Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ruth Sahanaya Bagikan Tips Membesarkan Kedua Anak Perempuannya

“Aku selalu bilang memulai segala sesuatu dengan doa dan mengakhiri pekerjaan itu selalu dengan doa lagi, mengucap syukur sama Tuhan,” ungkap sang diva.

Ruth Sahanaya Bagikan Tips Membesarkan Kedua Anak Perempuannya

Sosok perempuan-perempuan mandiri tertanam dan terpancar dalam diri Amabel Odelia dan Nadine Emanuella Waworuntu yang merupakan buah hati diva Indonesia, Ruth Sahanaya bersama sang suami, Jeffry Waworuntu. Dalam edisi Brunch With Dave Hendrik kali ini, Ruth dan putri bungsunya, Amabel Odelia duduk bersama dengan Dave Hendrik membicarakan hubungan keduanya sebagai pasangan ibu dan anak. Terlebih di tanggal 11 Oktober lalu bertepatan dengan Hari Anak Perempuan Internasional.

Dalam kesempatan ini pula, perempuan yang juga akrab dipanggil dengan sebutan Mama Uthe membagikan caranya mendidik kedua putrinya dan ia mengakui bukan sesuatu yang muda dilakukan. “Memang dimulai semuanya dari mereka masih kecil ya. Jadi saya berusaha melibatkan mereka supaya mereka melihat, ‘Oh ini mamanya mau kerja, mamanya lagi sibuk gitu’,” ungkap Mama Uthe.

Selain itu, Mama Uthe mengungkapkan bahwa dirinya tidak pernah membohongi kedua anaknya ketika ia hendak pergi bekerja, “Biasanya mereka ‘Mama mau ikut’, nangis. Memang enggak tega lihatnya, misalnya Nadine dulu kalau kita mau pergi, dia nangis-nangis sampai ke mobil. Kalau aku biarin saja ke mobil, dia mau menangis gimana pun dia enggak bisa ikut tetap maksudku.”

Dengan demikian, kedua putrinya memiliki jiwa yang siap untuk menjadi pribadi-pribadi mandiri. Perbincangan Dave pun kembali bertanya tentang nasihat-nasihat yang Mama Uthe berikan kepada Mabel yang kini menapaki perjalanan serupa dengannya. “Kan Mabel sudah memutuskan menjadi entertainer juga, sebagai seorang yang sudah terlebih dahulu melalui jalan itu, apa best advice yang Mama Uthe bisa bagi ke Mabel?”

“Saya selalu menekankan setiap anak-anakku, Nadine maupun Mabel, bahwa tetap harus commit dengan apa pilihan kamu, harus commit dan bertanggung jawab,” ungkap sang diva. Ia pun percaya bahwa dengan kebebasan memilih yang mereka inginkan untuk masa depan masing-masing, sudah pasti menikmati apa yang menjadi pilihan mereka.

“Tetap harus menjadi diri sendiri dan harus menghargai dirimu sendiri, karena kalau kita sudah tidak menghargai diri sendiri, bagaimana orang lain mau menghargai gitu kan ya,” tambahnya. Mama Uthe juga mengungkapkan nasihat lain yang ia bagikan kepada buah hatinya, “Aku selalu bilang memulai segala sesuatu dengan doa dan mengakhiri pekerjaan itu selalu dengan doa lagi, mengucap syukur sama Tuhan.”

Selain itu, Amabel juga berbagi pengalamannya menempuh studi di Negeri Kanguru serta proses pembuatan single pertamanya berjudul Damba. Perbincangan Dave Hendrik bersama Ruth Sahanaya dan Amabel Odelia dapat segera Anda saksikan dalam seri Brunch With Dave Hendrik melalui kanal YouTube Harper’s Bazaar Indonesia.

Baca Juga: Ruth Sahanaya Memberi Kebebasan Terhadap Karier Anak-Anak Perempuannya

(Penulis: Vanessa Masli; Foto: Courtesy of Instagram @bazaarindonesia; @amabelodellia)