Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15 Rekomendasi Streaming Online Film Sci-Fi yang Dapat Anda Nikmati Saat Long Weekend

Menjelajahi kehidupan futuristis Ready Player One hingga kembali bernostalgia dengan Captain America dalam serial film Avengers.

15 Rekomendasi Streaming Online Film Sci-Fi yang Dapat Anda Nikmati Saat Long Weekend

Akhir pekan sudah dekat dan sepertinya kita semua untuk merenggangkan tubuh setelah berhari-hari (mungkin berbulan-bulan) berkutat dengan laptop yang menjadi kawan dan lawan selama kita semua bekerja serta belajar dari rumah. Mungkin Anda ingin merayakan akhir bulan Oktober dengan serangkaian film horor.

Namun, jika Anda menginginkan tayangan yang berbeda untuk rayakan Halloween, berikut adalah rekomendasi film fiksi ilmiah yang wajib masuk ke dalam daftar film Anda.

1.   G.I Joe: The Rise of Cobra (2009)

Kisah perjalanan dua tantara Amerika, Duke dan Ripcord yang bergabung ke dalam tim G.I Joe setelah penyerangan yang dilakukan Military Armaments Research Syndicate (M.A.R.S) di bawah kepemimpinan James Cullen, seorang ahli senjata yang berhasl membuat sebuah senjata dari nanomites digunakan untuk menghancurkan segala hal seperti tank hingga satu kota dapat lenyap. Tim G.I Joe hadir untuk menghentikan tindakan James tersebut. Kisah tim G.I Joe juga kembali menghiasi layar melalui sekuel G.I Joe: Retaliation yang dirilis pada 2013 silam. Kedua film G.I Joe yang turut diperankan oleh Channing Tatum, Marlon Wayans, dan Dennis Quaid ini dapat Anda saksikan melalui layanan streaming Mola TV.

2.  The Time Traveler’s Wife (2009)

Mungkin Anda lebih familier dengan film fiksi ilmiah yang dipadukan dengan aksi dan senjata berteknologi tinggi, tetapi sentuhan baru diberikan oleh sutradara, Robert Schwentke dalam film The Time Traveler’s Wife. Film bergenre fiksi ilmiah dan romansa ini mengisahkan Henry DeTamble (Eric Bana), seorang penjaga perpustakaan asal Chicago yang memiliki kelainan genetik sehingga ia memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan waktu atau time travel. Dalam film adaptasi novel karya Audrey Niffenegger ini diperlihatkan kemampuan Henry ini justru menjadi masalah ketika ia menikahi Clare Abshire (Rachel McAdams) sehingga Clare harus bertahan di tengah hubungan pernikahan yang kerap merasakan kesepian. Film The Time Traveler's Wife dapat Anda saksikan pula di Mola TV.

3. In Time (2011)

Amanda Seyfried dan Justin Timberlake untuk keluar dari kehidupan abadi setelah di masa tersebut semua orang berhenti alami penuaan di usia 25 tahun, tetapi tiba-tiba hanya memiliki satu tahun untuk hidup dalam film arahan Andrew Niccol, In Time. Kisah Will Salas (Justin Timberlake), seorang buruh pabrik yang bertekad untuk mengakhiri sistem kehidupan di tahun 2169 dengan bantuan Sylvia (Amanda Seyfried), seorang putri dari pebisnis ternama, Phillippe Weis. Cerita Will dan Sylvia dalam In Time dapat Anda nikmati di Mola TV.

4. Alita: Battle of The Angel (2019)

Tahun 2563, tepatnya 300 tahun setelah Bumi hancur akibat perang hebat, seorang perempuan cyborg bernama Alita kembali hidup dengan tubuh baru tanpa ingatan akan masa lalu dan memiliki misi untuk menemukan jati dirinya. Film yang diadaptasi serial karya pelukis manga, Yukito Kishiro bertajuk Gunnm rilis pada 1990 dan video animasi bertajuk Battle Angel pada 1993. Cerita Alita yang diproduseri oleh James Cameron ini melibatkan beberapa nama besar seperti Rosa Salazar, Jennifer Connelly, dan Mahershala Ali. Alita: Battle of The Angel dapat Anda saksikan di Disney+ Hotstar.

5. Bird Box (2018)

Sandra Bullock kembali menghiasi layar lebar pada tahun 2018 dengan film bergenre horor thriller arahan Susanna Bier yang mengisahkan seorang perempuan yang berusaha melindungi dirinya dan kedua anaknya dari kekuatan supranatural yang membuat seseorang menjadi tidak waras hingga bunuh diri ketika melihatnya. Film Bird Box adaptasi novel karya Josh Malerman yang dirilis pada 2014 ini dapat Anda nikmati di Netflix.

6. Deranged (2012)

Kisah epidemi yang menyerang Negeri Ginseng, Korea Selatan ketika banyak jenazah ditemukan di Sungai Han terjadi di dalam film thriller medis Korea Selatan pertama berjudul Deranged – yang kemudian dilanjutkan dengan perilisan film Flu pada 2013 – arahan Park Jung-woo.  Film ini mengisahkan sebuah wabah bernama Yeongasi yang dapat mengontrol fungsi otak manusia. Jae-hyuk (Kim Myung-min) bersama Jae-pil (Kim Dong-wan) turut membantu menyelamatkan diri beserta keluarganya. Film Deranged dapat Anda saksikan melalui layanan streaming Viu.

7. The Martian (2015)

Kisah perjuangan seorang astronot (Matt Damon) yang terdampar di sebuah planet untuk kembali pulang ke Bumi. Film yang pertama kali dirilis di Toronto International Film Festival pada 11 September 2015 berhasil masuk ke urutan sepuluh film dengan pendapatan tertinggi pada tahun 2015.

Selain itu, film arahan Ridley Scott ini berhasil meraih berbagai nominasi salah satunya dalam ajang penghargaan Golden Globes Awards untuk kategori Best Motion Picture – Musical or Comedy, serta tujuh nominasi dalam Academy Awards ke-88. Film The Martian dapat Anda nikmati melalui layanan streaming Disney+ Hotstar.

8. The Platform (2020)

Sebuah paduan fiksi ilmiah dan horor asal Spanyol yang berlatar sebuah gedung tinggi yang memindahkan posisi penghuninya setiap bulan. Menariknya, penghuni di beri makan melalui sebuah platform yang diisi dari lantai atas sehingga penghuni lantai atas akan mendapatkan makanan sedangkan mereka yang berada di lantai bawah akan mendapatkan sisa-sisa makanan dari penghuni lantai atas. Sistem yang tidak terelakkan ini kemudian menimbulkan konflik di antara penghuni gedung tersebut. Film Platform arahan sutradara Galder Gaztelu-Urrutia ini dapat Anda saksikan di Netflix.

9. Illang: The Wolf Brigade (2018)

Kisah persatuan Korea Selatan dan Korea Utara pada 2029 menjadi latar dari film arahan Kim Jee-woon, Illang: The Wolf Brigade. Film yang rilis pada 2018 silam mengisahkan sebuah unit khusus dari pihak kepolisian Korea Selatan bernama Illang untuk menghentikan sekelompok teroris yang tidak setuju dengan persatuan kedua negara tersebut bernama The Sect. Film adaptasi dari animasi Jepang bertajuk Jin-Roh: The Wolf Brigade dapat Anda saksikan di Viu.

10. Avatar (2009)

Sekuel dari film ini dikabarkan akan menghiasi dunia perfilman pada 2022 mendatang dan selagi menanti perilisannya, Anda dapat kembali bernostalgia dengan salah satu karya terbaik dari James Cameron. Dalam film yang tidak hanya ia sutradarai, tulis, dan produseri ini mengisahkan pada pertengahan abad ke-22 ketika manusia menjajah sebuah habitat di sistem bintang Alpha Centauri, Pandora yang kaya akan mineral. Film yang dibintangi oleh aktor Sam Worthington dan Zoe Saldana ini berhasil menempati posisi teratas sebagai film dengan pendapatan tertinggi pada tahun tersebut. Anda tentu dapat menikmati film Avatar di Disney+ Hotstar.

11. The Old Guard (2020)

Netflix baru-baru ini merilis film pahlawan super adaptasi komik karya Greg Rucka – yang juga terlibat dalam penulisan naskah – berjudul The Old Guard yang mengikuti perjalanan sebuah kelompok manusia abadi dalam misi balas dendam. Tidak hanya kisahnya yang menarik tetapi melibatkan aktor-aktor ternama seperti Charlize Theron dan Chiwetel Ejiofor. Film The Old Guard yang rilis pada Juli silam dapat Anda nikmati di Netflix.

12. Ready Player One (2018)

Mungkin inilah gambaran yang tepat ketika kehidupan nyata manusia menjadi sesuatu yang dihindari manusianya sendiri. Teknologi OASIS hadir dan membangun kehidupan baru yang serba virtual bagi semua orang untuk lepas dari dunia nyata. Seorang remaja bernama Wade Watts (diperankan oleh Tye Sheridan) menemukan sebuah permainan rahasia yang membuatnya dapat memiliki teknologi tersebut sebelum dikuasai oleh seorang pengusaha bernama Nolan Sorrento. Film Ready Player One yang merupakan salah satu karya sutradara ternama Steven Spielberg ini dapat Anda nikmati di Netflix.

13.  Trilogi The Maze Runner (2014 – 2018)

Bagaimana perasaan Anda berada di sebuah labirin tanpa memori akan siapa diri Anda dan masa lalu Anda? Inilah yang mungkin dirasakan oleh pemuda bernama Thomas (Dylan O’Brien) ketika ia masuk ke dalam sebuah labirin bersama dengan banyak pemuda yang terus mencari jalan keluar dari labirin tersebut. Film adaptasi dari novel terbitan 2009 karya James Dashner ini kemudian berlanjut dengan kehadiran dua sekuel yaitu Maze Runner: The Scorch Trials yang rilis pada 18 September 2015 dan Maze Runner: The Death Cure yang rilis pada 26 Januari 2018. Kini, trilogi Maze Runner dapat Anda nikmati di Netflix.

14.  ARQ (2016)

Film Amerika-Kanada keluaran Netflix pada 2016 mengisahkan seorang teknisi – diperankan oleh Robbie Amell – yang membuat sebuah temuan pemutar waktu ketika rumahnya dijarah. Ia berusaha menolong mantan kekasihnya – yang diperankan oleh Rachel Taylor – selagi mencari tahu siapa yang mengincarnya dan alasan di baliknya. Film ARQ yang pertama dirilis pada Toronto Film Festival 2016 ini dapat Anda saksikan di Netflix.

15.  Marvel’s The Avengers (2012- 2019)

Film superhero Marvel yang mempertemukan aktor-aktor ternama seperti Robert Downey Jr., Chris Evans, Mark Ruffalo, Chris Hemsworth, Scarlett Johansson, serta Jeremy Renner sebagai kelompok pahlawan super yang berusaha melawan adik Thor yang licik, Loki (Tom Hiddleston). Film ini mungkin tidak lagi asing di telinga Anda atau mungkin sudah membekas di hati, tetapi Disney+ Hotstar menghadirkan film tersebut beserta ketiga film - Avengers: Age of Ultron (2015), Avengers: Infinity War (2018), dan Avengers: Endgame (2019) – sehingga Anda dapat bernostalgia menikmati aksi tim pahlawan super favorit. Segera ke Disney Hotstar!

(Penulis: Vanessa Masli; Foto & Video: Courtesy of  Instagram @alitamovie & YouTube)