Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Show- on - the - Wall: Format Presentasi Mode Persembahan Loewe

Jonathan Anderson memilih cara presentasi koleksi anyar dengan format berbeda.

Show- on - the - Wall: Format Presentasi Mode Persembahan Loewe

Semenjak pandemi merebak yang seketika memengaruhi cara industri mode menampilkan koleksi baru setiap musimnya. Para rumah mode memilih format digital sebagai cara mereka mengenalkan koleksi terbaru, namun tidak dengan Jonathan Anderson. 

Jonathan justru memilih untuk mengerahkan inovasi baru untuk mengajak para insan mode berkenalan dengan koleksi rancangannya, lewat sebuah kotak yang dibagikan berisikan segala detail tentang koleksi yang ingin ia sampaikan. 

Musim ini menjadi musim kedua, sang desainer memilih presentasi lewat kotak yang berisikan seluruh looks rancangannya untuk musim spring/summer 2021. Kotak tersebut mengandung berbagai konten yang dapat dinikmati secara interaktif, sehingga tetap menyajikan presentasi realistis layaknya menyaksikan pergelaran fisik di pekan mode. 

Melalui koleksi Show- on - the - Wall, Jonathan mengisahkan sebuah koleksi yang dibuat dari jarak jauh. Meski seperti itu, dirinya tak lantas berhenti bereksplorasi terhadap teknik-teknik baru sehingga koleksi ini memiliki hasil akhir yang segar dan penuh fantasi. 

 
 

“Saat saya sedang berpikir bagaimana caranya saya bisa menyusun koleksi ini, saya menyukai sebuah ide bagaimana kalau kita menggali teknik dan sisi art of fashion,” Jelas Jonathan, lewat penggalan scene yang menjadi bagian dari video walkthrough koleksi Loewe Spring/Summer 2021. 

Keinginannya untuk menelusuri sisi seni di mode, menghasilkan koleksi yang didominasi dengan bordiran tangan, anyaman tangan, dan segala prosesi pembuatan detail busana yang dihasilkan menggunakan tangan. Wujud busana dengan volume berlebihan, imbuhan boning di busana, teknik lipit, bahan sutra yang melambai sedemikian rupa, serta gaun dengan taburan kilau yang glamor. Seluruhnya mengisahkan betapa handalnya Jonathan dalam menggarap proporsi busana yang diberi struktur apik dan akan menunjang setiap langkah siapa pun yang mengenakan karyanya. 


(FOTO: Courtesy of Loewe)