Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Koleksi Favorit Chanel Spring/Summer 2024 di Paris Fashion Week

Berlangsung di Grand Palais Éphémère, Chanel membawa semangat artistik vila Noailles di Prancis Selatan untuk koleksi terbarunya.

10 Koleksi Favorit Chanel Spring/Summer 2024 di Paris Fashion Week

Vila Noilles di Perancis Selatan menjadi inspirasi utama untuk koleksi ready-to-wear Chanel musim Spring/Summer 2024 ini. Terletak tidak jauh dari laut, tepatnya di perbukitan Hyères, bangunan vila modernis milik Charles dan Marie-Laure de Noailles yang dirancang oleh arsitek Robert Mallet-Stevens pada tahun 1923 begitu memesona dan bermandikan sinar matahari.

Memiliki banyak taman bertingkat dengan garis-garis arsitektur yang avant-garde, menawarkan kebebasan yang indah.

“Koleksi ready-to-wear musim Spring/Summer 2024 ini merupakan sebuah pujian terhadap kebebasan dan pergerakan, serta menceritakan sebuah kisah yang berasal dari taman vila Noailles,” jelas Virginie Viard.

Alhasil, terciptalah 72 siluet busana yang santai dan anggun, memberikan sebuah ide gaya nonchalant dan elegan. Bisa dilihat dari tampilan tweed grafis dan sulaman bunga diselingi sentuhan kilau, permainan warna yang kontras, dan potongan asimetris. 

Ada pula gaun dari wol warna-warni, hitam atau merah muda, dan jaket dari kain terry bergaris dengan berbagai warna. Setelan neoprene, gaun, dan celana panjang berenda dihiasi motif bunga. Nuansa joie de vivre ini juga diterapkan pada sejumlah rancangan, di antaranya pada jaket double-breasted yang dikenakan terbuka dengan tangan di saku.
 
“Kepiawaian dalam mengolah bahan, seperti tweed yang mendominasi seluruh koleksi, siluet pakaian olahraga, hingga sentuhan renda, saya mencoba untuk menyatukannya menjadi rangkaian koleksi yang dapat mendeskripsikan suasana outdoor yang ada di vila Noailles. Taman serta kolam renang di vila Noailles begitu luar biasa, dan hal ini cocok untuk diadaptasi," Virginie menambahkan.
 
Rancangan Virginie untuk Chanel kali ini terlihat seperti pakaian yang terbebas dari kekangan dan terbebas dari struktur. Pinggangnya rendah, tumitnya rata. Setelannya ringan dan sangat lentur: tanpa lapisan yang rumit. Jaket Gilet, kardigan yang dikenakan seperti gaun hadir untuk ciptakan kesan bebas, kemudian celana panjang dengan aksen saku, celana pendek potongan lebar, rok asimetris, pita dan pleats juga turut menghiasi sederet koleksi. Gagasan tentang sensualitas pun meresap dalam pakaian, gaun, kemeja, rok, serta atasan dari organza hitam yang menerawang.
 
Referensi pada Marie-Laure de Noailles dan Gabrielle Chanel tampak disatukan oleh kekuatan karakter dan persahabatan mereka dengan seniman avant-garde, dipadukan dengan kacamata hitam yang dihias rantai emas.
 
Didukung oleh suasana gembira yang penuh warna, semangat olahraga dan perayaan, koleksi siap pakai musim Spring/Summer 2024 yang elegan ini menjadi wujud ekspresi diri untuk menikmati hidup di udara segar.

Inilah 10 koleksi favorit Chanel Spring/Summer 2024 dari Fashion Editor Bazaar yang menyaksikannya langsung.

1. Look 1

Chanel SS 2024

2. Look 5

 Chanel SS 2024

3. Look 9

Chanel SS 2024

4. Look 11

Chanel SS 2024

5. Look 13

Chanel SS 2024

6. Look 17

Chanel SS 2024

7. Look 42

Chanel SS 2024

8. Look 55

Chanel SS 2024

9. Look 62

Chanel SS 2024

10. Look 68

Chanel SS 2024

(Foto: Courtesy of Chanel)