Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Isu Pelecehan Seksual Semakin Banyak, Arawinda Kirana: Negara Kita Sudah Merdeka Kenapa Tubuh Kita Belum

Ia mengatakan bahwa perempuan seharusnya tidak dianggap lemah lembut.

Isu Pelecehan Seksual Semakin Banyak, Arawinda Kirana: Negara Kita Sudah Merdeka Kenapa Tubuh Kita Belum
Courtesy of Instagram @arawindak

Masih bersama dengan Dave Hendrik di episode terbaru seri Brunch with Dave Hendrik pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021. Membicarakan topik seputar Gen-Z dan budaya, dengan aktris muda pekerja seni, Arawinda Kirana. Setelah berbincang mengenai pekerjaannya sebagai entertainer, Ara juga membicarakan mengenai komunitas Arise Arose yang ia bangun bersama dengan 7 wanita lainnya. Sebuah platform di mana para wanita ini membicarakan seputar isu-isu terkini yang sedang banyak menjadi bahan perbincangan masyarakat. Selain isu mengenai environmentalism menjadi topik yang diperbincangkan di platform tersebut pada masa pandemi, isu pelecehan sekual ternyata juga menjadi salah satunya. Dan berikut adalah pandangan Arawinda terhadap pelecehan seksual:

"Menyentuh sedikit mengenai hal tersebut (pelecehan seksual), apa pendapat Ara mengenai topik tersebut?" tanya Dave penasaran.

"Pendapat saya, sebenarnya saya tidak bisa berbicara banyak mengenai hal tersebut karena bukan bidang saya di Arise Arose, tapi setahu saya itu sebenarnya, khususnya karena memainkan karakter seperti Yuni dan Nurbaya, katanya 'negara kita sudah merdeka tetapi kenapa tubuh kita belum?' Dari situ saya hanya bisa membantu menyuarakan saja dengan isu feminism dan sexual harrasment. Mendapat film-film seperti Yuni dan Nurbaya itu benar-benar jackpot dan bisa menambahkan media untuk menyalurkan itu semua, agar dapat dilihat banyak orang. Seperti 'oh perempuan itu tuh tidak lemah lembut' perempuan dapat menjadi sosok yang dominan, perempuan berhak untuk mempunyai otoritas akan tubuh mereka sendiri, dan pilihan-pilihan mereka sendiri. Tapi kalau berbicara mengenai pelecehan seksual, yang ditekankan ya otoritas tubuh mereka sendiri," katanya mengenai isu yang sedang marak.

Bagi Anda yang tertinggal episode terbaru Brunch with Dave Hendrik bersama Arawinda Kirana, nantikan perbincangan lengkapnya yang akan segera tayang di Kanal YouTube Harper's Bazaar Indonesia.

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of @bazaarindonesia, @arawindak)