Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Nama Presiden Jokowi Diabadikan Sebagai Nama Jalan di Uni Emirat Arab

Tidak hanya menjadi nama jalan, nama Presiden Jokowi juga akan dipakai sebagai nama sebuah masjid di Abu Dhabi!

Nama Presiden Jokowi Diabadikan Sebagai Nama Jalan di Uni Emirat Arab
(Foto: Courtesy of Instagram @ admediaoffice)

Kabar bahagia sekaligus membanggakan kembali datang bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia, bagaimana tidak, hari ini melalui akun resmi orang nomor satu Tanah Air, Bapak Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa namanya telah resmi dipakai sebagai salah satu nama jalan di Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Diresmikan sendiri oleh Sheikh Khalid Mohammed bin Zayed Al Nahyan, selaku Chairman Abu Dhabi Executive Office, pada hari Senin, 19 Oktober 2020 pukul 16.45,  jalan dengan nama President Joko Widodo Street berada di salah satu ruas jalan utama yang membelah ADNEC (Abu Dhabi National Exhibition Center) dengan Embassy Area, kawasan yang ditempati oleh sejumlah Kantor Perwakilan Diplomatik dunia. Adapun nama jalan ini sebelumnya adalah Al Ma’arid Street (yang dalam bahasa Indonesia berarti eksibisi atau pameran) yang menghubungkan jalan Rabdan dengan jalan Tunb Al Kubra. 

(Foto: Courtesy of Instagram @ admediaoffice)

(Foto: Courtesy of Instagram @admediaoffice)

Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab dan Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Abu Dhabi, Husin Bagis menyatakan bahwa penamaan jalan Presiden Joko Widodo ini merupakan bentuk penghormatan dari Pemerintah Uni Emirat Arab kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam memajukan hubungan bilateral yang baik antara Republik Indonesia dengan Uni Emirat Arab. 

(Foto: Courtesy of Instagram @jokowi)

(Foto: Courtesy of Instagram @jokowi)

"Seruas jalan di Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab kemarin diresmikan sebagai Presiden Joko Widodo Street oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Chairman Abu Dhabi Executive Office. Jalan yang membelah kawasan Abu Dhabi National Exhibition Center dengan Embassy Area yang ditempati sejumlah Kantor Perwakilan Diplomatik itu menggunakan nama saya. Ini tentu sebentuk penghargaan dan kehormatan. Bukan untuk saya pribadi semata-mata, tetapi untuk Indonesia. Sebuah gambaran betapa eratnya hubungan di antara dua negara yang kini bekerja sama dalam berbagai bidang.Di balik penamaan jalan itu, tersimpan harapan semoga hubungan kedua negara semakin kokoh, saling menguatkan, dan bermanfaat bagi rakyat Uni Emirat Arab dan Indonesia. Terima kasih," tulis Presiden Jokowi pada unggahan foto yang ia bagikan hari ini. 

(Foto: Courtesy of Instagram @ admediaoffice)

(Foto: Courtesy of Instagram @admediaoffice)

Tidak hanya diabadikan sebagai nama jalan saja, rencananya menurut instruksi langsung dari Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, nama Presiden Republik Indonesia ke-7 ini juga akan kembali dipakai sebagai nama dari sebuah masjid yang dibagun di kawakan Embassy Area, Abu Dhabi. 

Sekali lagi, selamat untuk Bapak Presiden Jokowi dan kita sebagai warga negara Indonesia!

(Foto: Courtesy of Instagram @admediaoffice, @jokowi, @kbriabudhabi)