Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Imbas Pandemi Covid-19, Sederet Figur Ternama Indonesia Bergandengan Tangan Bantu Satwa

Mulai dari Asty Ananta, Aura Kasih, Chef Degan Septoadji, Vina Panduwinata, hingga desainer senior Era Soekamto turun tangan membantu keberlanjutan hidup para satwa.

Imbas Pandemi Covid-19, Sederet Figur Ternama Indonesia Bergandengan Tangan Bantu Satwa

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama hampir sembilan bulan lamanya ini memang telah membawa dampak besar pada hampir seluruh lini kehidupan manusia. Namun bukan hanya manusia saja yang terdampak, nyatanya para satwa juga merasakan imbas akibat dari pandemi.

Ketika masyarakat luas diimbau untuk melakukan segala aktivitasnya dari rumah, ini juga berarti tempat-tempat umum (termasuk kebun binatang dan Jakarta Aquarium) harus menutup pintunya, sedangkan di satu sisi para satwa harus tetap makan seperti biasa, listrik juga harus tetap menyala. Tentunya ini menelan biaya yang tidak sedikit. Para lembaga konservasi tetap harus berjuang menghidupi para satwa, di tengah tidak adanya pemasukan akibat PSBB di masa pandemi. 

Melihat kondisi memprihatinkan ini, beberapa selebriti pecinta satwa mulai turun tangan mengatasi masalah yang sulit ini agar keberlanjutan hidup para satwa tetap dapat terjamin. Asty Ananta contohnya, selebriti cantik ini memang telah dikenal memiliki empati besar terhadap para satwa. "Not a single creature has more or less right to be here, in this beautiful world. Selain kita yang harus berjuang saat ini, satwa-satwa juga perlu bantuan kita, supaya mereka bisa bertahan hidup. Saya peduli dan mendukung program donasi di Jakarta Aquarium," kata Asty.

Desainer senior Indonesia, Era Soekamto juga melangkah lebih jauh demi menjamin kelangsungan hidup para satwa. Era tergerak membuat batik dengan desain khusus yang terinspirasi dari satwa-satwa khas Indonesia Indonesia yang juga ada di Jakarta Aquarium, contohnya Binturong dan Wallaby. “Bagi saya kehidupan yang berkesadaran (mindfulness) adalah memiliki adab terhadap Tuhan, manusia lain, dan alam semesta. Saya akan membuatkan motif hewan-hewan asli Indonesia.  Sebagai contoh Binturong, Wallaby, dan Arwana Merah yang siklus hidupnya memiliki wisdom yang menarik untuk kita ketahui dan value-nya bisa menginspirasi kehidupan kita melalui Nusantara wisdom. Karya ini akan dibuat menjadi  batik yang dapat diaplikasikan dalam dunia fashion dan interior. Dan hasil penjualannya sebagian akan didonasikan ke satwa-satwa," kata Era.

Selain Asty Ananta dan Era Soekamto, nama-nama besar lain yang telah mengambil tindakan nyata dalam mendukung aksi Animal Hero antara lain Aura Kasih, Chef Degan Septoadji, dan penyanyi bersuara emas, Vina Panduwinata. 


Bagi Anda yang juga tergerak dan ingin membantu para satwa tetap hidup dan berkembang biak di Jakarta Aquarium, Anda dapat ikut berpartisipasi dalam berdonasi dan menjadi Animal Hero, melalui https://kitabisa.com/campaign/binturong.

(Layout: Tevia Andriani; Foto: Courtesy of Jakarta Aquarium, Instagram @jakartaaquarium)