Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Teknologi Makeup Printer, ‘Tongkat Sihir’ untuk Samarkan Noda Pada Wajah

Teknologi kecantikan terbaru dapat samarkan noda hitam dan bekas jerawat

Teknologi Makeup Printer, ‘Tongkat Sihir’ untuk Samarkan Noda Pada Wajah

Sebuah makeup printer terdengar seperti benda yang muncul dalam sebuah novel science fiction. Namun perangkat keluaran Opte ini benar-benar nyata dan menjadi salah satu inovasi kecantikan terbesar sepanjang dekade, khususnya bagi Anda yang mengalami hiperpigmentasi pada wajah seperti melasma dan bekas jerawat.

Produk ini merupakan sebuah perangkat yang memindai wajah Anda dan menyamarkan noda-noda pada wajah menggunakan kandungan serum di dalamnya. Kami paham ini terdengar tidak nyata, tetapi kami pastikan ini bukan sebuah cerita fantasi.

Produk yang dinantikan oleh 25 ribu orang ini menjadi bukti bahwa ini bukanlah sebuah produk perawatan wajah biasa. “Kondisi kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari lebih dari 90 persen, serta kurang dari 10 persen dari kondisi kulit yang sempurna juga memiliki ketidaksempurnaan,” jelas Thomas Rabe, salah satu kreator dari Opte dan peneliti dari P&G Ventures kepada BAZAAR.com.

“Opte dapat melihat lebih banyak permasalahan dan warna kulit yang kontras dari yang terlihar secara kasat mata. Produk ini merupakan satu-satunya printer genggam untuk konsumen, tidak hanya dalam sektor kecantikan.”

Thomas, yang juga seorang peneliti kosmetik dari produk lipstik CoverGirl, Outlast 24-hour, pertama kali mencanangkan ide tersebut pada 2007 dan membuat delapan prototipe (produk pertama berukuran sebesar meja dapur). Kini, dengan ukuran lebih kecil dari sebuah iPhone, Opte dan kotak pengisi dayanya tidak akan mengambil tempat terlalu banyak di meja rias Anda.

Lalu bagaimana cara kerja printer wajah satu ini? Berbeda dengan pengaplikasian foundation ke seluruh wajah Anda untuk menutupi noda-noda di beberapa bagian, perangkat ini akan fokus menyamarkan bagian-bagian wajah Anda dengan fitur kamera berdefinisi tinggi (serupa dengan kamera smartphones).

Opte menangkap hingga 200 gambar setiap detik dan memindai kulit dengan teknologi blue light untuk mengetahui area wajah yang lebih gelap dari warna kulit Anda. “Faktanya, teknologi blue light memudahkan hiperpigmentasi lebih terlihat sehingga kami dapat memperbaiki noda terkecil pada wajah,” tambah Thomas. Setelah mengidentifikasi noda hitam pada wajah, perangkat ini akan mengeluarkan sedikit tinted serum melalui printer yang akan samarkan noda tersebut. Teknologi unik dan terbaru ini dapat Anda seharga 599 Dolar Amerika Serikat atau setara dengan 8,8 juta rupiah.

Jenna Rosentein, Beauty Director BAZAAR US sebelum dan setelah menggunakan perangkat Opte denga warna serum paling muda dan tanpa menggunakan produk makeup lain.

Ketika Anda menggunakan tongkat sihir ini pada wajah, Opte akan otomatis menghasilkan bunyi klik sehingga Anda tahu bahwa produk ini tengah bekerja. “Frekuensi klik berkaitan dengan jumlah noda yang terdeteksi dan kandungan serum yang diaplikasikan,” ungkap Thomas. Seluruh proses pengaplikasian pada wajah memakan waktu dan menghasilkan tata rias no makeup. Tanpa terasa berat dan tidak terlihat secara kasat mata, Opte membuat wajah Anda tampak sempurna dan tidak mengenakan makeup di saat yang sama. Sebuah alat yang membantu orang-orang yang tidak ingin menggunakan bedak atau foundation.

OPTE Serum & Care Membership

Opte

opte.com

$599 (8.833.453 rupiah)

Hadir dalam tiga warna dari tinted serum yang memiliki kandungan niacinamide sebanyak lima persen (Thomas mengatakan bahwa kandungan ini penting untuk mencerahkan wajah), untuk menyamarkan noda hitam, perangkat ini juga menutupi 98 persen tone wajah dan dapat digunakan oleh berbagai jenis kulit. Warna termuda dari serum ini mendekati warna putih, sedangkan warna paling gelap adalah light taupe. “Kami tidak mencoba untuk menyamakan dengan warna kulit, hanya mengamuflase noda pada wajah,” ungkap Thomas. Warna yang jauh lebih muda dari warna kulit asli akan menyeimbangkan dan membuat noda hitam menyatu dengan warna kulit di sekitarnya. Dengan penggunaan yang rutin, Anda akan melihat noda-noda hitam yang lebih cerah setelah delapan minggu pemakaian.

Teknologi keluaran Opte ini cocok untuk digunakan dengan semua jenis kulit. Namun siapa yang akan merasakan manfaat maksimal dari perangkat ini? “Orang-orang yang cocok menggunakan produk ini jika memiliki permasalahan kandungan melanin pada kulit, termasuk warna kulit yang tidak merata, noda hitam, melasma, serta pembuluh kapiler yang rusak, karena kerusakan tersebut dalam mengurangi kecerahan wajah Anda dan Opte dapat mendeteksi perbedaan warna pada kulit,” jelas Thomas. Kami menemukan bahwa teknologi ini menutupi noda hitam, tetapi membutuhkan waktu lebih lama untuk menutupi noda merah pada wajah. Perangkat ini dapat bekerja maksimal pada area kening dan pipi, tetapi lebih sulit pada area hidung dan mata.

Tidak hanya pada area wajah. “Saya melihat bahwa perangkat ini juga dapat memperbaiki hiperpigmentasi pada bagian dada,” jelas Thomas. “Ketika banyak perempuan yang mengalami kerusakan pada kulit akibat sinar matahari karena mereka lebih fokus melindungi area wajah dan juga tanda penuaan. Namun, banyak perempuan yang tidak suka menggunakan makeup di area dada karena akan hilang ketika memakai baju. Opte tidak dapat mendeteksi.”

Thomas melihat perangkat ini dapat digunakan tidak hanya pada perempuan tetapi juga laki-laki dapat merasakan manfaat maksimal dari produk ini. “Dengan teknik kamuflase kami, Opten dapat sangat membantu bagi laki-laki juga karena laki-laki kerap tidak menggunakan makeup untuk menutupi hiperpigmentasi,” jelasnya. “Saya merasa kami akan mulai melihat laki-laki gunakan perangkat ini.”

Meski Opte resmi diluncurkan pada 30 September, Thomas Rabe dan tim dari P&G Ventures telah berencana untuk melakukan ekspansi terhadap perangkat ini, “Perangkat ini memiliki banyak sekali data di dalamnya, sehingga kami akan menambahkan aplikasi pendukung untuk membantu Anda memantau perkembangannya dari waktu ke waktu dan memberikan data kepada kami terkait penggunaan produk ini. Ini merupakan produk yang sangat baru. Belum ada konsumen yang pernah memiliki perangkat ini sebelum Opte.”

(Penulis: Katie Intner & Jenna Rosenstein; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US)