Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tenang, Lucas Bravo Paham Betul Perasaan Anda Tentang Emily in Paris

Namun, ia belum bisa membalas pesan Anda satu per satu.

Tenang, Lucas Bravo Paham Betul Perasaan Anda Tentang Emily in Paris

Ketika semua orang menyaksikan Emily in Paris, Lucas Bravo justru menghindarinya. “Saya tidak suka menonton diri sendiri, karena saya cukup keras menilai diri saya,” ungkap aktor Prancis yang memerankan sosok koki Gabriel di serial komedi Netflix, kepada BAZAAR.com. “Ketika semua orang menemukan adegan lucu atau menggemaskan, saya hanya melihat semua kesalahan saya dan semua hal yang dapat saya perbaiki.” Namun untuk serialnya, ia mengaku, “Saya mencintai acaranya. Saya merasa acara tersebut luar biasa dan bangga dapat terlibat di dalamnya, tetapi saya tidak pernah bisa meyaksikan diri saya.”

Kini, tengah menjalani karantina di Budapest, Hungaria, tepatnya di lokasi syuting film terbarunya, Lucas telah melepaskan diri dari seluruh proses produksi Emily. Meski telah menemukan kenyamanan di dalam serial karya Darren Star di tengah tahun yang aneh, beberapa orang justru menemukan serial ini konyol dan klise. (Apa tokoh Emily yang diperankan oleh Lily Collins adalah pengaruh yang baik? Mengapa rekan kerja tampak tidak senang?) Beberapa kritikus Prancis menemukan serial ini merendahkan. Namun, sebagai aktor Prancis yang bekerja di dalam acara tersebut, Lucas memahami responnya, tetapi ia membela serial tersebut – ini seharusnya tidak realistis.

“Ya, ada beberapa hal yang benar di dalamnya,” ungkapnya terkait kritik. “Saya merasa setiap orang berhak atas opininya masing-masing. Sedangkan Paris, seperti yang saya katakan dalam wawancara sebelumnya, sangat beragam dan banyak cerita yang dapat disampaikan. Jadi, jika Anda harus memilih satu sudut pandang dan Darren menunjukkan pandangannya dari pengalaman hidup di Paris semasa remaja. … Kaya akan komedi. Ia ingin semua orang melepaskan diri dari realita yang kita alami saat ini. Sebagian orang menyukai realita ini terlalu tinggi, tentu saya pahami, tetapi jika tidak demikian, ini akan menjadi sebuah film dokumenter tentang Paris, tetapi ini bukan maksud dari acara ini. Jadi saya memahami kedua sudut pandang tersebut, saya menghormati mereka.”

Mungkin ada satu hal yang dipahami oleh kedua sisi bahwa Lucas adalah pujaan hati banyak orang saat ini. Jika Anda melihat berbagai respon tentang Emily in Paris, Anda akan menemukan respon-respon semacam ini.

“Saya merasa bersyukur atas perhatian dan cintanya,” ungkap Lucas atas respon penton terhadap dirinya dan Gabriel. Ia merasa koneksi dengan karakternya dan tidak hanya perannya mengingatkan pengalaman hidupnya sebagai sous-chef beberapa tahun lalu. “Ia seharusnya berasal dari Nice, kota kelahiran saya. Gabriel juga sebuah nama yang saya sangat sukai. Saya selalu mengatakan kepada diri saya bahwa saya akan memberikan nama putri atau putra saya, Gabriel.” Lucas melihat ini sebagai sebuah tanda.

Sang aktor telah melanjutkan kariernya setelah Emily. Kini, ia tengah mengerjakan proyek film berikutnya, Mrs Harris Goes to Paris, yang juga dibintangi oleh aktor nominasi Oscar, Lesley Manville dan Isabelle Huppert. “Saya kerap mencubit diri saya setiap pagi ketika menuju ke lokasi syuting,” ungkapnya. Kolaborasi impiannya? Denzel Washington. “Saya mungkin dapat mengakhiri karier saya setelah berkolaborasi dengannya,” ungkapnya. “Saya akan merasa, ‘Okay, check!’”

Meski Lucas menghabiskan waktunya menjalani masa karantina di kamar hotelnya (dan menjalani protokol kesehatan), berada di Hungaria berarti ia tidak menjadi salah satu orang yang mengalami lockdown dan aturan jam malam di Prancis. “Saya merasa senang dapat berada jauh dari Prancis,” ungkapnya dengan perasaan lega. “Waktunya sangat sempurna.”

Sang aktor yang tengah naik daun ini membagikan berbagai pesan yang ia terima dari penggemar serta harapannya akan musim kedua dari Emily in Paris.

Apa pendapat Anda tentang miskonsepsi yang dimiliki orang Amerika terhadap masyarakat Prancis?

Saya pernah menetap di Los Angeles selama lima tahun ketika saya masih sangat muda, dan saya melihat apa yang orang-orang pikirkan tentang masyarakat Paris dan Prancis. Saya tidak melihat ada konsep yang berbeda. Saya merasa mereka cukup tepat. Tentu, bagi mereka yang tidak pernah keluar dari Amerika Serikat, mereka masih dipenuhi dengan pandangan-pandangan sebelumnya. Namun, klise tersebut benar adanya, dan mereka juga bagian dari karakteristik. Meski masyarakat Prancis tidak ingin mengakuinya, ini adalah kami. Ini benar-benar diri kami.

Adegan apa yang paling Anda rasakan menyenangkan ketika syuting?

Saya tidak mengatakan ini adegan yang lucu, tetapi menyenangkan adalah adegan terakhir saya, ketika saya mengucapkan selama tinggal kepada Emily karena saya seharusnya kembali ke Normandy. Saya merasakan momen tersebut. Lily memberikan Anda berbagai perasaan dan yang perlu Anda lakukan adalah bereaksi dari emosi yang ia berikan. Jadi, adegan tersebut terasa menyenangkan karena benar-benar terasa organik. Ketika adegan tersebut selesai, saya kembali menjadi diri saya dan itu adalah salah satu adegan yang membuat saya sangat terhubung dengan Gabriel.

Apakah Anda pernah mengalami hal tersebut, ketika Anda harus pindah sebelumnya?

Tentunya. Seumur hidup saya. Saya terus berpergian setiap dua tahun, begitu juga orang tua saya, sehingga saya harus menyesuaikan diri di kota dan negara baru yang saya kunjungi. Tentunya, terasa familier.

Rasanya Anda seperti seorang Emily.

Tentu, saya pernah menjadi Emily.

Terdapat banyak innuendos di dalam skenario ketika membicarakan tentang makanan. Adakah momen selama syuting ketika Anda tidak dapat menahan tawa?

Oh, saya rasa salah satu adegan terlucu selama proses syuting adalah bersama dengan Gérard, ayah Camille yang tidak berbusana. Kami merekam adegan Emily menemukan sang ayah tanpa busana di kolam renang. Kemudian, kami mulai melakukan adegan ketika ia kembali dari kolam renang dan saya haru, “Oh, apakah Anda sudah bertemu Gérard?” Kami tahu bagian tersebut dalam skenario tetapi belum pernah bertemu dengan sang aktor. Ketika ia datang dengan jubah dan botol sampanyenya, ditambah energinya, kami tidak dapat berhenti tersenyu, dan tertawa. Kami akan tertawa setiap take dan, “Wow, ia benar-benar cocok memerankan tokoh ini. Sangat luar biasa.” Lalu Christopher Guybet, sang aktor adalah sosok yang lucu di kehidupan nyata sehingga cukup sulit merekam adegan tersebut.

Terdengar sangat luar biasa. Namun, akhir dari serial ini terasa menggantung. Apa yang ingin Anda lihat dari cerita Emily dan Gabriel dari sana?

Saya rasa ini adalah pertanyaan yang harus dijawab Darren, karena ia yang memulai drama ini dan saya tidak berani menyentuh karyanya, karena ia sangat luar biasa dalam apa yang ia lakukan. Saya hanya dapat berharap bahwa mereka semua dapat menemukan kebahagiaan dan saling memahami satu sama lain, karena banyak hal yang perlu didiskusikan.

Jika ada musim kedua dari serial ini, apakah ada hal lain yang ingin Anda lihat dari Gabriel?

Saya berharap ia mendapatkan restoran baru yang dapat mengembangkan dirinya dan melakukan apa yang ia inginkan. Sebab ia belum dapat lepas dari karakter sebelumnya. Saya ingin melihat kreativitasnya di tempat baru, didukung oleh Antoine. Sedangkan dalam hubungan, seperti yang saya katakana, Darren yang mengatur semuanya, dan kami hanya menjalankan.

Adanya cinta segitiga antara Gabriel, Emily, dan Camille. Apakah ada hal-hal yang Anda diskusikan dengan Lily dan Camille Razat tentang bagaimana cerita cinta ini akan dikembangkan?

Saya tahu bahwa Camille benar-benar tegas dalam memerankan Camille [karakter], seolah-olah ia mengetahui apa yang terjadi di antara Emily dan Gabriel.

Ia benar-benar membiarkan kartu tersebut terbuka. Ia menanamkan benih yang memungkinkan berbagai hal terjadi di musim kedua. Saya mengenal Camille dalam proyek sebelumnya, persis sebelum Emily in Paris. Kami seperti kakak beradik. Sedangkan, untuk Lily, kami dengan mudah membangun hubungan sejak hari pertama. Ketika melakukan audisi terakhir, saya masuk ke sebuah ruang dan kami melakukan beberapa adegan, kami langsung dekat. Ia sangat mudah memberi dan dermawan sehingga sulit untuk tidak berhubungan baik dengannya. Ia seorang profesional. Saya merasa menjadi aktor dan pribadi yang lebih baik setelah bekerja dengannya.

Karena Emily adalah seorang influencer, media sosial memiliki peran besar dalam acara ini. Apakah Anda pribadi seorang yang selalu mengakses media sosial atau Instagram?

Tidak terlalu. Tidak. Saya suka mengunggah beberapa foto artistik sewaktu-waktu. Instagram lebih sebagai sarana berkomunikasi dengan beberapa teman, seperti WhatsApp atau media sosial lainnya. Kini, terasa berbeda. Saya mendapatkan banyak pesan. Saya tidak tahu apakah dapat mengikuti jumlah yang terus bertambah. Jadi terasa berlebihan. Namun, saya suka perhatiannya. Perasaan diterima dan dicintai selalu terasa indah, dan saya berusaha mengarahkannya sesuai kemampuan saya.

Maksud Anda pesan dari penggemar baru dan orang-orang yang menyaksikan serial Anda?

Ya. Sebagian besar, karena sebelumnya Instagram saya tidak seramai seperti sekarang.

Apakah Anda meluangkan waktu untuk membacanya satu per satu atau Anda membiarkannya?

Anda tahu, banyak orang selalu mengatakan kepada saya untuk tidak terlarut dalam lubang kelam untuk menjawab semua orang, karena tidak akan ada akhir. Namun, sejak serial tersebut dirilis dan banyak diterima dengan baik, serta saya mendapatkan banyak cinta dan respon yang baik, saya merasa harus memberikan respon sebanyak mungkin kepada para penggemar. Sebab tanpa mereka, hal ini tidak mungkin terjadi. Jadi saya melakukan apa yang saya bisa, tetapi Anda tahu, butuh lebih dari satu orang untuk membalas semua pesan tersebut.

Melihat berbagai reaksi dari Twitter dan Instagram, Anda telah menjadi pujaan hati baru di dunia Internet. Apakah Anda merasa tidak nyaman dengan semakin banyak perhatian keapda Anda? Bagaimana Anda mengelolanya?

Saya rasa waktunya sangat tepat, karena saya berada di Budapest. Saya sedang menjalani karantina di kamar hotel saya, berangkat dari lokasi syuting langsung kembali ke hotel, dan saya merasa cukup terisolasi. Saya tidak menyadari apa yang benar-benar terjadi. Terasa cukup luar biasa ketika teman-teman saya mengatakan, “Semua orang membicarakan tentang Anda,” dan berbagai hal lainnya, karena kini bukan realita yang saya jalani saat ini. Terasa sangat virtual bagi saya.

Jadi, saya merasa bersyukur atas perhatian dan cintanya. Merasa sangat terhormat karena semua terjadi begitu cepat. Saya tidak merasakan hal yang berbeda. Sudah berjalan lebih dari satu minggu dan hidup saya masih sama, dan saya merasa tidak ada perubahan. Namun, ini sebuah perjalanan yang cukup panjang.

Menurut Anda, seperti apa akun Instagram Gabriel jika ia memilikinya?

Pertanyaan yang bagus. Saya rasa ia akan mengunggah berbagai resep dan membagikan konten memes dan sejenisnya.

Apakah Anda masih berhubungan dengan rekan aktor Emily in Paris? Group chat atau sejenisnya?

Ya. Kami semua berbincang setiap hari.

Meski sangat sulit untuk berpergian saat ini, tetapi apakah Anda berharap akan sebuah reuni?

Kami membicarakan ini dengan Ashley Park [pemeran Mindy] beberapa waktu lalu. Karena terasa sangat aneh mendapatkan berbagai respon positif dan banyak orang membicarakan acara tersebut ketika kita semua tidak berada di tempat yang sama. Saya ingin sekali bertemu dan makan malam bersama mereka serta berbincang tentang hal ini. Kami semua terisolasi dan mengalami hal ini, di dalam kenyamanan rumah kami masing-masing, tetapi tetap sendiri-sendiri. Kami mencoba menemukan negara yang dapat Anda kunjungi dan tetap buka, ketika batas tidak lagi ditutup, dan bertemu di sana. Kami tengah mencarinya.

Jika ada yang baru ingin menyaksikan serial ini pertama kali, apa yang Anda harapkan dapat mereka petik dari serial ini?

Saya berharap mereka dapat merasa sensasi berpetualang dan melarikan diri, khususnya di masa-masa sekarang, karena kita semua terjebak di dalam apartemen masing-masing dan menjalani karantina. Saya mendapat banyak pesan ucapan terima kasih. “Terima kasih karena saya baru menjalani hari yang buruk.” “Saya mengalami minggu yang buruk dan saya baru saja menyelesaikan serial ini dalam satu kali tonton, dan saya melarikan diri dari berbagai pikiran saya, tanggung jawab saya, dan realita dunia ini.” Ini adalah pujian terbaik. Saya berharap semua orang terus merasakan angin segar.

(Penulis: Erica Gonzales; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US)