Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Selamat Ulang Tahun Ke-40 Tahun, Kim Kardashian: 40 Momen Yang Membentuk Sang Bintang Hingga Kini

Rayakan kehidupan Kim Kardashian melalui momen-momen penting dalam hidup dan kariernya hingga saat ini.

Selamat Ulang Tahun Ke-40 Tahun, Kim Kardashian: 40 Momen Yang Membentuk Sang Bintang Hingga Kini

Kim Kardashian West telah menimbulkan berbagai kontroversi dari tahun ke tahun, tetapi keberadaannya sebagai salah satu ikon budaya tidak dapat diabaikan. Bintang reality show dan pebisnis ini merayakan pergantian usia yang kini menginjak 40 tahun, kami mengurutkan momen-momen penting dalam hidup dan karier selama ini:

1.  Perannya sebagai penata busana dan sahabat dari Paris Hilton

Kim Kardashian pertama kali dikenal dalam dunia selebriti ketika menjadi penata lemari pakaian sosialita Paris Hilton, yang bertanggung jawab menata seluruh pakaian Paris dan menjualkan barang-barang yang tidak lagi diinginkan putri Hilton tersebut. Melalui pekerjaanya, Kim kerap terlihat bersama dengan Paris dalam beberap foto pada awal 2000an ketika keduanya mulai berteman. “Ia benar-benar memberikan saya karier,” ungkap Kim tentang Paris dalam episode terbaru dari Keeping Up With The Kardashians.

2. Bisnis pertamanya

Meski kini ia telah menjadi salah satu pengusaha dengan berbagai aset, kehadiran Kim dalam dunia bisnis dimulai pada 2006 silam ketika ia meluncurkan sebuah butik bernama Dash di Calabasas, California bersama dengan kedua saudara perempuannya, Kourtney dan Khloe. Ketika bisnisnya sempat mengalami kendala pada awal pembukaan, mereka kemudian meraih sukses dan berhasil membuka beberapa toko di kawasan Hollywood. Namun, Kardashian bersaudara resmi menutup toko Dash terakhir mereka pada 2018 silam.

3. Kali pertama bagi Kim untuk menduduki kursi barisan pertama di Fashion Week

Kini ia telah menjadi undangan tetap yang menduduki dereta pertama dalam Fashion Week, Kim pertama kali menempati kursi terdepan ketika menghadiri peragaan busana Pegal pada 2007 bersama sang kakak, Khloe.

4. Pertama kali ia berfoto bersama Kanye West

Kim pertama kali bertemu (sekarang suaminya) Kanye West pada 2003, tetapi keduanya berfoto bersama dalam acara pembukaan sebuah brand fashion, Intermix pada September 2007. Nama rapper tersebut diawali dengan huruf K, tentu itu sudah takdir.

5. Peluncuran KUWTK

Fenomena dalam industri hiburan yaitu Keeping Up With The Kardashians dimulai pada 2007. Dengan ketenaran Kim dan kedua saudarinya semakin meningkat sebagai sosialitas Los Angeles, produser Ryan Seacrest mendapatkan sebuah ide untuk membuat sebuah acara yang mengisahkan kehidupan keluarga tersebut, inspirasi dari The Osbournes. Suatu hari, Ryan mengirimkan kru kamera ke rumah keluarga Kardashian untuk merekam mereka tengah bersantap malam bersama, E! menyiarkan rekaman tersebut dan lahirlah reality show yang turut membesarkan namanya.

6. Penampilan akting pertamanya dalam film

Mungkin banyak orang yang tidak tahu bahwa Kim memulai aktingnya dalam film parodi Disaster Movie. Dalam film tersebut, ia berperan sebagai siswi SMA dan juga seorang pemandu sorak, Lisa Taylor yang terbunuh ketika ia ditabrak komet. Kim kemudian mengatakan adegan yang sangat menakutkan dalam penampilannya di Big Fan. Setelah peran tersebut, Kim memilih untuk tidak kembali ke layar lebar.

7. PETA mengkritisi kecenderungannya memakai bulu

Pada 2017, organisasi PETA menyebutkan Kim sebagai salah satu dari lima orang atau organisasi tersebut berkaitan dengan keselamatan hewan-hewan liar. Terlepas dari kontroversi yang ada, sang bintang terus menggunakan busana yang terbuat dari bulu hewan asli selama bertahun-tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan bulu palsu pada Mei 2018. Ia sempat mengungkapkan kepada pengikutnya di Snapchat, “Jubah ini terbuat dari bulu palsu. Ini adalah hal baru dari saya, faux.” Beberapa bulan sebelumnya, aktivis hak hidup hewan, Pamela Anderson mengirimkan Kim jubah faux mink yang didesain khusus oleh pabrik dari Rusia, Only Me beserta surat yang meminta sang bintang untuk tidak mengenakan bulu untuk tahun baru.

8. Figur lilin Madame Tussauds pertamanya

Mengikuti popularitasnya yang semakin meningkat sebagai bintang KUWTK, pada 1 Juli 2010, Madame Tussauds Kota New York meluncurkan patung lilin Kim Kardashian. Kim telah diberikan banyak patung lilin sebagai bentuk apresiasi sepanjang tahun, tetapi patung pertama ini menandakan diri sebagai salah satu perempuan paling terkenal saat itu.

9. Ketika Kim pertama kali menghadiri acara fashion

Pada November 2010, Kim menghadiri malam penghargaan CFDA Fashion Awards bersama desainer, Zac Posen. Beberapa tahun kemudian, Kim mengatakan bahwa Zac adalah desainer pertama yang percaya padanya. “Ia adalah desainer pertama yang percaya pada saya ketika tidak ada yang percaya,” ungkapnya. “Ia mengundang saya ke CFDA Awards dan saya ingat ketika dia mengatakan, “Kim, saya melihat Anda kenakan gaun ini, bisakah Anda percaya pada saya?” Ia ingin saya mengungkapkan makeup yang minimal. Saya merasa tidak nyaman, dan tentu hadir dengan tata rias penuh.”

10.  Pernikahannya dengan Kris Humphries (yang bertahan selama 72 hari)

Kim mulai berkencan dengan pemain NBA Kris Humphries pada Oktober 2010 dan keduanya bertunangan pada Mei 2011. Pernikahan mereka dilaksanakan pada 20 Agustus pada tahun yang sama dengan kehadiran media, tetapi berakhir setelah 72 hari dengan keduanya merasa tidak cocok. Kim kemudian menuntut mantan publisisnya, Jonathan Jaxson, yang mengklaim pernikahan tersebut hanya untuk keperluan publisitas.

11.  Ia membagikan hubungannya dengan Kanye West ke publik


Kim mulai menjalin hubungan dengan teman lamanya, Kanye West pada April 2012, ketika dirinya, secara hukum, masih menikah dengan Kris Humphries. Keduanya pertama tertangkap kamera bersama ketika sedang berbelanja di New York. Anda dapat melihat Kanye di belakang Kim.

12. Met Gala pertamanya (dan juga gaun Givenchy-nya)

Kim pertama kali menghadiri undangan ke Met Gala pada 2013, ketika ia tengah mengandung, hadir bersama dengan kekasihnya. Dalam balutan gaun floral dirancang khusus oleh Givenchy lengkap dengan sarung tangan yang sama, penampilan Kim langsung menjadi meme dan bahkan Robin William sempat mencemooh penampilannya dengan membandingkan dirinya dengan karakter dalam film Mrs Doubtfire. Meski Kim mengaku dirinya terus menangis ketika kembali pulang ke rumah setelah melihat meme tersebut, penampilan dalam perhelatan eksklusif tersebut menjadi perkenalan perdananya dalam industri high fashion.

13.  Nama North West

Sebagai salah satu pasangan selebriti terkenal saat ini, semua mata tertuju kepada anak pertama dari Kanye dan Kim – terlebih nama sang putri. Ketika menghadiri The Tonight Show With Jay Leno pada 2013, Kim sempat menepis rumor bahwa dirinya akan menamaik putrinya North. Namun, ia kemudian menjelaskan alasan dirinya berubah pikiran dan memilih nama tersebut empat hingga lima hari kemudian. “Saya merasa, tidak mungkin saya memberikan nama putri saya,” ungkapnya kepada sang adik, Kylie Jenner dalam salah satu tutorial makeup di kanal YouTube. “Semua orang mengatakan kepada saya bahwa nama tersebut adalah nama yang bagus dan saya mungkin dapat mempertimbangkan nama tersebut.” North West lahir pada 15 Juni 2013.

14.  Pernikahannya dengan Kanye West

Kim dan Kanye mengikat janji pernikahan pada 24 Mei 2014 dalam sebuah upacara pernikahan mewah di Forte di Belveder, Florence, Italia. Sang mempelai putri mengenakan gaun dari Givenchy yang dirancang khusus oleh Riccardo Tisci, ketika keduanya mengucapkan janji suci di hadapan 200 orang keluarga dan sahabat mereka.

Pernikahan tersebut diikuti dengan perayaan dan pesta sebelum pernikahan di Paris, termasuk makan malam mewah di Palace of Versailles. Pernikahan pasangan ini diperkirakan menghabiskan lebih dari sembilan juta Poundsterling atau setara dengan 173 miliar rupiah.

15.  Foto (yang dulu) menjadi foto yang paling banyak disukai di Instagram

Penggemar tidak sabar menantikan foto pernikahan Kim dan Kanye menghiasi media sosial mereka, dan hanya membutuhkan satu unggahan dari akun Instagram Kim – untuk memecahkan rekor foto yang paling banyak disukai dalam media sosial tersebut. Foto yang berhasil mendapatkan 1,9 juta likes menjadi batu penanda kekuatan pengaruh sang bintang dalam media sosial – sebuah platform yang ia gunakan untuk berbagi momen dengan penggemar. Foto pernikahan tersebut berhasil dilampaui oleh unggahan Kendall Jenner yang berhasil meraih 2,5 juta likes.

16.  Sebuah sampul majalah yang gemparkan internet

Suatu pagi di musim dingin pada akhir 2014, penggemar bangun dengan foto sampul Kim terbaru dalam sebuah majalah. Dalam foto yang diambil oleh Jean-Paul Goude, Kim mengenakan kalung mutiara dan sarung tangan hitam berbahan satin, ketika tubuhnya tampak berkilau tanpa busana selagi memegang gaun sequin. Foto tersebut bertuliskan, Break the Internet – dan hal tersebut benar-benar terjadi ketika laman resmi majalah tersebut menerima akses sebanyak 15,9 juta dalam satu hari dibandingkan 25 ribu di hari-hari biasa.

17.  Momennya dengan rambut pirang

Kim juga mengisi halaman utama pada Maret 2015 ketika ia tampil dengan rambut berwarna platinum blonde untuk peragaan busana Balmain di Paris Fashion Week. Penampilan terbaru dari Kim – yang memiliki rambut cokelat merah khasnya – merupakan kreasi dari colorist Lorri Goddard dan penata rambut Gregory Russell. Ia keluar dengan warna rambut barunya setelah mengunggah perubahannya di Instagram dengan caption “one try”.

18.  Peluncuran Selfish

Pada Mei 2015, Kim meluncurkan buku Selfish (deklarasi statusnya sebagai Ratu Selfie) – berisi 325 foto koleksi swafotonya.

19.  Kelahiran Saint West

Ketika keluarga West mengumumkan bahwa mereka menantikan anak keduanya – seorang laki-laki – nama sang bayi kembali menjadi spekulasi. Rumor beredar bahwa keduanya akan menggunakan ‘nama-nama arah’ sebagai nama anak mereka, dengan nama Easton dan South menjadi dua kandidat teratas.

Selama kehamilannya, Kim mengalami pre-eclampsia, diikuti dengan placenta accrete setelah melahirkan. Pada 5 Desember 2015, keluarga ini menyambut kelahiran putra mereka dan mengonfirmasi bahwa mereka menamainya, Saint West yang berarti ‘suci’ menggambarkan perjuangan Kim selama mengandung. Para dokter menyarankan Kim untuk berpikir dua kali jika menginginkan anak lagi. 

20.  Pertikaiannya dengan Amber Rose

Bulan demi bulan pertikaian antara keluarga Kardashian dengan mantan kekasih Kanye West, Amber Rose menjadi berita besar ketika Kanye sempat bertikai dengan kekasih Amber saat itu, Wiz Khalifa. Tidak lama kemudian, Kim mengunggah foto Amber ke akun Instagramnya dengan tulisan, “Tea anyone?”, membingungkan banyak orang tentang kejadian ini.

21.  Swafotonya tanpa busana yang gemparkan dunia maya

Pada Maret 2016, Kim kembali menggemparkan dunia maya selama enam bulan ketika ia mengunggah foto dirinya benar-benar tanpa busana. Foto tersebut – yang juga memperlihatkan dua kota hitam untuk menutupi bagian-bagian intimnya – menimbulkan kontroversi, dengan selebriti seperti Bette Midler, Piers Morgan, dan Chloe Moretz mengkritik unggahan tersebut. Sedangkan, banyak selebriti – termasuk Emily Ratajkowski dan Bella Thorne – mulai membicarakan tentang hak perempuan terhadap tubuh mereka dan reaksi masyarakat terkait hal tersebut.

22.  Sampul majalah Forbes

Pada bulan Juni 2016, Kim menghiasi sampul majalah Forbes ketika diungkapkan bahwa sang bintang berhasil meraih $45 juta Dolar Amerika Serikat (atau setara dengan 661 miliar rupiah) atas gim ponselnya, Kim Kardashian: Hollywood yang diluncurkan pada 2014. Kesuksesan bisnis Kim tidak lagi mungkin untuk diabaikan.

23.  Ketika Kim mengkritik Taylor Swift secara publik

Kim hadir untuk membela sang suami pada Juli 2016 setelah Taylor Swift mengeluarkan pernyataan melalui publisisnya bahwa ia tidak pernah memberi izin kepada sang rapper untuk mengatakan bahwa dirinya dan Taylor pernah berhubungan intim, dan ia yang membuat Taylor terkenal dalam lagunya Famous. Tidak lama kemudian, Kim mengunggah potongan rekaman telepon melalui Snapchat yang mendukung pernyataan pasangan tersebut. Emoji ular kemudian meramaikan media sosial dengan Taylor sebagai musuh nomor satu.

24.  Kembar dengan North West

Dalam salah satu momen fashion Kim yang viral, sang bintang dan putrinya yang saat itu berusia tiga tahun berada di New York dalam balutan gaun sequin perak yang sama. Penampilan yang sama dari pasangan ibu dan anak ini berhasil meramaikan jagat maya.

25.  Pencurian di Paris

Tepat di tanggal 2 Oktober 2016, Kim mengalami perampokan dengan pistol dalam apartemennya ketika ia berada di apartemen saat menghadiri Paris Fashion Week. Lima pencuri masuk ke dalam bangunan dan mengaku bahwa mereka ada polisi serta menyekap sang bintang di kamar mandi sebelum mencuri perhiasan senilai 10 juta Dolar Amerika Serikat (atau setara 146 miliar rupiah).

26.  Ketika ia rehat dari media sosial selama tiga bulan

Setelah penculikan yang dialami, Kim memutuskan rehat dari semua media sosialnya selama tiga bulan – sebuah keputusan besar bagi seseorang yang menjalani kariernya dengan media sosial. Kim kembali pada 3 Januari 2017, mengunggah foto keluarganya dengan tulisan “Keluarga”, dan para penggemar berbahagia atas kehadirannya kembali.

27.  Peluncuran KKW Beauty dan KKW Fragrance

Pada 2017, Kim mendapatkan bisnis kecantikan dalam daftar prestasinya dengan meluncurkan label KKW Beauty dan KKW Fragrance. Peluncuran dua bisnis ini menempatkan dirinya dalam persaingan dengan sang adik tiri, Kylie Jenner – yang memiliki label Kylie Cosmetics yang sukses sejak diluncurkan pada 2015. Kedua brand sempat berkolaborasi dalam beberapa produk hingga hari ini.

28.  Momen Cher ikonisnya

Kim memenangkan Halloween pada Oktober 2017 silam ketika ia mengenakan kostum seperti idoalnya, Cher. Sang bintang sempat mengungkapkan kepada Harper’s Bazaar Arabia tentang bintang pop era 1980an, “Saya selalu menjadikan perempuan Armenia sebagai panutan. Cher adalah ikon fashion saya. Ia selalu memiliki gaya busana yang keren, saya terobsesi dengannya.”

29.  Ikon fashion bonafide

Pada 2017, Kim meraih gelar ikon fashion bonafide. Seorang yang selalu menempati barisan pertama selama Fashion Week, serta menjalin hubungan dekat dengan nama-nama besar dalam industri mode – mulai dari Riccardo Tisci hingga Olivier Rousteing – yang berlomba-lomba untuk mengenakan karya mereka ke tubuhnya, Kim telah berkembang jauh dari masa awal kariernya. Kini, gaya busananya – terinspirasi dari penampilan berwarna kulit khasnya serta menunjukkan lekukan tubuhnya – banyak menginspirasi.

30.  Kelahiran Chicago West

Kim dan Kanye menyambut kelahiran anak ketiganya, Chicago West pada 15 Januari 2018. Chicago adalah anak pertama Kim yang lahir dari seorang ibu pengganti setelah mengikuti saran dokternya karena kesulitan yang ia alami selama mengandung.

31.  Ketika ia membuat botol parfum dari cetakan tubuhnya

Pada April 2018, Kim mengungkapkan botol parfum terbaru dari KKW Body yang tampak sangat familier. Kemudian, ia mengatakan melalui Instagram, “Kami mencetak tubuh saya dan membuatnya menjadi botol parfum.” Tentu.

32.  Ketika ia mempromosikan produk untuk kurangi nafsu makan

Pada Mei 2018, Kim menuai kritik dari penggemar ketika ia mengunggah iklan yang mempromosikan lolipop penekan nafsu makan milik Flat Tummy Co. “Semuanya … @flattummyco baru saja meluncurkan produk terbaru. Appetite Suppressant Lollipops mereka sangat luar biasa,” tulisnya dalam unggahan tersebut. Kim kemudian mengunggah kembali foto tersebut tanpa caption tersebut setelah dihapus dari Instagram. Jameela Jamil menyebut Kim memberikan pengaruh yang sangat buruk kepada perempuan-perempuan muda.

33.  Ketika ia mengumumkan bahwa dirinya sedang belajar menjadi seorang pengacara

Mengikuti jejak mendiang snag ayah, Robert Kardashian, Kim mengungkapkan kepada penggemar bahwa dirinya sedang menempuh studi menjadi seorang pengacara pada April 2019. Sang bintang mengatakan bahwa dirinya sedang menempuh studi selama empat tahun dengan California State Bar – yang membuat beberapa kritik memintanya untuk tidak melakukan hal tersebut. Kim kemudian merespon, “Saya ingin orang-orang paham bahwa tidak ada yang dapat membatasi diri Anda dalam mewujudkan mimpi. Anda dapat membuat jalur Anda sendiri, seperti yang saya lakukan. State bar tidak peduli siapa Anda.”

34.  Busana yang berhasil masuk berita teratas

Kim telah menjadi veteran di Met Gala ketika menghadirinya kembali pada 2019. Jauh dari meme yang muncul, gaun yang memeluk tubuhnya rancangan Mugler (desain pertama Manfred Thierry Mugler dalam 20 tahun), adalah salah satu penampilan yang banyak diperbincangkan – tentunya dalam catatan positif. Sebuah contoh yang baik tentang kemampuan Kim menempati berita teratas dari penampilannya.

35.  Peluncuran Skims (sebelumnya Kimono)

Kim meluncurkan brand shapewearnya Skims pada Mei 2019. Sang pebisnis sempat memberi nama Kimono tetapi kemudian dikritik sebagai pelanggaran kebudayaan, dengan walikota Kyoto, Daisaku Kadokawa menuliskan surat terbuka meminta Kim untuk mengganti namanya. Ia pun melakukan demikian dan memilih nama Skims.

36.  Kelahiran Psalm West

Keluarga West kembali merayakan kelahiran anak keempat mereka, Psalm West pada Mei 2019. Kim kemudian mengungkapkan bahwa mereka hampir menamai sang bayi Ye, nama panggilan Kanye, tetapi memilih Psalm pada akhirnya.

37.  Ketika ia memperjuangkan keadilan bagi tindakan kriminal

Kim melakukan lobi dengan Presiden Donald Trump untuk memberikan pengampuan bagi Alice Marie Johnson pada 2018 silam. Alice Marie – yang saat itu berusia 63 tahun – harus mendekam di jeruji besi seumur hidup atas tindakan kriminal tanpa kekerasan dan narkoba tanpa ada kemungkinan bebas. Lobi Kim berhasil dan Alice Marie dikurangi masa tahanannya hingga Juni 2018. Sejak itu, ia terus memperjuangkan keadilan bagi pelaku kriminal dengan baru-baru ini berbicara di Gedung Putih pada Juni 2019.

38.  Ketika ia meminta perhatian terkait isu mental yang dialami Kanye

Kim berbicara tentang gangguan bipolar yang dialami sang suami, Kanye untuk pertama kalinya pada Juli 2020, meminta perhatian terkait gangguan mental yang dialami. Permintaannya diunggah setelah Kanye mengungkapkan bahwa keduanya sempat mempertimbangkan aborsi ketika ia pertama kali mendeklarasikan diri sebagai calon presiden di Carolina Selatan pada bulan yang sama. Kim mengungkapkan bahwa perkataan suaminya terkadang tidak sejalan dengan intensinya. Ia juga menambahkan bahwa kondisi ini tidak menghentikan mimpi-mimpi atau ide kreatifnya, baik besar maupun kecil bagi sebagian orang.”

39.  Pengumuman akhir dari KUWTK

Kejutkan penggemar di seluruh dunia, keluarga Kardashian umumkan pada September 2020 bahwa reality show mereka yang sudah berjalan selama ini akan berakhir pada 2021 setelah musim ke-20. “Dengan berat hati, kami memutuskan sebagai keluarga untuk berpisah dari Keeping Up with the Kardashians,” tulis Kim. “Setelah hampir 14 tahun, 20 musim, ratusan episode, dan banyak spin-off, kami sangat berterima kasih kepada Anda semua yang telah menyaksikan kami selama ini.”

40.  Kecerdasannya dalam pemasaran

Pada Oktober 2020, Kim membuktikan kecerdasan dalam bidang pemasaran setelah ia menghabiskan waktu bersama dengan sahabatnya, Paris Hilton untuk mempromosikan koleksi terbaru dari Skims. Tampil dengan nuansa sosialitanya di era 2000an, kedua perempuan mengenakan velour dengan kacamata hitam dan tas tangan desainer yang berhasil membuat penggemar bernostalgia.

(Penulis: Ciara Sheppard; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)