Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Model Rambut Pria dengan Teknik Fade Haircut

Dimulai dari ranah militer era '50-an, teknik potongan rambut fade mulai merambah gaya rambut pria Indonesia.

Model Rambut Pria dengan Teknik Fade Haircut

Teknik potongan rambut fade yang dalam bahasa Indonesia berarti 'memudar', adalah jenis potongan yang memberikan efek gradasi pada kelebatan rambut dan kulit kepala. Potongan terpendek dimulai dari leher hingga secara perlahan menebal di bagian atas kepala.

 

Intensitas ketebalan dan porsi gradasinya bergantung pada gaya rambut yang diinginkan. Biasanya, barber akan memaksimalkan penggunaan alat cukur (hair clipper) beserta gunting rambut untuk mencapai hasil terbaik fade.


Baca juga: Langkah Mudah Perawatan Wajah Pria

 

Berbicara mengenai teknik potongan rambut ini, Harper's Bazaar berusaha memahami seluk-beluk teknik fade lewat diskusi singkat bersama Henoch Sitompul dari Pancos The Barber. Henoch yang sejak belia menggemari rambut rapi layaknya karakter Superboy di televisi rupanya telah mendalami teknik potongan ini selama beberapa tahun belakangan dan konsisten menggali sejumlah sumber informasi untuk menguasai keterampilan tersebut.

 

Bertahun-tahun pula, berbagai macam jasa potong rambut telah ia tandangi mulai dari salon, barber, hingga jasa potong pinggir jalan untuk bisa menemukan jenis potongan yang menurutnya 'sempurna'. Meski demikian, kepuasan nyatanya sulit untuk didapatkan.


Sehingga pada 2013 ia memutuskan untuk memulai bisnis barber. Selama perjalanannya, masa pencerahan akhirnya ia peroleh ketika berangkat ke negeri Paman Sam dan menyaksikan langsung cara seorang master barber bekerja.


Baca juga: 13 Ide Model Rambut Pria dari Selebriti


Kembali ke aplikasinya untuk gaya rambut pria yang timeless, berikut beberapa alternatif potongan rambut yang dapat diperoleh lewat metode fade haircut.



1. Military Cut / Caesar's Cut


Jika Anda mulai merasa bosan dengan potongan rambut botak namun menginginkan kadar kepraktisan yang sama, lakukan sedikit perubahan dengan gaya Caesar's Cut. Jenis potongan ini memiliki volume yang lebih tebal di bagian atas, kemudian menipis secara bertahap ke bagian dasarnya.

 

 


2. Classic Undercut


Potongan rambut tipe ini masuk ke dalam golongan yang versatile, sehingga mudah untuk digunakan dalam perhelatan formal maupun informal. Jenis gaya ini juga berarti cocok untuk padu padan kasual hingga rapi.

 

 


3. Side Part


Kunci dari potongan rambut ini adalah cukuran tipis yang terjaga di kepala bagian samping. Rambut bagian atas dibiarkan lebih panjang, kemudian ditata dengan belahan yang menyamping.
 

 


4. Side Part with Beard


Tambahkan janggut ke dalam potongan undercut untuk mendapatkan kesan yang rough dan manly. Meski berkesan lebih maskulin, tetap terapkan prosedur trimming yang rapi dan terukur.



Baca juga: Wanita Single Lebih Bahagia Daripada Pria Single

 

5. Medium Length Low Fade


Kini dipermudah dengan maraknya kembali penggunaan pomade, gaya rambut medium length dapat diaplikasikan oleh pria untuk hasil klimis. Sesuai dengan namanya, konsentrasikan arah sisir dari bagian atas dan samping ke arah belakang. Atur hingga memperoleh hasil yang diinginkan.

 


Gaya rambut pria dengan teknik fade kreasi Henoch Sitompul dapat disaksikan lebih lanjut di laman @pancosthebarber

 



Baca Juga:


Rambut Aman Untuk Pekerja Kantor

 

11 Gaya Rambut Terkini
 

Solusi Rambut Berminyak

 

 

(Foto: Courtesy of Pancos The Barber, Jason Salmon/Clickphotos/Shutterstock)