Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

IDBYTE 2023: Ketika Fashion, Seni dan Teknologi Bertemu

Sebuah konferensi networking eksklusif, yang mengumpulkan para pencinta seni dan fashion.

IDBYTE 2023: Ketika Fashion, Seni dan Teknologi Bertemu
Rahfeal Gordon - Courtesy of IDBYTE

Awalnya acara IDBYTE yang diselenggarakan oleh BUBU bermula pada industri e-sport, namun pada tahun ini IDBYTE mulai berkecimpung ke dunia fashion, dengan tajuk IDBYTE Art + Fashion. Lantaran, Shinta Dhanuwardoyo selaku CEO BUBU terinspirasi dari desainer fashion yang kerap mendobrak batas-batas yang ada dengan karya mereka. 

BACA JUGA: 5 Kolaborasi Brand Fashion dan Seniman Indonesia

Begitulah isi dari pidato pembukaan acara yang diadakan pada 21 Oktober silam. Selanjutnya, sebuah pesan singkat dari sang inovatorRalph Simon, yang didatangkan langsung dari Inggris. 

Rich Robinson dan Ralph Simon - Courtesy of IDBYTE

Masuk ke sesi pembicara pertama, bernama Sarah Sukumaran yang di bawakan oleh Mikha Tambayong. Ia adalah mantan Product Director Nike, dan sekarang sedang membangun bisnis sneakers khusus perempuan bernama Lilith NYC. Pada sesi ini dibagikan betapa sneakerhead community masih didominasi oleh laki-laki, dimulai dari ketersediaan ukuran sepatu hingga desain sepatu yang ada. Sarah mencoba mendobrak hal-hal tersebut melalui Lilith NYC. 

Kemudian diselingi dengan video singkat dari Esther Wojcicki, penulis buku How to Raise Successful People: Simple Lessons for Radical Results. 

Dilanjutkan lagi dengan pembicara kedua, Rich Robinson. Ia menjelaskan bahwa seni dan teknologi memiliki banyak persamaan, dan akan berkesinambungan di masa yang akan datang.

Pembicara ketiga, Rahfeal Gordon memberikan insight dalam menjadi sebuah pemimpin yang baik. Ada tiga komitmen yang disampaikannya. Pertama, hargai value orang yang Anda pimpin. Kedua, hubungkan value tersebut dengan yang lainnya, dan ketiga kembangkan value tersebut. 

Setelahnya, masuk ke dalam sesi diskusi bersama. Diskusi pertama membahas posisi perempuan dalam e-sport Indonesia dibawakan oleh Pevita Pearce dan Esti Lestari Mihail. Diikuti dengan pembahasan tentang anak muda yang menjadi penggerak seni di masa depan yang dibawakan oleh Ria Miranda, dan terakhir ditutup dengan diskusi terkait kolaborasi yang dibawakan oleh Ryo Ishikawa dan Rajaya Yogaswara. 

Rahfeal Gordon - Courtesy of IDBYTE

BACA JUGA:
Kolaborasi Fashion dan Seni Pada Koleksi Terbaru Dior Men
Desainer Ria Miranda Hadirkan Koleksi Kolaborasi dengan Seniman Mang Moel

(Penulis: Angel Lawas, Foto: Courtesy of IDBYTE)