Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Mencuci Celana Jeans dengan Benar, Bisa Pakai Tangan, Mesin Cuci, Atau Steam

Rawat celana denim dengan langkah mencuci yang tepat untuk menghindari pemudaran warna.

Cara Mencuci Celana Jeans dengan Benar, Bisa Pakai Tangan, Mesin Cuci, Atau Steam

Celana denim adalah pakaian yang hampir dimiliki oleh semua orang karena bentuknya yang versatile sekaligus nyaman. Dua faktor tersebut tak jarang membuat sang pemilik cenderung memiliki attachment berlebih dengan celana denim kesayangan mereka.

Maka itu dibutuhkan langkah-langkah terbaik untuk merawat celana denim milik Anda dan membuatnya bisa terus tahan lama, walau dikenakan berulang kali sekaligus mencegah warnanya menjadi cepat luntur. Sayangnya, ada banyak mitos yang mengelilingi cara merawat celana denim yang terkadang membingungkan.

Untuk membantu Anda tak lagi berkutat dengan banyak mitos tentang cara mencuci celana denim, berikut Bazaar kumpulkan trik cara mencuci denim yang benar.

Teknik mencuci celana jeans dengan tangan

Mencuci denim dengan tangan dianggap sebagai metode terbaik untuk terus menjaga kualitasnya dan warna yang terkandung, mencuci denim menggunakan tangan dianggap lebih lembut yang otomatis menjaga setiap fiber di dalamnya. Berikut triknya:

1. Gunakan air dingin, lalu alih-alih mencucinya layaknya mencuci pakaian pada umumnya. Sebaiknya cukup merendam denim milik Anda bersama cairan cuka putih sebanyak 1 cangkir tutup botol. Lakukan proses rendaman selama 1 jam lamanya. Hindari penggunaan deterjen, karena deterjen dapat mempercepat proses pemudaran di bahan denim.

2. Setelah proses pencucian, gantung atau baringkan celana denim Anda untuk mengeringkannya tanpa terlalu terekspos oleh sinar matahari. Tak perlu khawatir, proses pengeringan akan menguapkan bau cuka putih setelah celana benar-benar kering. 

Teknik mencuci celana jeans dengan mesin cuci

Sebenarnya, teknik mencuci denim dengan mesin cuci tidak terlalu disarankan akibat proses pencucian yang mungkin kurang lembut. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mencuci celana denim dengan mesin sama sekali. Berikut triknya:

1. Gunakan air dingin, lalu jangan langsung masukkan celana denim ke dalam. Anda harus membalikkan bagian dalam menjadi di luar untuk proses pencucian dengan mesin cuci. Sehingga bagian luar celana denim akan tetap aman, dan bagian dalam celana dapat benar-benar dibersihkan. Tuang 1 tutup botol cuka putih, lalu pilih mode hand-wash atau mode gentle agar proses pencucian dilakukan perlahan-lahan. 

2. Untuk proses penjemuran, jangan pernah gunakan metode dryer di mesin cuci, karena hal itu mengakibatkan bahan denim akan cepat menyusut. Cukup gantung atau baringkan celana denim di luar ruangan agar dapat mengering secara natural. Namun ingat, jangan menjemur celana denim langsung di bawah pancaran matahari. 

Teknik membersihkan celana jeans dengan steam

Jika Anda sedang tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa mengupayakan proses pencucian denim dengan metode steam yang disemburkan saat Anda mandi menggunakan air panas. Namun, perlu diingat teknik ini sebaiknya hanya dilakukan jika celana denim tidak memiliki noda dan hanya saat membutuhkan cara tercepat untuk membuat tampilannya lebih segar. Berikut caranya:

1. Gantung celana denim di dekat tempat mandi yang diperkirakan akan mengeluarkan steam dari air hangat. Biarkan celana denim tergantung, meski terkena uap panas, cara ini tidak akan membuat celana denim menyusut dibandingkan mencucinya dengan air panas. 

2. Keringkan celana di luar ruangan dan biarkan celana mengering secara sendirinya. Trik ini terbukti paling baik diupayakan untuk menyegarkan celana denim berwarna biru tua. 

Selain memerhatikan cara mencuci celana denim, ada hal lain yang tak kalah pentingnya untuk selalu diingat ketika merawat celana denim kesayangan. Seperti kapan waktu terbaik untuk mencuci, apa yang harus dilakukan saat mencuci celana denim yang baru saja dibeli, dan jenis celana denim apa yang sebaiknya sering dicuci. Berikut beberapa faktanya: 

1. Waktu yang tepat untuk mencuci celana denim

Jika Anda masih ragu kapan sebaiknya mencuci celana denim Anda, sebaiknya cuci celana denim setelah sudah dikenakan sebanyak dua sampai tiga kali pemakaian. Anda juga bisa tidak mencucinya sebanyak empat dan 5 kali. Demi menghindari celana mudah pudar dan menjadi mudah rusak. 


Namun, bukan berarti Anda membiarkan diri Anda mengenakan celana denim yang belum dicuci berulang kali. Untuk mencapai tampilan denim yang tidak berbau meski belum waktunya dicuci, Anda bisa menggunakan metode menyegarkan celana denim menggunakan uap air panas seperti di atas. 

2. Mencuci denim yang baru dibeli

Hindari mengenakan celana denim yang baru Anda beli tanpa mencucinya terlebih dahulu. Karena rata-rata celana denim yang masih baru, memiliki sisa pewarnaan yang dapat mengenai kulit atau padanan pakaian lain. Maka, sebaiknya saat mencuci celana denim yang baru dibeli, Anda harus memisahkannya dengan pakaian lainnya karena celana tersebut akan melunturkan pakaian yang lainnya. 


Setelah mencuci celana denim yang baru dibeli dan mengenakannya untuk pertama kali, Anda masih diharuskan untuk mencucinya untuk menghindari warna celana denim luntur dan mengenai tempat duduk, atau menodai pakaian lain saat Anda tak sengaja membasahi celana Anda. 

3. Jangan biarkan noda terlalu lama

Saat Anda tidak sengaja menemukan noda pada celana denim, sebaiknya segera gunakan produk penghilang noda sementara dan membersihkannya sebelum noda tersebut menembus lapisan terdalam celana denim. 

(FOTO: Courtesy of Harper's Bazaar US & 123RF/manonteravest)