmati Eksplorasi Kuliner India
Chef Manjunath Mural

Membawa keahliannya menyiapkan hidangan India dengan sentuhan teknik kuliner tingkat tinggi ala Perancis, chef Manjunath Mural, hadir di Skye dalam sebuah event makan malam istimewa bertajuk Journey Through India, pada Kamis (17/11) malam lalu.

Chef Manjunath Mural merupakan Executive Chef dari restoran Song of India di Singapura yang berhasil mendapatkan satu bintang Michelin di tahun ini. Menjadikan dirinya sebagai chef pertama di Asia Tenggara yang mendapatkan bintang Michelin berkat hidangan India.

Malam itu chef Manjunath menghadirkan lima course hidangan India yang mengeksplorasi cita rasa dari seluruh India. Tampilan hidangan yang elegan dan cantik ala kuliner Perancis, membalut rasa yang kuat dan kompleks khas hidangan India. Kuatnya rasa rempah meninggalkan impresi yang kuat di lidah, lalu dipadukan dengan sampanye dari G.H Mumm.

Amuse Bouche

 Chicken Almond Soup with Herbed & Chilli Sesame Stick

 

Perjalanan kuliner dimulai dari Amuse Bouche berupa Steamed Lentil Gujrati Dokhla, lalu dilanjut dengan Chicken Almond Soup with Herbed & Chilli Sesame Stick. Hidangan pembuka yang disiapkan adalah Pomegranate Tandoori Marinated Prawn, Mustard Enhanced Smoked Salmon, dan Holy Basil Pinenut Chicken Kebab.

Pomegranate Tandoori Marinated Prawn, Mustard Enhanced Smoked Salmon, dan Holy Basil Pinenut Chicken Kebab

 

Dessert: Forest Berry Kulfi dan Crusted Saffron Chrironji Panna Cotta

Hidangan main course terdiri dari pilihan Semolina Crusted Barramundi yang agak pedas atau Slowed Cooked Lamb yang begitu lembut dan kuat rasa rempahnya. Keduanya disajikan bersama Bombay Baby Potatoes, Black Lentils, Saffron Pulao, dan Yoghurt Relish.

Perkawinan antara sampanye dan Indian fine dining ini bisa dibilang merupakan suatu yang berbeda, namun justru menjadi salah satu daya tarik dari event makan malam tersebut. Ditambah atraksi sabrage, yakni membuka botol sampanye dengan menggunakan pedang, juga menjadi salah satu atraksi dalam makan malam.

 

(Foto: Courtesy of Instagram @manjunath_mural; Courtesy of www.chefmural.com. Layout: Ika Wahyuni)