Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Alami Mencerahkan Kulit Wajah

Saatnya Anda mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah dan bercahaya dengan cara yang alami.

Cara Alami Mencerahkan Kulit Wajah

Di artikel ini Anda akan menemukan penyebab kulit kusam, makanan apa yang harus dikonsumsi, cara-cara mencerahkan kulit wajah, dan sejumlah resep masker untuk membantu proses pencerahan kulit wajah Anda secara alami.

Sebelum menemukan cara terbaik untuk mencerahkan kulit wajah Anda, mari kita ketahui terlebih dahulu apa definisi kulit kusam. Menurut situs Truth in Aging, kulit kusam atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai dull skin, adalah keadaan kulit yang kurang bercahaya dan berkilau, seperti yang terlihat pada kulit muda dan sehat.

Kulit kusam juga seringkali dihubungkan dengan masalah tekstur atau warna kulit yang tidak merata. Penyebab kulit kusam pun bermacam-macam dan dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.


Penyebab Kulit Kusam

Faktor Internal

Faktor internal mencakup:

  1. Pertambahan Usia
  2. Keturunan (DNA bawaan)
  3. Stress

Faktor internal ini menyumbang 10% dari proses penuaan yang dapat membuat kulit Anda tampak kusam dan tidak cerah. Sayangnya, tidak ada cara untuk menghindari faktor internal ini.

Faktor Eksternal

Sementara untuk faktor eksternal, majalah Good Housekeeping Amerika mencatat ada sembilan penyebab kulit kusam yang paling umum dalam artikel berikut: 9 Big Reasons Your Skin Looks So Dull:

1. Kulit Anda kurang melalui proses pengelupasan

Kulit kering Anda perlu dibiarkan terkelupas agar lapisan kulit yang segar di bawahnya dapat terlihat. Proses ini dikenal dengan nama exfoliation.

2. Anda harus lebih melembapkan kulit

Setelah exfoliation, kulit Anda memerlukan pelembab yang berbahan ceramide, molekul di permukaan kulit yang memperbaiki ketahanan kulit dan kemampuannya untuk menyimpan air, serta hyaluronic acid, molekul di kulit yang berfungsi untuk mengenyalkan dan menjaga kelembapan sel kulit.

3. Anda tidak minum cukup air putih

Dua pertiga bagian dari sel-sel kulit adalah air dan oleh karena itu, sel kulit dapat bekerja dengan baik saat kebutuhan airnya tercukupi. Minumlah air yang cukup jika tidak menginginkan kerutan.

4. Tingkat stres Anda mulai terlihat

Tingkat stres memiliki peran besar terhadap tingkat kecerahan kulit Anda. Artinya: deadline apapun, pertengkaran, atau frustasi yang Anda pendam bisa jadi penyebab kulit Anda tidak berkilau.

5. Anda kekurangan waktu tidur

Berdasarkan riset oleh UH Case Medical Center, kurang tidur dapat membuat kulit Anda lebih cepat menua, mengeluarkan kerutan, dan sulit kembali cerah akibat terkena pancaran sinar matahari.
Baca juga tips 10 Cara Mendapatkan Tidur Malam Berkualitas.

6. Lingkungan Anda kurang bersih

Jika Anda tinggal di area berpolusi tinggi, salah satu cara untuk 'melawan' penyebab ini adalah dengan berolahraga.

7. Anda adalah seorang perokok

Merokok membawa efek berbahaya terhadap banyak organ tubuh, termasuk kulit Anda. Time merangkum sejumlah cara berhenti merokok dan menurut sebuah studi oleh University of California San Francisco, e-cigarette bukanlah salah satu caranya.

8. Kosmetik yang Anda gunakan mulai mengering

Hindari kosmetik yang over-mattifying (membuat efek matte yang berlebihan), serta penghapus makeup yang mengandung alkohol. Gunakan krim dingin yang lembut dan sebuah makeup remover pad, yang akan membersihkan makeup sekaligus melembapkan wajah pada saat yang bersamaan.

9. Anda tidak mengonsumsi makanan sehat dan seimbang

Apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh akan tercermin lewat kompleksi wajah Anda. Hindari makanan yang terlalu asin dan processed food.


Cara Alami Mencerahakan Kulit Wajah dengan Makanan

Lalu, makanan seperti apa yang patut dikonsumsi untuk meraih kulit wajah yang lebih cerah? Berikut hasil rangkuman Bazaar:


1. Air jeruk nipis atau lemon

Air dengan perasan jeruk nipis atau lemon dapat menghasilkan kulit yang sehat dan berkilau. Selain itu, campuran ini juga meredam proses penuaan, komedo, serta kerutan.

2. Teh

Menurut sebuah studi oleh National Institutes of Health, meminum teh, khususnya teh hijau, dapat menurunkan kadar peroksida (penyebab kulit kasar dan kulit terbakar), karena kandungan polyphenol yang merupakan antioksidan yang efektif.

3. Dark Chocolate

Kandungan polyphenol dan flavonoid yang terkandung dalam cokelat merupakan antioksidan yang akan membantu proses pencerahan kulit, resistensi kulit terhadap UV dan memperbaiki tekstur kulit.

4. Vitamin C

Konsumsilah buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin C seperti buah kiwi, strawberry, ceri, tomat, atau segala jenis jeruk.

5. Buah-buahan dan sayuran berwarna merah dan kuning

Makanan ini kaya akan kandungan phytochemicals dan karoten, yang membantu antioksidan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan kulit.

6. Kacang kedelai

Kacang kedelai merupakan makanan alami terbaik untuk anti-ageing karena isoflavon yang dikandungnya berperan sebagai phytoestrogen yang memerangi proses penuaan. Konsumsilah produk yang mengandung kedelai seperti tahu atau susu kedelai.

7. Tomat

Lindungi kulit Anda dari matahari dengan mengonsumsi tomat. Tomat juga dapat mengurangi jerawat, mengurangi kadar minyak kulit, dan membantu menyembuhkan kulit yang terbakar matahari.

8. Benih adas

Adas memiliki dua properti yang luar biasa: antioksidan dan detoxifiers (agen yang membantu proses detoks). Biji adas mencerahkan kulit wajah, membantu sirkulasi darah, serta membuat kulit tetap lembap.

9. Akar bit

Akar bit membantu tubuh untuk mengeluarkan racun. Selain itu, akar bit memiliki potasium, zat besi, magnesium, fosfor, serat, serta vitamin A, B, dan C, yang mencerahkan kompleksi wajah.

10. Susu

Bukan hanya merupakan sumber kalsium, susu juga merupakan bahan alami untuk pencerahan kulit. Susu akan melembapkan kulit dan asam laktat akan membantu pengelupasan kulit mati.


Selain mengonsumsi makanan dan vitamin di atas, sejumlah cara juga dapat Anda tempuh untuk membantu proses pencerahan kulit.


Resep Masker untuk Mencerahkan Kulit Secara Alami

Sejumlah resep masker ini dapat membantu proses pencerahan kulit wajah secara alami dari luar.


1. Masker kentang

Letakkan potongan-potongan kentang di atas wajah Anda lalu pijat secara perlahan. Hal ini akan memudarkan bekas-bekas merah di wajah dan mencerahkan kulit wajah.

2. Masker oatmeal dan tomat

Oatmeal adalah bahan untuk exfoliation yang luar biasa, sementara tomat dikenal akan efek pelembapnya. Untuk mencerahkan kulit wajah Anda, campurkan oatmeal dan tomat dan aplikasikan di seluruh wajah anda. Tinggalkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

3. Masker almond dan madu

Campuran keduanya membuat Anda dapat menghilangkan tan (kulit gelap akibat terpapar sinar matahari) dan menambah kelembapan pada kulit. Campurkan satu sendok madu, sedikit susu, satu sendok perasan lemon, dan satu sendok minyak almond. Diamkan di atas wajah Anda selama 15 menit, lalu cuci wajah Anda.

4. Masker pepaya

Kaya antioksidan dan memiliki enzim spesial bernama papain, yang dapat membunuh sel-sel kulit mati dan menyingkirkan seluruh hal yang tidak penting untuk kulit. Segelas susu pepaya atau taruh potongan buah pepaya di kulit wajah Anda dan biarkan pepaya melakukan keajaibannya.

5. Masker jeruk

Sama seperti apel, buah jeruk juga mengandung kolagen yang meredam proses penuaan. Oleskan bagian dalam buah jeruk untuk mengencangkan kulit. Potong-potong kulit buah jeruk, keringkan dan hancurkan, campurkan sedikit air, lalu digunakan sebagai scrub alami. Lakukan setiap dua kali dalam seminggu.

6. Masker pisang

Pisang yang kaya vitamin A, B, dan E adalah salah satu makanan dengan fungsi anti-ageing. Hancurkan sebuah pisang di mangkuk, lalu oleskan di wajah Anda. Diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

7. Masker teh, tepung beras, dan madu

Buatlah satu cangkir teh yang tidak terlalu kental, biarkan mendingin. Lalu tambahkan dua sendok makan tepung beras dan ½ sendok makan madu. Aduk seluruh bahan hingga tercampur dengan baik. Oleskan ke muka sambil dipijat dengan gerakan memutar dan lembut selama 20 menit. Bersihkan wajah dengan air.



8. Masker bengkoang

Khasiat bengkoang sebagai bahan pencerah wajah tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Siapkan bengkoang yang sudah dikupas kulitnya dan dicuci, lalu parut dan peras airnya. Tempatkan air perasan di dalam wadah dan diamkan selama 30 menit hingga terbentuk endapan.

Buang bagian air yang bening dan sisakan endapan. Oleskan endapan ini pada wajah dan leher hingga merata, diamkan sampai mengering. Setelah mengering, bersihkan wajah dengan air dingin.


9. Masker lidah buaya

Lidah buaya mengandung aloesin. Aloesin memiliki kemampuan untuk menghambat pembentukan melamin sehingga kulit terlihat lebih cerah. Kupas kulit lidah buaya dan ambil bagian gel-nya. Oleskan gel ini di wajah Anda, lalu diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.


10. Masker Yogurt

Yogurt memiliki kandungan asam laktat tinggi yang telah terbukti sukses dalam memperkecil pori-pori, mengelupas kulit mati, dan membantu produksi kolagen. Teksturnya yang tebal dan creamy pun sesuai dijadikan masker.

Campurkan dua sendok makan yogurt, satu sendok makan madu, dan satu sampai dua sendok makan oatmeal yang sudah dimasak dan didinginkan.
Usap di seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Bersihkan wajah menggunakan handuk yang dibasahi dengan air hangat.

 

Jadi, resep masker mana yang akan Anda coba terlebih dahulu? Selamat mencoba dan mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah!



Baca juga:

Cara Praktis dan Alami Menghilangkan Kantung Mata

6 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Resep Masker Homemade Berbahan Alami

Cara Alami Lenyapkan Stretchmarks

7 Cara Alami Menyamarkan Bekas Luka


(Foto: Richard Gartodus. Lucky Business, rebirth3d, Binh Thanh Bui, BW Folsom, Fishman64, topseller, jreika, Anna Kucherova, jeehyun, Bufo, topnatthapon, Nattika, Arti_Zav, Nataliterr, goldnetz/Shutterstock.com)