Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Women Of The Year 2020, Ajang Apresiasi 12 Sosok Wanita Inspiratif Indonesia

12 sosok wanita inspiratif dari berbagai latar belakang dinobatkan sebagai Women Of The Year 2020 oleh majalah Her World Indonesia.

Women Of The Year 2020, Ajang Apresiasi 12 Sosok Wanita Inspiratif Indonesia

Sebagai agenda tahunan yang diselenggarakan oleh majalah Her World Indonesia untuk memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para wanita Indonesia yang telah bekerja keras dan untuk karya mereka yang telah memberikan dampak positif bagi masyarakat, Her World Indonesia kembali menghelat acara Woman of The Year 2020 yang sukses diadakan pada 20 Oktober 2020 melalui kanal YouTube Her World Indonesia. 

Shantica Warman selaku Editor-in-Chief Her World Indonesia turut menyuarakan ucapan terima kasihnya kepada seluruh wanita yang berhasil terpilih menjadi Woman of The Year 2020 atas kerja keras dan pengorbanan mereka walaupun berada di tengah pandemi Covid-19. “Di masa Pandemi ini, passion, kepedulian dan ketangguhan mereka semakin jelas terasa. Mereka melangkah keluar dari comfort zone untuk terjun jadi relawan di garda depan, memimpin tim pengolahan data nasional Covid-19, membangun lingkungan yang lebih sehat, menyembuhkan luka mental dari sekian banyak masyarakat terdampak, hingga mereka yang tetap berkarya dalam seni dan sastra.”

(Foto: Courtesy of Her World Indonesia)

(Foto: Courtesy of Her World Indonesia)

Penyelenggaraan Woman Of The Year oleh Her World Indonesia tahun ini memang terasa lebih spesial karena untuk pertama kalinya dapat dinikmati secara luas oleh publik melalui YouTube premier. Malam penobatan berupa video yang dapat diakses di akun YouTube Her World Indonesia secara gratis ini juga turut didukung oleh sejumlah pihak yang menjadi pendukung utama seperti UOB Indonesia dan Sulwhasoo Indonesia. 

(Foto: Courtesy of Her World Indonesia)
(Foto: Courtesy of Her World Indonesia)

Sosok-sosok yang masuk dalam daftar penerima penghargaan Woman Of the Year 2020 telah teruji tidak membiarkan pandemi Covid-19 membatasi ruang geraknya dalam berkarya dan bersuara. Seperti dr. Debryna Dewi, dokter muda kelahiran Magelang, Jawa Tengah yang menjadi panutan dan inspirasi bagi calon dokter, petugas kesehatan, dan generasi muda Indonesia. Debryna kerap membagikan cerita keseharian di media sosial, dalam menjalankan tugas sebagai relawan di Wisma Atlet dengan tujuan semakin banyak masyarakat yang tahu informasi sebenarnya seputar kondisi Wisma Atlet, dan tidak menyerah untuk menuntaskan tugasnya di garda terdepan.

(Foto: Courtesy of Her World Indonesia)
(Foto: Courtesy of Her World Indonesia)

Selain itu, ada juga sosok inspiratif yang datang dari kalangan selebriti dan yang juga dikenal sebagai panutan di kalangan para seniman Indonesia, Happy Salma. Sumbangsih Happy Salma kepada dunia seni Indonesia memang tak perlu diragukan lagi, berhasil membuat Sandiwara Sastra, sebuah ahli wahana karya sastra, dari buku menjadi tata suara yang ditayangkan lewat podcast dengan judul Budaya Kita, misinya yaitu mengenalkan generasi muda pada karya-karya sastra pujangga Indonesia. Happy sendiri memang telah dikenal dari sebagai pemain sinetron, film dan teater veteran, kemudian ia juga tak jarang duduk sebagai produser teater, menyutradarai serial TV berjudul Masakan Rumah, hingga memiliki butik perhiasan Tulola Jewelry.

(Foto: Courtesy of Her World Indonesia)

(Foto: Courtesy of Her World Indonesia)

Dan kemudian ada juga sosok pendiri label Sukkha Citta, Denica Flesch. Sukkha Citta adalah salah satu industri kerajinan yang kini bekerja dengan hampir 50 pengrajin di empat desa di Jawa. Berhasil memproduksi 80-100 kain dalam sebulan yang dipasarkan ke 20 negara. Di tengah pandemi Covid-19, Sukkha Citta mendapatkan penghargaan World Changing Idea Award 2020 oleh Fast Company pada April 2020. 

Hasil kurasi Her World Indonesia sendiri berhasil memilih 12 sosok dengan latar belakang yang berbeda-beda, yang tentunya tidak pernah berhenti berkarya selama pandemi Covid-19. Berikut adalah daftar pemenang Women Of The Year 2020: 

  • Happy Salma (Seniman, Penggagas Sandiwara Sastra, Co-founder Tulola)
  • dr. Debryna Dewi (Dokter Relawan Wisma Atlet, Influencer, Anggota Tim INASAR, Indonesia Search & Rescue)
  • Dewi Nur Aisyah, SKM, MSc, PhD, DIC (Ahli Epidemiologi & Informatika)
  • Ratri Anindyajati (Aktivis Seni, Penyintas Covid-19)
  • Najelaa Shihab (Founder Sekolah Cikal)
  • Dwi Sasetyaningtyas (CEO Sustaination)
  • Aprishi Allita (Pishi Yoga & Mediatasi)
  • Maurilla Sophianti Imron (Founder & CEO Zerowaste.id_official)
  • Anbita Nadine Siregar, Janice Belinda Widjaja, dan Crystal Widjaja (Founder Generation Girl.id)
  • Denica Flesch (Founder Sukkha Citta)

Dengan dilangsungkannya acara Woman Of the Year 2020, semoga dapat menjadi penyemangat wanita Indonesia untuk terus saling mendukung dan membangun negeri ini. WOTY yang diadakan dari tahun ke tahun ini menjadi sebuah komunitas perempuan inspiratif yang dapat memberdayakan sesama, memperbaiki lingkungan dan menginspirasi lebih banyak lagi perempuan di seluruh Indonesia. 

(Foto: Courtesy of Her World Indonesia)