Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

The Crown Season 4: Saat Putri Diana Temukan Gelang Hadiah Pangeran Charles untuk Camilla

Pangeran Charles dikabarkan memesan perhiasan untuk beberapa perempuan sebelum hari pernikahannya.

The Crown Season 4: Saat Putri Diana Temukan Gelang Hadiah Pangeran Charles untuk Camilla

Musim terbaru dari The Crown akan menilik lebih dalam tentang perubahan hubungan Pangeran Charles dan Putri Diana yang tidak hanya cepat tetapi juga kejam, bagi kedua pihak yang terlibat. Ketika Charles enggan untuk menghapus perasaan cintanya kepada Camilla, mungkin inilah yang menjadi momen paling menyakitkan ketika Diana menemukan gelang yang ditambahkan detail kustomisasi yang Charles beli khusus untuk Camila beberapa minggu sebelum pernikahan mereka di tahun 1981 (seperti yang diceritakan sang mendiang putri dalam rekaman biografinya pada 1992 silam).

Kisah drama kerajaan Inggris yang dihadirkan Netflix mengisahkan pada akhir 1970-an, ketika sang Ratu dan keluarganya sibuk mempertahankan garis takhta kerajaan dengan memilih mempelai perempuan yang pantas bagi Pangeran Charles,dan  saat itu belum menikah pada usia 30 tahun.

Sosok Pangeran Charles dan Camilla kembali diperankan oleh Josh O’Connor dan Emerald Fennell, sedangkan ini akan menjadi penampilan perdana aktris, Emma Corrin memerankan Putri Diana. Ketika Charles bertemu dengan Diana, keluarga kerajaan sangat menyetujui dan keduanya menjalin hubungan hingga enam bulan kemudian, Charles melamar Diana.

Pertemuan pertama Charles dan Diana

Charles pertama kali bertemu Diana pada 1977, ketika ia berusia 16 tahun dan Charles berusia 29 tahun. Sang pangeran tengah menghadiri pesta perburuan sebagai tamu undangan dari saudari tertua Diana, Lady Sarah McCorquodale, yang saat itu menjadi kekasihnya, di Althorp, tepatnya rumah keluarga Spencer.

Tiga tahun kemudian, Charles dan Diana kembali berjumpa dalam pesta barbekyu di akhir pekan yang diadakan oleh teman mereka, Philip de Pass di Sussex.

Ia baru saja putus dari kekasihnya dan rekannya, Louis Mountbatten (yang terbunuh oleh Tentara Republik Irlandia Sementara (IRA) pada 1979) juga meninggal dunia. Saya merasa ada baiknya untuk melihat keadaannya (Charles),” ungkap Diana dalam rekaman wawancaranya untuk Diana: Her True Story – Her Own Words, sebuah biografi tentang sang putri karya Andrew Morton.

“Saya sangat tidak tertarik. Saya duduk di sana dan ia berjalan masuk, lalu saya berpikir, ‘Tampaknya saya cukup tertarik saat ini.’ Saya berbeda saat itu.”

Sedangkan tentang respon Charles ketika melihat Diana, ia menambahkan, “Ia bersama saya terus menerus, mengikuti kemana pun saya berada.”

Menurut beberapa sumber kerajaan, keduanya bertemu sekitar 13 kali sebelum Charles melamar, dan Diana beranjak dari rumah susunnya di Earls Court menuju Clarence House sebagai cara untuk melindunginya dari fotografer yang mengganggu dan kritik media.

Baru-baru ini, Netflix merilis foto-foto terbaru dari The Crown yang menunjukkan pemeran Diana, Emma Corrin, bersama Camilla yang diperankan Emerald saling menyapa dan berpegangan tangan, meski di tengah cinta segitiga yang tidak nyaman, keduanya berhubungan cukup baik saat itu.

Charles dan Diana kerap menjadi tamu di Bolehyde Manor di Wilshire, rumah mewah yang Camilla tempati bersama dengan Andrew Parker Bowles, dan baik Camilla maupun Diana menghadiri Kompetisi Ludlow ketika keduanya menyaksikan Pangeran Wales turut bertanding.

Diana juga menceritakan kepada Andrew Morton bahwa Camilla memberikan Diana pesan di tempat tidurnya, mengajak makan siang bersama. Mereka bertemu, tetapi Diana percaya Camilla menggunakan trik ini untuk mengetahui apakah ia dapat bertemu dengan Charles setelah pernikahannya.

Reaksi Diana tentang gelang tersebut

Charles tengah menjalani tugas kerajaannya ketika Diana bermalam di Clarence House, dan beberapa minggu sebelum pernikahannya, Diana tanpa sengaja menemukan perhiasan dengan nama Camilla terukir, di kantor sekretaris pribadi Charles, Michael Colborne.

Dalam gelang tersebut terukir huruf G dan F – Gladys, panggilan Charles untuk Camilla, dan Fred, panggilan Camilla untuk Charles.

Diana kemudian membagikan detail kekecewaannya atas penemuan tersebut, mengungkapkan dalam rekaman, “Saya masih belum dewasa untuk memahami semua pesan yang datang kepada saya. Kemudian seseorang di kantornya memberitahu saya bahwa suami saya memiliki gelang yang dirancang khusus untuknya (Camilla). Saya masuk ke dalam ruang kerja Michael satu hari dan bertanya apa yang ada di dalam parsel tersebut.”

“Lalu ia mengatakan, Anda seharusnya tidak melihat itu. Kemudian, saya buka dan melihat gelang tersebut. Sebuah gelang emas dengan batu enamel biru dengan ukiran G dan F, ‘Gladys’ dan ‘Fred’ – itu adalah nama panggilan mereka. Saya merasa sangat kecewa dan saya mengatakan, ‘Ia akan memberikan kepada Camilla malam ini.’ Kejadian ini terjadi sekitar dua minggu sebelum kami menikah.”

Diana mengungkapkan bahwa ketika ia mengonfrontasi Charles tentang gelang tersebut, sang pangeran mengabaikan nilai di dalam, mengatakan bahwa itu hanya hadiah perpisahan kepada seorang teman. “Lalu amarah, amarah, amarah,” tambah Diana. “Anda tahu, ‘Mengapa Anda tidak dapat jujur kepada saya?’ Namun tidak, ia (Charles) benar-benar membungkam saya. Rasanya seperti ketika ia membuat sebuah keputusan dan jika itu tidak akan terjadi, hal itu tidak akan terjadi.”

“Ia menemukan seorang perawan, kambing yang menjadi kurban – terasa seperti ia memiliki obsesi terhadap saya, tetapi selalu naik dan turun, panas dan dingin. Anda tidak pernah tahu apa suasana hatinya.”

Penulis biografi kerajaan, Penny Junor mengklaim bahwa Charles merancang khusus perhiasan kepada perempuan-perempuan yang pernah dekat dengannya di masa bujangnya, dan ia memiliki kecenderungan untuk membeli banyak hadiah sebagai ‘ucapan terima kasih’ kepada teman-temannya.

Dalam buku karya Penny, The Duchess: The Untold Story, ia mengatakan, “Michael pernah diminta oleh Charles untuk membelikan hadiah kepada banyak perempuan yang istimewa baginya selama masa lajangnya – seperti Lady Tryon, Lady Sarah Keswick, Lady Cecil Cameron, dan Camilla Parker Bowles."

“Sang Pangeran gemar untuk memberikan hadiah, khususnya perhiasan, sebagai ucapan terima kasih kepada orang dan ia sempat ingin bertemu setiap perempuan tersebut untuk mengucapkan selamat tinggal.”

Penny juga mengungkapkan bahwa Charles tidak memahami bagaimana perasaan Diana, seorang perempuan berusia 19 tahun, tentang dirinya yang memberikan gelang kepada salah satu mantan kekasih yang membuat Diana merasa terganggu.

“Lebih buruk, ia pernah menanyakan Charles apakah ia masih mencintai Camilla dan ia tidak memberikan jawaban yang jelas,” tulis Penny. “Sebuah pertanyaan yang membuatnya semakin dilanda rasa curiga dan cemburu.”

Buku karya Penny juga mengungkapkan bahwa sang pangeran merasa sangat kecewa ketika ia harus menikahi Diana dan bukan Camilla. “Ia menangis semalam sebelum pernikahannya.” Ia juga dikabarkan melihat Camilla ketika ia berjalan ke altar bersama Diana.

Pangeran Charles dan Diana menikah pada 29 Juli 1981 di Katedral St. Paul, London. Sedangkan, Camilla dikabarkan mengenakan gelang pemberian Charles di ruang publik selama bertahun-tahun, meski setelah Charles dan Diana telah menikah.

Musim keempat serial The Crown akan segera tayang di Netflix pada 15 November mendatang.

(Penulis: Naomi Gordon; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)