Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Hati-hati! Jaga Privasi iPhone Anda Dengan Dua Indikator Ini

Tampak tidak berbahaya, tapi tidak ada salahnya Anda ketahui apa arti kedua warnanya.

Hati-hati! Jaga Privasi iPhone Anda Dengan Dua Indikator Ini

Beberapa saat lalu, Apple mengumumkan beberapa hal baru, dari peranti teknologi hingga sejumlah fitur canggih. Apakah Anda sudah mencobanya?

Bukan mengulas tentang Apple Watch atau iPhone 12, kali ini Bazaar ingin berbagi informasi tentang pengaturan terbarunya, iOS 14. Seperti update lain pada umumnya, dibutuhkan waktu untuk membiasakan diri akan setting baru.

Setelah bermain dengan fitur Widget, Smart Stack, hingga Memoji dengan 20 gaya baru, Bazaar memerhatikan ada yang sebelumnya tidak pernah terlihat pada iPhone, yaitu lampu berwarna hijau dan oranye pada bagian atas layar.


Apabila Anda termasuk orang yang peka akan detail minor, maka Anda sudah bisa menerka apa arti di balik titik hijau atau oranye ini. Di situs resmi Apple, tertulis bahwa indikator akan muncul di bagian atas layar kapan pun sebuah aplikasi sedang menggunakan mikrofon atau kamera.

Warna oranye menunjukkan bahwa mikrofon Anda sedang menyala, dan jika Anda melihat warna hijau maka tandanya kamera Anda sedang aktif. Di bagian pengaturan, Anda juga dapat melihat recent used apps yang menyalakan mic atau kamera.

Alasan Apple melakukan ini adalah karena sudah terlampau banyak data breach yang terjadi di internet. Begitu juga dengan kontroversi dan protes tentang aplikasi yang memata-matai pengguna smartphone tanpa mereka sadari. Pernahkah Anda membicarakan suatu produk atau tempat, lalu melihat iklan terkait hal tersebut di laman media sosial Anda? Tidak sedikit yang berkesimpulan bahwa mikrofon smartphone kerap kali digunakan oleh pihak ketiga untuk membantu menargetkan iklan.

“Itulah mengapa dengan iOS 14, kami memberi Anda lebih banyak kontrol atas data yang Anda bagikan dan lebih banyak transparansi tentang cara penggunaannya,” kata salah seorang pembicara Apple.

Sama seperti para pemakai smartphone yang sangat menghargai privasinya, selama bertahun-tahun Bazaar pun khawatir akan perihal ini. Meski masih banyak hal yang belum pasti, namun setidaknya update di iOS 14 ini memberikan harapan baru dengan adanya tiga hal berikut:

  1. Indikator warna yang dapat dilihat secara jelas
  2. Mengecek riwayat penggunaan video dalam recent used apps
  3. Kemampuan menonaktifkan aplikasi dalam penggunaan kamera dan mikrofon secara tidak terlacak

Be safe!

Foto: Courtesy of Apple, Matteo Scarpellini/IMAXTREE.COM