Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

40 Model Gaun Pernikahan dari Film Ikonis yang Dapat Jadi Inspirasi Anda

Sejujurnya, kami ingin sekali mengenakan salah satu gaun ini.

40 Model Gaun Pernikahan dari Film Ikonis yang Dapat Jadi Inspirasi Anda

Setiap mempelai perempuan memiliki gaun pernikahan impian. Baik disadari ataupun tidak, banyak inspirasi mereka datang dari rangkaian gaun menawan yang menghiasi layar lebar. Mulai dari gaun Elizabeth Taylor dalam Father of the Bride hingga gaun rancangan Vivienne Westwood milik Carrie Bradshaw dalam Sex and the City, berikut adalah mempelai perempuan (di layar lebar) yang tampak menawan dalam balutan gaun pernikahan.

1. Frankenstein (1931)

Mae Clarke mengenakan gaun renda berlengan panjang dengan kerudung tulle panjang dalam pernikahan Elizabeth Lavenza dengan Henry, kreator dari sang monster. Meski pernikahannya tidak berjalan sesuai rencana, tetapi keduanya berhasil mengikat janji suci.

2.  The Philadelphia Story (1940)

Penampilan menawan diberikan Katharine Hepburn ketika memerankan tokoh Tracy Lord dalam film The Philadelphia Story dalam balutan gaun pernikahan berbahan sifon yang disempurnakan dengan topi lebar menggantikan kerudung.

3. Father of the Bride (1950)

Elizabeth Taylor adalah sebuah definisi sempurna dari perpaduan satin dan renda di pernikahan Kay Banks dalam Father of the Bride. Sang aktris, yang juga menikahi Conrad Hilton, berkoordinasi dengan perilisan film, juga mengenakan gaun rancangan Helen Rose baik dalam film maupun pernikahan aslinya.

4. How to Marry a Millionaire (1953)

Untuk pernikahannya dengan miliuner J.D. Hanley, Schatze Page (Lauren Bacall) tampak mengenakan gaun renda bermotif ornate dengan leher lebar dilengkapi topi matahari berwarna putih. Gaun ini tidak hanya ikonis pada masanya ketika ia menjadi mempelai Tuan Hanley, tetapi proses pernikahan bersama cinta sejatinya.

5. …And God Created Woman (1956)

Mulai dari kerudung pendek berhiaskan bordir hingga gaun dengan kerah tinggi, pernikahan Juliete dalam film …And God Created Woman menjadi salah satu gaun paling ikonis. Menariknya, gaun tersebut serupa dengan pernikahan aktris Brigitte Bardit dengan sutradara dari film ini, Roger Vadim padan 1952.

6. Funny Face (1957)

Meski Jo Stockton (Audrey Hepburn) adalah seorang model yang tengah patah hati ketika ia mengenakan gaun pendek berbahan tulle rancangan Hubert de Givenchy dalam Funny Face, pada akhirnya ketika ia bebas menjadi sebuah adegan yang ikonis.

7. The Sound of Music (1965)

Pada paruh pertama dari The Sound of Music, kita melihat Maria yang diperankan oleh Julie Andrews, mengenakan seragamnya. Namun, kami disuguhkan dengan gaun satin yang elegan, hiasan kepala menawan serta dilengkapi dengan kerudung sederhana dalam paruh kedua ketika ia menikahi Kapten Von Trapp.

8. The Graduate (1967)

Meski pernikahannya tidak berjalan sesuai rencana, tetapi setidaknya gaun Elaine Robinson (Katharine Ross) yang sederhana dan elegan  ketika berada di dalam mobil tampak seindah ketika menghiasi altar.

9.  Funny Girl (1968)

Meski secara teknis, kami tidak melihat apa yang dikenakan Fanny Brice ketika ucapkan janji sucinya, tetapi Barbra Streisand mengenakan gaun pernikahan yang sangat menawan dalam penampilannya bersama Ziegfeld Follies ketika kedua karakter jatuh cinta.

10.  Yours, Mine and Ours (1968

Ini merupakan pernikahan kedua mereka dan anak-anak mereka mengisi sebagian besar kursi di gereja, tetapi gaun pernikahan brokat berwarna biru dengan topi berwarna senada yang dikenakan Helen North Beardsley (Lucille Ball) dalam Yours, Mine and Ours tampak manis seperti kisah komedi romantis ini.

11.  The Princess Bride (1987)

Robin Wright tampak cocok dalam pernikahan seorang putri dalam film yang rilis 13 tahun lalu ini. Untuk melengkapi gambaran era Renaisans, sang aktris mengenakan gaun dengan detail bordir dan beading yang cantik.

12.  Coming to America (1988)

Apa yang harus Anda kenakan jika tiba-tiba menyandang gelar putri? Lisa McDowell, yang diperankan oleh Shari Headley, berhasil menghiasi pernikahannya dengan Pangeran Akeem dalam balutan gaun tulle merah muda tanpa lengan dilengkapi dengan mahkota emas.

13.  Father of the Bride (1991)

George Banks mungkin kehilangan putri kecilnya, tetapi setidaknya kami dapat mengagumi gaun sutra dan renda yang dikenakan oleh Kimberly Williams-Paisley ketika memerankan tokoh Annie Banks. Layaknya gaya busana era '90-an, sang mempelai mengenakan rok panjang dengan detail yang mewah.

14.  Four Weddings and a Funeral (1994)

Di salah satu dari empat pernikahan yang terjadi dalam Four Weddings and a Funeral, Carrie (Andie MacDowell) mengenakan gaun off-the-shoulder dengan model A-line serta rok draped.

15.  Romeo + Juliet (1996)

Dalam adaptasi modern dari Romeo + Juliet, Claire Danes yang memerankan tokoh Juliet dan menikahi Romeonya (alias Leonardo DiCaprio) dalam balutan gaun satin tanpa lengan yang minimalis.

16.  Emma (1996)

 

Kami berbahagia ketika Emma Woodhous menikahi Jeremy Northam. Namun, kami sangat senang ketika Gwyneth Paltrow dapat mengenakan gaun dengan lengan cap dan bagian pinggang yang bermodel empire dalam pernikahan tersebut.

17.  My Best Friend’s Wedding (1997)

Sejujurnya, gaun ungu muda yang dikenakan Julia Roberts ketika menjadi maid-of-honor berhasil menarik perhatian. Namun, gaun lengan panjang off-the-shoulder yang dikenakan Cameron Diaz ketika memerankan Kimberly Wallace adalah penampilan yang terbaik dalam film ini.

18.  Runaway Bride (1999)

Bukanlah sebuah pernikahan yang membuat seorang mempelai kabur, akhirnya ucapkan janji suci, tetapi gaun full skirt dan illusion neckline yang tampak menawan dikenakan Maggie Carpenter (Julia Roberts) untuk menikahi Ike akan selalu diingat ketika ia menikmati matahari terbenam dalam sebuah truk pengiriman barang.

19.  The Best Man (1999)

Illusion neckline tampaknya seuatu yang populer di tahun 1999. Untuk pernikahan Mia Morgan dalam film The Best Man, aktris Monica Calhoun tampil dengan balutan gaun satin berlengan panjang dengan model neckline ikonis di tahun 1999.

20.  The Wedding Planner (2001)

Berprofesi sebagai perencana pernikahan, Mary Fiore (Jennifer Lopez) tahu bagaimana kekuatan pernikahan (gaun pernikahan) terletak pada detailnya. Ia memberikan sentuhan mewah dalam pernikahan di gedung pengadilan dengan Massimo dalam The Wedding Planner, mengenakan gaun taffeta dengan bagian leher lebar serta kerudung pillbox cap.

21.  Sweet Home Alabama (2002)

Pernikahan Melanie Smooter dan Andrew Hennings di bagian Selatan Amerika Selatan, penonton menyaksikan Reese Witherspoon berjalan menuju altar dengan gaun berlengan cap yang sederhana dengan face net putih. Sayangnya, upacara tersebut harus berakhir dengan sebuah pukulan, karena penampilannya sangat menawan.

22.  My Big Fat Greek Wedding (2002)

Toula Portokalos memimpikan sebuah upacara dan gaun pernikahan yang sederhana, tetapi cerita berubah keluarganya telribat. Namun, kami cukup menyukai gaun frilly yang dikenakan Nia Vardalos dalam film rilisan 2002 ini.

23.  Love Actually (2003)

Tidak banyak hal yang menarik perhatian terhadap gaun dalam film Love Actually, selain gaun tipis dilengkapi jubah bulu yang membalut tubuh Juliet (Keira Knightley). Penampilan ini adalah definisi minimalis dan modern, serta disempurnakan dengan hiasan bulu pada kepalanya.

24.  The Notebook (2004)

Kami hampir ingin melihat Allie Hamilton, yang diperankan aktris Rachel McAdams, menikahi Lon sehingga kami dapat melihat lebih jelas gaun menawan yang hendak ia kenakan dalam upacara pernikahannya. Gaun pernikahan 1940-an dilengkapi kancing depan, illusion neckline, dan renda.

25.  The Princess Diaries 2: Royal Engagement (2004)

Gelar Putri Genovia yang disematkan kepadanya, tidak dapat dipungkiri bahwa Amelia Mignonette Thermopolis Renaldi mengenakan gaun pernikahan yang menjadi inspirasi banyak mempelai. Siluet A-line dan lengan berhiaskan renda memberikan kesan Grace Kelly dilengkapi dengan ekor gaun yang panjang terinspirasi dari Putri Diana.

26.  Monster-in-Law (2005)

Charlotte Cantilini (Jennifer Lopez) berhasil menenangkan dirinya dengan baik ketika ibu mertuanya, Viola Fields (Jane Fonda) hadir dalam balutan gaun pernikahannya. Namun, tidak ada kompetisi di antara dua gaun tersebut karena gaun sutra milik Charlotte adalah sebuah rancangan yang spesial.

27.  The Wedding Date (2005)

Pernikahan Amy dan Ed di sebuah kota di Inggris hampir gagal, tetapi tidak menghentikan sang mempelai putri untuk tampil memukau dalam hari besarnya. Dalam film The Wedding Date, kami melihat Amy Adams dengan rambut pirangnya dalam balutan gaun satin dengan model leher V dan ekor berbahan sifon, tentunya dengan sebuah tiara menghiasi.

28.  Sex and the City (2008)

Ini adalah gaun yang memulai – dan mungkin juga mengakhiri? – sebuah pernikahan megah antara Carrie Bradshaw dan John James Preston. Sayangnya, gaun satin rancangan Vivienne Westwood yang dikenakan Sarah Jessica Parker dalam film tidak berhasil menghiasi altar, tetapi mendapat momen di luar New York Public Library.

29.  27 Dresses (2008)

Ketika Jane Nichols (Katherine Heigl) mengenakan gaun ke-28 dan akhirnya merencanakan pernikahannya, ia memilih untuk mengikat janji suci di pantai. Meski gaun A-line tanpa lengan yang ia pilih mungkin bukan gaun pernikahan sang ibu, tetapi membalutnya dengan sempurna.

30.  Mamma Mia! (2008)

Gaun apa yang cocok untuk pernikahan di sebuah pulau di Yunani? Alaminya adalah tulle dengan empire waist dilengkapi dekorasi biru muda bernuansa bohemian yang dikenakan Amanda Seyfried ketika memerankan Sophie.

31.  Marley & Me (2008)

Gaun yang dikenakan Jenny (Jennifer Aniston) dalam pernikahannya di musim dingin tampak sangat ajaib di tengah badai salju, meski kami merasa ia cukup kedinginan. Pernikahan Marley and Me berada di awal film.

32.  The Time Traveler’s Wife (2009)

Bukan sesuatu yang normal untuk menghabiskan malam pernikahan sendiri, tetapi bukanlah sesuatu yang normal untuk menikahi seorang penjelajah waktu. Clare, karakter yang diperankan Rachel McAdams, melakukan hal tersebut tetapi kami senang ketika sang mempelai pria dapat melihat gaun tanpa lengannya di upacara pernikahan mereka.

33.  Bride Wars (2009)

Kate Hudson adalah perempuan yang beruntung. Ia dapat memerankan sosok Liv, perempuan yang menikah di The Plaza, Kota New York dalam balutan gaun pernikahan tulle dilengkapi bodice rendah dan ikat pinggang velvet yang membuatnya tampil menawan.

34.  Melancholia (2011)

Tidak ada yang melankolis dari gaun sifon yang dikenakan Justine, terlihat dari bagaimana Kirsten Dunst menari di acara pernikahannya dalam film Melancholia.

35.  The Twilight Saga: Breaking Dawn – Part 1 (2011)

Dalam upacara pernikahan layaknya sebuah dongeng, Bella dan Edward mengucapkan janji suci di sebuah hutan dalam adegan yang membuat penggemar Team Jacob kecewa. Kristen Stewart tampil menawan dalam gaun berlengan panjang yang sederhana dengan bagian belakang berhiaskan renda.

36.  Jumping the Broom (2011)

Dalam film Jumping the Broom, Sabrina dan Jason mengucapkan janji suci dalam upacara dengan pemandangan danau. Ketika sang mempelai yang diperankan oleh Paula Patton tampak cantik dalam balutan gaun A-line tanpa lengan.

37.  Great Expectations (2012)

Kami memiliki ekspektasi besar tentang pembuatan ulang film Great Expectations, setidaknya berhasil menyamakan Helena Bonham Carter dan gaun pernikahan yang ia kenakan dalam pernikahan Miss Havisham.

38.  The Hunger Games: Catching Fire (2013)

Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) mengenakan gaun pernikahan yang fiksi untuk upacara oembukaan Quarter Quell sesuai permintaan President Snow. Gaun tersebut tampak sangat memukau dan melampaui standar Capitol.

39.  The Great Gatsby (2013)

Meski bukanlah pernikahan paling membahagiakan, gaun pernikahan era 1920an milik Daisy Buchanan (Carey Mulligan) dalam The Great Gatsby sangat menkajubkan. Dari ikat kepala penuh kilau hingga bagian lengan berbahan sifon, tidak dapat dipungkiri penata kostum dalam film ini, Catherine Martion berhasil membawa pulang piala Oscar atas kerja kerasnya.

40.  The Age of Adaline (2015)

Adaline Bowman (Blake Lively) akan selalu awet muda tetapi sebelum mengalami kecelakaan, ia sempat mengikat janji suci dalam balutan gaun pernikahan di masa tersebut. Dengan dekorasi renda di bagian depan dan bagian lengan serta rok berbahan satin, kami percaya gaun dapat dikenakan kapan saja.

(Penulis: Morgan Peterson & Charlotte Chilton; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US)