Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Seán McGirr, Direktur Kreatif Baru Alexander McQueen

Sang desainer kelahiran Dublin ini, dulunya ialah kepala dari ready-to-wear di JW Anderson.

Seán McGirr, Direktur Kreatif Baru Alexander McQueen
Courtesy of Alexander McQueen

Hari ini, Kering mengumumkan penunjukan Seán McGirr sebagai Direktur Kreatif Alexander McQueen. Berita ini muncul setelah pagelaran terakhir Sarah Burton untuk jenama ini, di mana Sarah telah bekerja selama hampir tiga dekade. 

BACA JUGA: 10 Item dari Koleksi Vintage Alexander McQueen Ini Menjadi Milik Anda

Seán yang lahir di Dublin ini terakhir kali menjabat sebagai kepala ready-to-wear di JW Anderson dan sebelumnya, ia adalah desainer womenswear untuk Dries Van Noten. 

Ia juga pernah bekerja untuk Uniqlo di Paris dan Tokyo, serta Christophe Lemaire dan Burberry. Pengalaman Seán berkisar dari womenswear hingga menswear, dan ia adalah lulusan Central Saint Martins di London.

Dalam sebuah pernyataan yang diuanggah di Instagram, CEO Alexander McQueen Gianfilippo Testa mengatakan, "kami sangat senang menyambut Seán McGirr sebagai Direktur Kreatif. Dengan pengalaman, kepribadian, dan energi kreatifnya, ia akan membawa bahasa kreatif yang kuat untuk Alexander McQueen sekaligus membangun warisan yang unik." 

François-Henri Pinault menggemakan sentimen ini, dengan mengatakan bahwa mereka "percaya bahwa Seán McGirr akan dapat melanjutkan perjalanan (Alexander McQueen) dengan impresi kreatif yang baru."

Seán adalah nama yang relatif tidak dikenal oleh mereka yang berada di luar industri ini, tetapi keahliannya di berbagai kategori, dan market menunjukkan bahwa ia mampu menghadirkan desain serta kemampuan bisnis yang mumpuni pada merek ini. 

Pengalamannya bekerja bersama Jonathan Anderson yang mendapat apresiasi luas merupakan pertanda baik, dan ini merupakan strategi perekrutan yang telah terbukti berhasil untuk Kering di masa lalu, seperti mantan tangan kanannya, Alessandro Michele dan Sabato de Sarno untuk Gucci. 

Apa yang akan terjadi di masa depan untuk Alexander McQueen masih belum pasti, namun arah barunya di bawah Seán akan menjadi salah satu yang harus diperhatikan.

BACA JUGA:
Kering Foundation Gelar Acara Makan Malam Bersama
Kate Middleton Tampak Cantik Mengenakan Setelan Putih Alexander McQueen untuk Merayakan Windrush Day

(Penulis: Brooke Bobb; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Alexander McQueen)