Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Manfaat Sehat Kacang Pistachio yang Perlu Anda Ketahui!

Ternyata, selain rasanya yang lezat kacang pistachio juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

5 Manfaat Sehat Kacang Pistachio yang Perlu Anda Ketahui!

Tahukah Anda dengan salah satu jenis kacang-kacangan yakni kacang pistachio? Kacang pistachio berasal dari biji buah Pistacia Vera yang banyak tumbuh di daerah Timur Tengah. Saat ini, kacang pistachio sangat populer di banyak hidangan, termasuk es krim dan makanan penutup. 


Jenis kacang ini diketahui mengandung lemak sehat dan merupakan sumber protein, serat, dan antioksidan yang baik, serta mengandung beberapa nutrisi penting yang dapat membantu menurunkan berat badan serta kesehatan jantung dan usus. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat kacang pistachio untuk kesehatan, simak ulasannya di bawah ini!


1. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun merupakan makanan padat energi, kacang-kacangan adalah salah satu makanan yang dinilai efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Melansir dari laman Healthline, menurut jurnal yang dipublikasikan di National LIbrary of Medicine, kacang pistachio kaya akan serat dan protein, yang keduanya mampu meningkatkan rasa kenyang sehingga membantu Anda makan lebih sedikit. 


Hal ini dibuktikan dalam program penurunan berat badan selama 12 minggu yang hasilnya menunjukan bahwa, mereka yang makan 1,9 ons (53 gram) pistachio per hari sebagai camilan sore mengalami penurunan indeks massa tubuh dua kali lipat, dibandingkan dengan mereka yang makan 2 ons (56 gram) pretzel per hari. 


2. Mencegah Penyakit Gangguan Pencernaan

Dikutip dari US Department of Agriculture menyebutkan bahwa, kacang pistachio kaya akan serat, yakni mengandung 3 gram serat dalam satu porsi. Serat yang terkandung di dalam kacang pistachio diketahui memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko gangguan pencernaan, bahkan penyakit jantung dan kanker.


3. Dapat Menurunkan Kolesterol Dan Tekanan Darah

Dalam penelitian yang berjudul Nutrition Attributes and Health Effects of Pistachio Nuts, kacang pistachio dapat membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan tekanan darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Penelitian lebih lanjut menjelaskan bahwa, dengan mengganti sebagian kalori dalam makanan dengan pistachio terbukti mampu menurunkan kolesterol total dan LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik). 

4. Dapat Membantu Menurunkan Gula Darah

Meski memiliki kandungan karbohidrat lebih tinggi daripada kebanyakan kacang, pistachio memiliki indeks glikemik rendah, yang artinya tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang besar. Satu studi tahun 2011 menunjukan bahwa ketika 2 ons (56 gram) pistachio ditambahkan ke makanan kaya karbohidrat, respons gula darah individu yang sehat setelah makan berkurang 20-30%. 


Dalam studi lainnya tahun 2014 yang dilakukan selama 12 minggu menunjukan bahwa, individu dengan diabetes tipe 2 menunjukkan penurunan 9% gula darah puasa setelah makan 0,9 ons (25 gram) pistachio sebagai camilan dua kali sehari. 


Selain kaya serat dan lemak sehat, kacang pistachio kaya akan antioksidan, karotenoid, dan senyawa fenolik, yang kesemuanya bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Oleh karena itu, menambahkan pistachio ke dalam makanan Anda dapat membantu mengelola kadar gula darah Anda dalam jangka panjang.


5. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pembuluh Darah

Endotelium adalah lapisan dalam pembuluh darah. Penting agar lapisan dalam pembuluh darah ini berfungsi dengan baik, karena disfungsi endotel adalah salah satu penyebab penyakit jantung. Berdasarkan satu studi tahun 2015 pada 42 pasien yang mengonsumsi 1,5 ons (40 gram) pistachio sehari selama 3 bulan menunjukkan adanya peningkatan penanda fungsi endotel dan kekakuan pada pembuluh darah. 

(Foto Courtesy of sklyareek©123RF.com)