Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

The Met Costume Institute Resmi Membuka Pameran Terbaru

Cara baru merayakan mode yang abadi melalui sebuah ekshibisi dengan judul About Time: Fashion and Duration di New York City.

The Met Costume Institute Resmi Membuka Pameran Terbaru

Met Gala 2020 mungkin telah dibatalkan karena pandemi virus corona, tetapi pameran yang menginspirasinya masih tetap berjalan. Bertajuk About Time: Fashion and Duration resmi dibuka pada Kamis ini, 29 Oktober, di Costume Institute of New York City's Metropolitan Museum of Art. Tampilan tahunan tahun ini mencerminkan 150 tahun mode, yang berasal dari tahun 1870, untuk merayakan ulang tahun Met yang ke-150. "Dengan mengusung konsep dari Henri Bergson tentang la durée (durasi), itu akan mengeksplorasi bagaimana pakaian menghasilkan asosiasi temporal yang menggabungkan masa lalu, sekarang, dan masa depan. Virginia Woolf juga turut ambil bagian dalam dengan berperan sebagai ghost narrator dari pameran tersebut," menurut siaran pers resmi yang kami dapatkan.

Berpegang pada tema kronologi, akan ada dua galeri yang berdekatan yang dibentuk seperti tampilan jam raksasa. Di setiap "menit" pada jam, akan ada sepasang tampilan untuk menunjukkan bagaimana tren dan siluet tertentu telah kembali. "Misalnya, gaun sutera hitam dari akhir tahun 1870-an yang akan dipasangkan dengan rok Alexander McQueen 'Bumster' dari tahun 1995," menurut The Met. Setiap tampilan akan berwarna hitam untuk menunjukkan evolusi siluet, kecuali di bagian akhir, saat gaun Viktor & Rolf putih mewakili masa depan mode.

Untuk mematuhi pedoman kesehatan dan keselamatan selama masa pandemi, pengunjung perlu memesan tiket di muka untuk dapat menikmati pameran. Tidak akan ada biaya tambahan jika Anda sudah membeli tiket masuk umum, tetapi Anda tetap harus memilih slot waktu. Hanya 25 persen dari kapasitas yang diperbolehkan masuk dalam satu waktu. Tiket mulai dijual dua minggu sebelumnya, jadi jika saat ini terjual habis secara daring, coba periksa lagi di lain waktu.

Saat ini, About Time telah resmi dibuka untuk umum pada siang hari mulai hari Kamis, dan ditutup pada hari Minggu, 7 Februari 2021. Baik Anda berencana untuk pergi sendiri atau ingin mengagumi dari jauh, intip pameran About Time: Fashion and Duration di bawah ini.

Berbagai karya dipasangkan dan ditempatkan dalam pengaturan seperti tampilan jam.

Dari kiri ke kanan: Gaun malam Mrs. Arnold tahun 1895, ansambel Comme des Garçons 2004, jas hujan Amerika tahun 1895, jas JW Anderson 2020, American suit tahun 1892, ansambel Martin Margiela tahun 1989.

Kiri: Christian Dior 1947 "Bar suit". Kanan: Ansambel Junya Watanabe 2011.

Dari kiri ke kanan: Gaun malam Madame Gres 1945, ansambel Yohji Yamamoto 2005, setelan malam Pleydell & Smith dan Bertha Black Lewry 1943, jaket Martin Margiela 2000, jaket malam Elsa Schiaparelli 1938, ensemble "Broken Mirrors" 1978 Yves Saint Laurent.

Lebih banyak ansambel berpasangan ditampilkan dengan latar belakang cermin yang menakjubkan.

Di antara mereka yang berada di ruang reflektif ini adalah gaun Azzedine Alaïa tahun 2003, gaun Halston tahun 1973 dengan sabuk Elsa Peretti, dan ansambel haute couture Yves Saint Laurent tahun 1976.

Dari kiri ke kanan: Gaun Raf Simons untuk Jil Sander tahun 2009, Gaun malam Madeleine Vionnet 1925, Gaun Prada 2007, Gaun Cristóbal Balenciaga 1964, Ansambel Undercover 2006, Gaun malam Christian Dior 1949, Ansambel Viktor & Rolf 2005, Gaun Malam Madeleine Vionnet 1939.

Paling kanan: gaun Iris van Herpen 2012 dan gaun pesta Charles James 1951.

Pintu masuk ke pameran About Time.

(Penulis:Erica Gonzales; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)