Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

6 Destinasi Wisata Musim Dingin Anti-Mainstream untuk Liburan Akhir Tahun Anda

Habiskan tahun 2024 dengan mengunjungi destinasi liburan musim dingin indah yang tak biasa dan takkan terlupakan

6 Destinasi Wisata Musim Dingin Anti-Mainstream untuk Liburan Akhir Tahun Anda
Courtesy of Pexels/Adriana Greylinf

Berlibur pada musim dingin bisa jadi pengalaman yang luar biasa terutama jika Anda memilih destinasi yang unik dan tidak terlalu ramai dengan wisatawan. Jika Anda bosan dengan Swiss, London, Austria, New Zealand, atau bahkan Rusia, berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata musim dingin anti mainstream yang bisa Anda pertimbangkan untuk habiskan akhir tahun 2024. Happy winter holiday!


1. Kiruna (Swedia)

Ice Hotel Kiruna
Courtesy of Swedish Lapland

Berlokasi dekat dengan Lingkar Arktik, Kiruna adalah surga musim dingin untuk bermain ski, snowboarding, dogsledding, memancing di es, dan snowmobile jumping. Terletak di ujung utara Laplandia Swedia, kota ini pun terkenal dengan tambang bijih besi LKAB yang besar. Dikenal juga karena lanskap alam dan budayanya yang terjaga, pegunungan megah, gletser, beberapa sungai indah, dan lebih dari 6000 danau, Kiruna akan jadi tempat istimewa untuk Anda menghabiskan musim dingin terutama jika Anda mengunjungi sebuah tempat bernama Ice Hotel. Sebuah eksibisi seni dan penginapan yang dibuat dari bongkahan es segar dan salju yang diambil langsung dari sungai di ujung utara Lingkar Arktik, menjadikan hotel dengan 80 kamar ini hanya dibuka dan beroperasi saat musim dingin serta harus dibangun kembali tiap tahun akibat selalu leleh selepas musim semi.


2. Scottish Highland (Scotlandia)

Scottish
Courtesy of West Highland Line


Dataran tinggi yang masuk dalam sirka Kerajaan Inggris ini terletak tepat di sebelah utara kota Glasgow. Punya suasana moody yang romantis dan cantik jika dilihat dan dirasakan secara langsung, Anda harus memulainya dari Loch Lomond agar bisa menangkap seluruh panorama musim dingin yang sempurna. Dihias oleh jajaran pegunungan, daerah berpenduduk jarang ini paling mengagumkan saat dinikmati dengan menggunakan kereta api West Highland Line. Untuk Anda yang ingin punya pengalaman lebih, mendakilah di West Highland Way atau kunjungi Taman Nasional Trossachs. Anda pun akan pulang dengan cerita liburan musim dingin yang berbeda dari yang lain.


3. Riga (Latvia)

Riga
Courtesy of Lonely Planet


Ibu kota Latvia ini adalah kota terbesar di Baltik.  Merupakan campuran menarik antara tradisi Latvia dan pengaruh dari berbagai negara yang pernah mendudukinya, mereka akhirnya kembali mencapai kemerdekaannya sejak tahun 1991 di pusat kota Riga yang bergaya Art Nouveau. Kota ini pun kemudian mendapatkan status sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan amat terbuka untuk pariwisata dengan adanya penerbangan low budget. Oleh karena itu, Anda juga tentu bisa menikmati kota cantik nan rupawan ini. Selain pemandangan kotanya yang manis, Kota Tua Riga juga memiliki banyak bar serta restoran yang dapat disambangi hanya dengan berjalan kaki, naik bus, atau tram yang begitu efisien dan modern. Jika Anda datang pada musim dingin, salju tebal akan menutupi seluruh bagian kota sehingga Riga akan tampak seperti di negeri dongeng dengan tutupan putih yang membentang sembari diterangi dengan hiasan lampu-lampu kecil di gedung dan pepohonan.


4. South Tyrol (Italia)

South Tyroll
Courtesy of Suedtirolerland


Well, ini bukan Pantai Amalfi! Terletak tepat di perbatasan negara Austria dan Swiss, ada sebuah provinsi yang menyimpan keindahan luar biasa. Ya, Tyrol Selatan namanya. Berada di Italia Utara, provinsi yang berada di daerah pegunungan ini termasuk bagian dari jajaran pegununungan Dolomites. Untuk menikmati pemandangan terbaik, maka Anda harus menginap di Forestis, yaitu sebuah hotel bintang lima yang berada hampir 6.000 kaki di atas permukaan laut. Dari situ, Anda tak cuma bisa menikmati panorama alam yang spektakuler tapi juga memungkinkan Anda untuk mendapat kualitas oksigen yang maksimal. Tarik napas dalam-dalam dan bersiaplah untuk menghempas semua rasa lelah di dalam dada dan kepala dengan pemandangan yang majestic!

5. Lake Bled (Slovenia)

lake
Courtesy of Fine Stay Slovenia

Terletak di satu titik di Pegunungan Alpen Julian, Slovenia, Danau Bled merupakan sewujud danau alami yang teramat sangat cantik. Ia mengelilingi Pulau Bled secara anggun sehingga penduduk lokal dan para wisatawan dibuat terkagum-kagum akan kemolekannya. Belum lagi saat dihiasi oleh bentang tutupan salju yang memukau. Danau ini langsung punya 'kekuatan magis' yang dapat 'menyihir' siapa pun yang melihatnya agar segera jatuh cinta.

Dengan kegiatan main ski dan ragam atraksi yang bisa Anda lakukan seperti mengunjungi ngarai Vintgar, melihat air terjun, dan mengunjungi gua-gua bersejarah, Anda tentu akan dibuat senang dengan tampilan dari danau ini. Bentuk unik ini pun tentu tidak muncul secara kebetulan. Sebuah lubang tektonik yang dihasilkan oleh gletser Bohinj selama bertahun-tahun, dulunya memang berada di lokasi Danau Bled. Jalurnya terhalang oleh sebuah batu besar yang tergores begitu lama sehingga yang tersisa hanyalah pulau yang ada sekarang. Esnya mencair dan cekungan itu pun kemudian terisi air sehingga muncullah Danau Bled yang faktanya di beberapa tempat, ia memiliki kedalaman hingga 30 meter dan cukup populer di kalangan para diver. Tak lupa, danau ini juga dihuni oleh 19 spesies ikan, termasuk ikan mas, lele, dan trout danau. Bebek dan angsa serta beragam tumbuhan juga berenang dan berkembang di permukaannya. Betul-betul seperti di fairy tale!


6. Fairbanks (Alaska)

Fairbanks
Courtesy of Trip Jive


Terakhir, terletak sangat jauh di ujung utara, ada tempat bernama Fairbanks pemilik sinar matahari yang benderang pada tengah malam di musim panas dan juga punya Northern Lights selama musim aurora tiba (Augustus - April). Sebagai gerbang masuk untuk menjelajahi Alaska, Fairbanks juga kerap jadi tuan rumah bagi perlombaan kereta anjing paling terkenal di dunia, Iditarod, dan kejuaraan seni es dunia. Salju pertama mereka di tahun ini jatuh pada bulan September 2024 kemarin, lho! Tebayang, kan bagaimana indah dan romantisnya tempat ini kalau dijadikan destinasi wisata musim dingin?!

So, sudah siapa memesan tiket dan berlibur di akhir tahun? Semoga perjalanan Anda menyenangkan dan penuh kesan!