Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tak Dapat Dipungkiri, Para Perempuan Dune Memiliki Kostum Terbaik

Mode film ini mencakup romantis, dunia lain, dan sangat menggugah.

Tak Dapat Dipungkiri, Para Perempuan Dune Memiliki Kostum Terbaik
Courtesy of Bazaar US

Film adaptasi Denis Villeneuve yang telah lama ditunggu-tunggu dari novel sci-fi klasik Dune hadir di bioskop minggu lalu. Hampir semua hal yang dilakukan Timothée Chalamet akhir-akhir ini menarik perhatian massa (bahkan jika ia hanya akan makan siang dengan Larry David), tetapi film ini ada di tingkat lain. Novel ini telah menikmati keberadaan para pengikut yang menyukai kultus sejak debutnya di tahun 1960-an. Pemeran film ini adalah daftar aktor Hollywood papan atas di puncak permainan mereka, dari Zendaya hingga Charlotte Rampling hingga Oscar Isaac. Denis Villeneuve adalah pencipta dari Arrival (2016) dan Blade Runner 2049 (2017). Dan, untuk tujuan kita di sini sekarang, kostumnya ditangani oleh duo luar biasa Jacqueline West (The Curious Case of Benjamin Button, The Social Network, The Revenant) dan Bob Morgan (Inception, Behind the Candelabra, Maleficent: Mistress of Evil).

Baca juga: 7 Tampilan Red Carpet Terbaik Zendaya untuk Pemutaran Perdana Film Dune

Jika Anda tidak tahu apa-apa tentang Dune, inilah ringkasan kilat. Timothée berperan sebagai Paul Atreides, pewaris Royal House of Atreides, yang menjajah planet gurun Arrakis untuk menanam "rempah-rempah," zat paling berharga di alam semesta, dan metafora untuk minyak. Setelah segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik untuk keluarga Atreides di Arrakis, Paul mundur ke padang pasir dan memulai pencarian epik untuk menyelamatkan seluruh umat manusia. Dengan melakukan itu, ia bertemu dengan orang-orang Fremen yang tinggal di gurun, dan di antara mereka, Chani muda yang misterius, diperankan oleh Zendaya.

Pembangunan dunia adalah salah satu hal yang disukai orang dari film ini, dan kostum memainkan peran besar di dalamnya. Dalam sebuah wawancara dengan BAZAAR.com, Jacqueline dan Bob menjelaskan bahwa mereka menghindari gaya apik dari banyak film perjalanan ruang angkasa demi estetika yang sangat berbeda, sesuatu yang disebut Jacqueline sebagai "mod-eval", perpaduan antara modern dan abad pertengahan. Selain menggambar referensi dari dunia Star Trek atau Guardians of the Galaxy, mereka melihat ke seni Renaisans, kartu tarot, citra abad pertengahan biarawati, paus Avignon abad ke-14, dan lukisan oleh Francisco Goya. “Kami melihat ini sebagai petualangan epik,” kata Bob. “Itu terjadi di masa depan di dunia yang jauh. … Saat pertama kali bertemu dengan Denis, kami menyadari bahwa ini bukanlah film tentang pesawat luar angkasa dan alien. Kami membuat petualangan epik sejarah yang terjadi di dunia yang berbeda.”

Courtesy of Bazaar US

Timothée, pencinta fashion terkenal dan teman merek seperti Haider Ackermann, Louis Vuitton, dan Prada, adalah "bunglon" gaya dalam film tersebut. Ketika aksi dimulai di planet rumahnya yang hujan, Caledan, kita melihat Paul dalam setelan wol hijau gelap yang ketat, dan kemeja linen saat ia tidak bertugas. Kemeja itu, yang dibuat oleh Jacqueline, menampilkan deretan kancing magnet tersembunyi yang memungkinkan kemeja itu "membuka dan menutup dengan sendirinya", sesuatu yang dinikmati Timothée saat bermain di lokasi syuting. Ini adalah pakaian sederhana dan mungkin salah satu tampilan film yang lebih sederhana, tetapi ini adalah perwujudan sempurna dari estetika "mod-eval". Buatan tangan dari serat linen alami dan sederhana, tetapi dengan jenis fungsi tersembunyi yang mungkin diharapkan dalam mode abad yang akan datang.

Lebih banyak utilitarianisme itu muncul kemudian dalam film ketika Paul mulai menjelajahi gurun, dan kita melihatnya dalam "stillsuit", jumpsuit mekanis yang mengubah keringat menjadi air minum sehingga pemakainya dapat bertahan hidup di padang pasir. "Anda mungkin akan melihat ini di runway dalam beberapa tahun, dengan cara lingkungan berjalan," kata Jacqueline kepada kami.

Courtesy of Bazaar US

Di luar itu semua, jika Anda membutuhkan alasan lain untuk jatuh cinta pada Timothée, Jacqueline memberi tahu kami dalam sebuah wawancara bahwa aktor itu secara pribadi sama menawannya dengan yang Anda pikirkan. "Saat saya sampai di set dan keluar dari mobil di pagi hari, ia akan melepas jaketnya dan meletakkannya di tanah agar saya bisa keluar,” katanya.

Tentu saja, dengan garis rahang dan rambut yang membuat iri, Timothée terlihat bagus dalam segala hal, tetapi hal dengan kostum film ini adalah bahwa penampilan Paul semuanya sangat dangkal berdasarkan desain. Bagaimanapun juga, karakternya sedang dalam pencarian untuk menemukan identitas dan tujuan hidupnya yang sebenarnya. Itulah mengapa kita melihatnya dalam setelan tradisional keluarganya di paruh pertama film, dan dalam stillsuit serta pakaian gurun menjelang akhir saat ia sendiri. Ia belum menjadi pahlawan, jadi ia seharusnya tidak berpakaian seperti itu.

Jika perjalanan batin Paul menjelaskan mengapa kostumnya berada di ujung spektrum film yang lebih jelas, bukan rahasia lagi bahwa kostum Dune yang paling fantastis dan berkesan dikenakan oleh para perempuannya, semua sangat yakin akan identitas mereka, semua berakar pada rasa kekuasaan. Ketika datang ke pakaian, perempuan Dune mencuri perhatian.

Pertimbangkan ibu Paul, Lady Jessica, diperankan oleh Rebecca Ferguson. Pendamping ayah Paul, Duke Leto Atreides, ia adalah anggota Bene Gesserit yang taat, sebuah faksi agama rahasia wanita, pikirkan biarawati kuat yang bermain politik. Kami melihatnya dalam beberapa gaun lengan panjang yang terlihat seperti abad pertengahan saat film dibuka, menunjukkan kepatuhan dan kesalehan. Jenis karakter yang akan Anda lihat dan tidak memikirkannya lagi untuk memilih.

Courtesy of Bazaar US

Saat karakternya berkembang dan kita belajar lebih banyak tentang rahasia yang disimpan Lady Jessica, kostumnya menawarkan kilatan kecemerlangan. Ketika keluarga Atreides tiba di Arrakis, ia melangkah ke planet gurun dengan mengenakan perhiasan logam seluruh tubuh yang mencolok di atas tubuh dan kepalanya. Tampilannya mengingatkan pada surat berantai, atau perhiasan pernikahan tradisional Hindu, atau bahkan topeng berlian Margiela yang dibuat Kanye West sekitar tahun 2014. Seolah itu tidak cukup dramatis, ia juga mengenakan kerudung kasa sutra besar, yang berkibar keras di angin. “Itu sangat dramatis,” kata Bob kepada kami. “Itu 15 meter. Sangat besar.” Maskulinitas versus feminitas, tradisi versus kebebasan, eksterior halus versus interior tempa yang penuh, interpretasikan sesuka Anda, tetapi tampilan ini adalah salah satu yang terbaik di film (mungkin tahun ini).

Courtesy of Bazaar US

Selanjutnya, Charlotte Rampling yang tak tertandingi dalam peran Ibu Pendeta Mohiam, anggota senior Bene Gesserit. Kami telah melihat balaclavas di runway Celine, Vetements, dan Rick Owens akhir-akhir ini, juga siapa yang bisa melupakan Balenciaga serba hitam dari kepala hingga kaki Kim Kardashian dari Met Gala tahun ini, tetapi untuk melihat salah satu aktris terbaik di dunia dengan wajahnya ditutupi oleh jaring hitam untuk seluruh film, itu meresahkan. Jelas, karakter ini memiliki sesuatu yang ganas untuk disembunyikan.

Courtesy of Bazaar US

Dan kemudian, ada Zendaya. Ia pertama kali datang kepada kami dalam serangkaian mimpi, ketika Paul melihat Chani berdiri di padang pasir dengan jumpsuit linen putih tipis, jenis pakaian yang beruntung bisa kita kenakan tanpa terlihat seperti sekarung kentang. Pada saat Paul bertemu dengannya dalam kehidupan nyata, ia mengenakan pakaian stillsuit, namun terbungkus kain kasa linen besar yang sebagian syal, sebagai jubah. Setelah membuat stillsuit, Jacqueline mengira mereka membutuhkan "sesuatu yang lebih romantis," jadi ia mulai meneliti "orang-orang yang melintasi salt trail Maroko dan Sahara, dan bagaimana mereka akan membungkus diri mereka dengan kain kasa ini untuk melindungi diri dari unsur-unsur."

Courtesy of Bazaar US

Jacqueline mengirim kelompoknya ke lokasi film untuk membawa kembali sampel pasir dan batu dari gurun tempat film akan diambil, ia juga mengecat kain kasa yang sangat panjang agar sesuai, sehingga "kasa yang mengalir dan mengepul" ini akan "mencerminkan pasir yang bergeser dari gurun pasir." Hasilnya adalah setelan utilitarian masa depan yang terasa terhubung dengan pakaian gurun dari orang-orang gurun tradisional di planet kita sendiri, dan jauh lebih indah daripada iterasi tak berujung dari "space suit" yang pernah kita lihat di film-film sebelumnya. Kami akan membawa Zendaya yang berpakaian jubah berdiri tersapu angin di tebing gurun setiap hari di atas karakter satu dimensi yang menembakkan senjata laser dalam spandeks. Jadi, maaf untuk Timothée, tetapi pada akhirnya, para perempuan Dune yang kostumnya akan bertahan lama dalam imajinasi kita setelah kita meninggalkan teater.

Baca juga:

Timothée Chalamet Berhasil Curi Perhatian Saat Pakai Setelan Metalik di Festival Film Cannes

Timothée Chalamet Beri Ucapan Ulang Tahun Manis ke Zendaya

(Penulis: Todd Plummer; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar US)