Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

13 Pilihan Hotel Terbaik di Pulau Jawa yang Bisa Anda Coba Saat Road Trip

Mulai dari Bandung, Yogyakarta, hingga Malang dan Banyuwangi. Apakah Anda pernah menginap di salah satunya?

13 Pilihan Hotel Terbaik di Pulau Jawa yang Bisa Anda Coba Saat Road Trip
(Foto Courtesy of Instagram @theshalimarhotel.id)

Musim liburan sebentar lagi akan tiba, namun sayangnya kondisi akibat pandemi masih belum dapat diprediksi. Kerinduan untuk berlibur terkadang harus membuat kita berpikir dua kali, terutama jika harus menggunakan alat transportasi publik yang membutuhkan sejumlah syarat khusus dan pertimbangan kebersihan lainnya.

Road trip atau bepergian ke luar kota dengan mengendarai mobil belakangan ini muncul sebagai tren dan solusi liburan karena dinilai lebih cocok dan aman. Selain karena menggunakan moda transportasi pribadi, road trip memungkinkan kita untuk mengontrol perjalanan sendiri dan mengatur perlengkapan apa saja yang diperlukan.

Keluar dari Jakarta, dimulai dari Bandung hingga menuju arah ujung timur Pulau Jawa, Anda akan melewati sejumlah kota-kota besar yang dapat disinggahi sejenak atau bahkan menjadi tujuan berlibur Anda. Dan inilah 13 hotel yang bisa menjadi pilihan selama Anda berkendara di sepanjang Pulau Jawa.

1. Padma Hotel Bandung

Jl. Ranca Bentang 56-58 Ciumbuleuit, Bandung 40142, Indonesia

Rate mulai dari 1.100.000 rupiah hingga 4.250.000 rupiah per malam


Berdiri di lereng bukit Ciumbuleuit dengan pepohonan yang masih tampak rimbun, Padma Hotel Bandung menawarkan fasilitas menginap yang mewah ditemani pemandangan alam yang menyejukkan mata. Namun bagi Anda yang ingin berjalan-jalan di Kota Kembang, tak perlu khawatir sebab Anda hanya perlu waktu beberapa menit untuk mencapai pusat kotanya.

Terdiri dari enam tipe kamar, hotel ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat ketika Anda berencana untuk staycation bersama keluarga. Sebagai penginapan yang kids friendly, Padma Hotel Bandung menawarkan beragam aktivitas mulai dari flying fox, mini golf, bird park, dan hobbit house. Restorannya pun menawarkan suasana bersantap tematis, salah satunya adalah Kampung Padma yang menawarkan hidangan dan nuansa khas Sunda.

2. InterContinental Bandung Dago Pakar

Jl. Resor Dago Pakar Raya 2B , Resor Dago Pakar, Bandung

Rate mulai dari 1.200.000 rupiah hingga 3.600.000 rupiah per malam


Selain untuk tujuan bisnis, InterContinental Bandung Dago Pakar juga bisa menjadi opsi untuk bermalam ketika Anda berlibur di ibu kota Jawa Barat. Dari hotel bintang lima ini Anda bisa menyambangi destinasi-destinasi menarik di sekitar Bandung seperti Tebing Keraton yang hanya perlu menempuh waktu 15 menit dan sekitar satu jam menuju Tangkuban Perahu.

Lokasinya juga sempurna bagi Anda pencinta olah raga golf, sebab InterContinental Bandung Dago Pakar hanya berjarak sekitar dua menit menuju Mountain View Golf Course.


3. Hotel Tentrem Semarang

Jl. Gajah Mada No. 123, Semarang, Jawa Tengah 50134


Ya, selain di Yogyakarta, Hotel Tentrem juga menyambut pengunjung yang ingin singgah di kota Semarang. Lokasinya sangat strategis di dekat pusat kota, sehingga memudahkan Anda untuk bepergian di ibu kota Jawa Tengah tersebut.


Memiliki 211 guest room dan 23 suite bergaya elegan, penginapan bintang lima tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya seperti lima ruang bersantap dan Gaharu Spa untuk melepaskan kepenatan dari padatnya aktivitas di kota. Belum lama ini Hotel Tentrem juga menambah teknologi Ultra Violet C di sistem pendingin udaranya demi meningkatkan kebersihan dan kesehatan tamu di masa pandemi ini, sehingga dapat dipastikan Anda benar-benar tenteram saat bermalam di sana.

4. The Phoenix Hotel Yogyakarta

Jl. Jenderal Sudirman 9, Yogyakarta, Jawa Tengah 55233

Rate mulai dari 700.000 rupiah hingga 1.900.000 ribu rupiah per malam

Siapa bilang kemewahan selalu identik dengan suasana yang modern? Hotel Phoenix Yogyakarta adalah salah satu buktinya. Penginapan yang berada di bawah naungan MGallery Hotel Collection milik Accor ini masih mempertahankan suasana klasik era kolonial namun tetap elegan di setiap sudut ruangannya yang mengisi bangunan perpaduan dari budaya Tiongkok dan Jawa. Terdiri dari tiga lantai dan 144 kamar, hotel butik bersejarah berusia 102 tahun tersebut juga merupakan salah satu cagar budaya nasional. Selain itu, lokasinya di jantung kota memberi kemudahan untuk menjangkau berbagai tempat di Yogyakarta terutama bagi para traveller.

5. Amanjiwo

Ds. Majaksingi, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Rate mulai dari 11.000.000 rupiah hingga 49.000.000 rupiah per malam


Di sinilah Anda akan menemukan perpaduan dari harmoni suara alam, suntikan kemewahan, serta budaya Jawa yang sungguh terasa. Bukan hanya itu, keistimewaan lainnya adalah Anda bisa menikmati pemandangan asri sekitarnya dan melihat stupa Candi Borobudur dari tempat Anda bermalam di suite tertentu. Berlokasi di Bukit Menoreh, resor yang terdiri dari 36 suite ini cocok bagi Anda yang mencari privasi dan ketenangan saat berlibur.


Selain aktivitas wellness, pengalaman menginap Anda pun akan dilengkapi dengan serangkaian kegiatan menarik seperti menikmati sarapan di tepi Sungai Progo, bersantap sembari menyaksikan pertunjukan Ramayana, hingga menikmati indahnya pemandangan matahari terbit dengan latar Candi Borobudur yang bersejarah.

6. Plataran Borobudur Resort and Spa

Dusun Tanjungan, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Rate mulai dari 2.588.000 rupiah hingga 6.660.000 rupiah per malam.


Pilihan untuk staycation dengan latar Candi Borobudur lainnya adalah Plataran Borobudur Resort and Spa. Berbeda dengan Plataran Heritage Borobudur Hotel and Convention Center yang menawarkan suasana kolonial dan kamar-kamar luks, resor yang satu ini menyediakan penginapan yang terdiri dari tujuh tipe villa dengan keunggulan fasilitas berupa private pool dan spa untuk tipe tertentu.

Sejumlah kegiatan ditawarkan untuk menambah kesan Anda selama menghabiskan malam di sana. Tamu dapat mengikuti aktivitas mulai dari membatik, menikmati sunrise di Punthuk Setumbu, menjelajah desa-desa sekitar, bermain gamelan, hingga kelas menari.

7. Plataran Bromo Resort and Venue

Ngadiwono, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur.

Rate mulai dari 2.800.000 rupiah hingga 7.000.000 rupiah per malam.


Berjalan menuju Jawa Timur, properti Plataran lainnya yang bisa Anda temui adalah Plataran Bromo Resort and Venue. Sesuai dengan namanya, resor ini bertempat tak jauh dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (sekitar 20 menit berkendara) dengan suguhan pemandangan alam yang apik. Oleh karenanya, Plataran Bromo dapat menjadi pilihan cocok bagi Anda yang ingin mengeksplorasi seluk beluk gunung yang melegenda tersebut sembari menikmati fasilitas kelas atas.


Usai trekking, Plataran Bromo menawarkan fasilitas Padma Spa untuk relaksasi. Hangatkan tubuh Anda dengan menyantap hidangan dari empat restoran yang masing-masing menawarkan pengalaman berbeda, yaitu Mahameru Lounge & Bar untuk menikmati cocktail serta light snack dengan pemandangan bukit Plataran, Kinandari Lounge & Bar yang cocok untuk menyaksikan sunset, Syailendra Venue & Dining dengan yang elegan, serta Teras Bromo yang populer.

8. Djoglo Luxury Bungalow

Jl. Greenwood Golf Mansion, Kota Araya, Malang

Rate mulai dari 1.900.000 rupiah hingga 4.000.000 rupiah per malam


Djoglo Luxury Bungalow lahir dari konsep bangunan tradisional Jawa (joglo) dengan sentuhan gaya yang modern untuk menikmati hangatnya kebersamaan dengan keluarga. Total terdapat 10 bungalow di dalam komplek perumahan elit yang terdiri satu President Bungalow dengan fasilitas golf view, private pool, dan jacuzzi, tiga Golf View Bungalow yang mengarah ke lapangan golf, dan enam Garden View Bungalow yang menghadap taman dan kolam. Uniknya, di setiap penginapan tersebut semua menggunakan dinding kaca. Pada bagian depan, Djati Lounge siap menyambut Anda yang ingin menginap di sana sekaligus berfungsi sebagai ruang bersantap dengan pemandangan yang tak kalah cantik.

9. The Shalimar Boutique Hotel Malang

Jl. Cerme No. 16, Malang, Jawa Timur.

Rate mulai dari 1.200.000 rupiah hingga 2.750.000 rupiah per malam.


Bukan hanya Yogyakarta, Malang juga memiliki hotel bergaya lawas yang tak kalah cantik. The Shalimar Boutique Hotel yang memadukan unsur Eropa ini menyimpan sejarahnya sendiri. Berdiri sejak tahun 1933, bangunannya pernah digunakan sebagai tempat berpesta orang Belanda hingga menjadi tempat Radio Republik Indonesia (RRI) Malang mengudara di tahun 1964 sebelum akhirnya dialih fungsikan sebagai penginapan.

Hotel bintang lima yang tetap mempertahankan arsitektur klasiknya ini berisi 44 kamar yang terbagi dalam lima tipe. Fasilitas lainnya yang melengkapi adalah kolam renang outdoor, perpustakaan, fitness center, Taman Aroem Spa, dan Soga Boutique.

10. Hotel Tugu Malang

Jl. Tugu 3, Malang, Jawa Timur.

Rate mulai dari 1.000.000 rupiah hingga 12.000.000 rupiah per malam.


Singgah di Kota Pendidikan rasanya kurang lengkap tanpa menyebut hotel legendaris yang satu ini. Sebagai properti pertama grup Tugu Hotels, Anda dapat melihat kekayaan budaya Jawa yang berpadu dengan Babah Peranakan di sini lewat desain dan ornamen-ornamen antiknya.


Hotel Tugu Malang memiliki 49 kamar dan suite, terbagi dalam delapan tipe yang masing-masing memiliki cerita dan gayanya sendiri. Beberapa dibuat sebagai tribut bagi seniman dan pahlawan Indonesia. Apsara Residence misalnya. Kamar ini terinspirasi dari legenda seorang Apsara dari Nirwana yang diturunkan oleh Dewa sebagai jawaban doa dari seorang pangeran tampan. Contoh lain adalah Babah Suite yang menggambarkan bagaimana kehidupan peranakan di Malang sekitar tahun 1850-an. Sementara Raden Saleh Suite merupakan bentuk penghargaan untuk seniman kondang Indonesia ini.

Meski terletak tak jauh dari jantung kota Malang yang cukup ramai, Hotel Tugu Malang juga menawarkan sejumlah experience yang boleh Anda coba. Di antaranya adalah menjelajah candi-candi dan keindahan alam kota Malang, Djamoe Class, menikmati Apsara Spa, hingga berpelesir ke Gunung Bromo.

11. Hotel Majapahit Surabaya

Jl. Tunjungan 65, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur.


Akomodasi yang dahulu dikenal dengan nama Hotel Oranje ini menjadi salah satu ikon Kota Pahlawan sekaligus salah satu hotel tertua di Indonesia. Dibangun pada tahun 1910-an, Hotel Majapahit telah melalui beberapa kali pergantian nama dan menjadi saksi sejarah ketika para pemuda Surabaya menyobek kain biru bendera Belanda pada tahun 1945. Kendati demikian, bentuk bangunan rancangan Regent Alfred John Bidwell yang memadukan gaya Art Nouveau dan Art Deco tersebut masih dipertahankan hingga saat ini. Tak heran bila properti MGallery milik Accor ini masuk menjadi salah satu cagar budaya Indonesia.


Hotel Majapahit memiliki 143 kamar dan suite yang terbagi menjadi empat tipe dengan interior klasik dan elegan. Hotel butik bintang lima ini pun lokasinya cukup strategis, sangat dekat dengan pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza. 

11. JW Marriott Hotel Surabaya

Jl. Embong Malang 85-89, Surabaya, Jawa Timur.

Rate mulai dari 1.180.000 rupiah hingga 35.000.000 rupiah per malam.


Salah satu properti bintang lima terbaik yang kerap muncul sebagai opsi ketika berkunjung ke Surabaya ialah JW Marriott Hotel. Berada di pusat bisnis ibu kota, hotel ini menawarkan akomodasi termasuk 145 twin bedroom dan 23 apartemen bagi Anda yang ingin menginap dalam waktu yang lebih lama.

Enam ruang bersantapnya siap menyambut Anda untuk mencicipi variasi hidangan lokal, Asia, hingga Barat. Beberapa di antaranya adalah Tang Palace Chinese Restaurant, Lobby Lounge, Pavilion Restaurant, dan Imari Japanese Restaurant.

13. Dialoog Banyuwangi

Jl. Yos Sudarso, Klatak, Banyuwangi 68241.

Rate mulai dari 1.700.000 – 2.700.000 per malam.


Mencapai ke ujung Jawa Timur, tepatnya di Banyuwangi, atmosfer leisure kombinasi dari alam tropis dan hamparan laut biru ala Bali sungguh terasa di Dialoog Banyuwangi. Hotel yang dibuka sejak tahun 2018 ini dilengkapi dengan 116 kamar, 32 Ocean Deluxe Room dan 24 suite di antaranya akan memanjakan mata dengan pemandangan lautan.

Mencapai Banyuwangi rasanya tak lengkap bila tidak menjajal mendaki Gunung Ijen dan kabar baiknya Dialoog Banyuwangi pun menyediakan fasilitas tersebut. Selain itu, sejumlah experience yang sayang untuk dilewatkan di antaranya adalah safari menggunakan jeep ke Taman Nasional Baluran, berkendara ke Alas Purwo, snorkeling di Pulau Menjangan, dan kelas membatik Gajah Oling.

Foto courtersy of Instagram @padmabandung, @intercontinental_bandung, @hoteltentrem, @phoenixhotelyogyakarta, @amanjiwo, @pl.borobudur, @plh.bromo, www.djoglo.co, @theshalimarhotel.id, @tuguhotels, @hotelmajapahitsby, @jwmarriottsby, @dialoogbanyuwangi