Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ruth Sahanaya Memberi Kebebasan Terhadap Karier Anak-Anak Perempuannya

Ruth Sahanaya berikan dukungan kepada putri keduanya, Amabel Odelia Waworuntu menyelami dunia seni.

Ruth Sahanaya Memberi Kebebasan Terhadap Karier Anak-Anak Perempuannya

Masyarakat baru saja merayakan anak-anak perempuan di seluruh dunia dalam peringatan Hari Anak Perempuan Internasional yang jatuh pada 11 Oktober lalu. Turut memperingati hari istimewa tersebut, Dave Hendrik duduk bersama salah satu diva Indonesia, Ruth Sahanaya dan sang putri, Amabel Odelia Waworuntu dalam edisi Brunch With Dave Hendrik kali ini.

Perbincangan hangat Dave bersama pasangan ibu dan anak ini dibuka dengan kisah Amabel yang kini turut menapaki dunia musik seperi sang mama. “Dari SD sudah suka banget diajak Mama nyanyi-nyanyi, menonton Mama, dan aku sama kakak juga suka nonton TV show yang musikal. Memang di rumah sudah benar-benar keadaannya selalu full of music,” cerita perempuan 20 tahun tersebut.

Namun, pengalamannya mengikuti sebuah kompetisi bernyanyi semasa kecil berhasil menguatkan keinginannya untuk menjadikan dunia seni sebagai pilihan kariernya. Ketika berbicara tentang pilihan karier Amabel, Dave pun menyebutkan salah satu tuntutan UNICEF dalam Hari Anak Perempuan Internasional yang memasuki tahun ketujuh ini adalah hak anak-anak perempuan untuk mendapatkan pendidikan yang setara dan kebebasan untuk memilih jalan kariernya.

“Makanya aku mau tanya sama Mabel, apakah kamu mendapatkan itu dari kedua orang tuamu, Non?” Dengan penuh senyum Mabel menjawab, “Aku pastinya dapat inspirasi dari Mama memilih untuk terjun ke dunia musik, tapi pastinya Papa dan Mama kasih kebebasan aku untuk memilih karier mau kemana.” Mabel pun mengakui bahwa ia dan sang kakak, Nadine Emanuella Waworuntu, sempat tidak ingin masuk ke dunia entertainment.

Kebebasan yang didapatkan oleh Amabel dalam memilih jalan kariernya tidak lepas dari peran sang mama, Ruth Sahanaya dalam mendukung dan mendidik kedua putrinya untuk menempuh studi serta memilih masa depan masing-masing. Dave pun penasaran tentang pandangan sang penyanyi terkait pentingnya perempuan mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak laki-laki.

“Buat aku, apa lagi di zaman seperti sekarang ini ya, bahwa kesetaraan itu sudah hal yang biasa kalau menurut aku. Bahwa, dengan perkembangan zaman memang kita harus betul-betul merubah mindset kita bahwa tuntutan sekarang itu memang sudah amat sangat memberi kebebasan kepada perempuan untuk bisa sejajar sama dengan pria dalam segala hal,” ungkap perempuan yang juga dikenal sebagai Mama Uthe ini.

Ia pun merasa sangat bersyukur atas didikan kedua orang tuanya yang memberikan kebebasan baginya dalam menentukan jalan hidupnya serta mengedepankan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki sehingga menjadi nilai yang diberikan Mama Uthe kepada kedua putrinya.

“Kalau akhirnya, mereka berumah tangga harus menempatkan suami sebagai porsi yang seharusnya. Bahwa ia adalah kepala rumah tangga dan kita perempuan harus tunduk sama suami, gitu,” tambah Mama Uthe.

Mama Uthe dan Amabel juga membagikan banyak hal kepada Dave Hendrik, mulai dari pengalaman Amabel menempuh studi di Australia hingga nasihat Mama Uthe kepada Amabel yang kini memulai perjalanannya di dunia musik. Semuanya dapat Anda segera saksikan dalam seri Brunch With Dave Hendrik melalui kanal YouTube Harper’s Bazaar Indonesia.

Baca Juga: Ruth Sahanaya Bagikan Tips Membesarkan Kedua Anak Perempuannya

(Penulis: Vanessa Masli; Foto: Courtesy of Instagram @bazaarindonesia)