Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kolaborasi Antara Anthony Vaccarello dan Helmut Lang Yang Wajib Dilihat

Direktur kreatif label Saint Laurent meminta perancang legendaris dan misterius tersebut untuk membuat rangkaian patung.

Kolaborasi Antara Anthony Vaccarello dan Helmut Lang Yang Wajib Dilihat

Untuk penggemar fashion yang tumbuh di tahun '90-an, Helmut Lang adalah segalanya. Desainer asal Austria yang berdomisili di New York ini diberi akreditasi karena mendefinisikan gaya dekade ini. Identik dengan gaya minimalis, dia fokus memilih untuk fokus pada siluet dan adisi yang menjadi ciri desain orang-orang sepantar. Dia juga memelopori penggunaan bahan denim, logam, dan karet dalam pembuatan karya mewah dari bahan utilitarian.

Selain itu, Helmut juga adalah desainer pertama yang memamerkan koleksinya secara daring — yang kini sudah menjadi standar di era Covid-19. Semua ini sangat memengaruhi generasi desainer, terutama direktur kreatif Saint Laurent, Anthony Vaccarello.

Kekaguman Anthony pada master minimalis tersebut mendorongnya untuk mengunjungi Helmut di kediamannya di Long Island dua tahun yang lalu, di mana dia telah bekerja sebagai seniman sejak pensiun dari industri fashion di tahun 2005. Anthony berharap untuk dapat bekerja sama dengannya, namun, Helmut tidak tertarik untuk kembali memasuki dunia mode, jadi keduanya bertemu pada patung yang mampu menangkap kepekaan mereka bersama.

Helmut Lang x Anthony Vaccarello untuk Saint Laurent Rive Droite

“Saya selalu menghormati karya Yves, dan Anthony telah menciptakan visi yang tak tertandingi untuk melanjutkan warisan rumah mode YSL dengan cara yang benar-benar kontemporer,” ujar Helmut kepada Business of Fashion. “Tapi, yang lebih penting lagi adalah Anthony merupakan orang pertama dari dunia fashion yang berkolaborasi dengan saya dan fokus pada karya seni saya.”

Dengan tajuk Helmut Lang x Anthony Vaccarello for Saint Laurent Rive Droite (sebuah ode untuk lini RIve Gauche Saint Laurent), karya seni ini terbuat dari kumpulan kain deadstock dan hardware yang tidak terpakai dari koleksi Anthony yang sudah lalu. Dicampur dengan resin berpigmen dan aluminium, dan kemudian dibentuk menjadi tiang yang mengisi langit-langit hingga lantai. Saat pertama kali melihat, penampilannya terlihat dingin dan kasar, namu setelah diamati lebih dalam, lapisan keindahan dan keanggunan akan mulai terlihat jelas. Memang, hal yang sama dapat dikatakan mengenai estetika Helmut Lang.

Helmut Lang x Anthony Vaccarello untuk Saint Laurent Rive Droite

“Saya melihat keberadaannya sama dengan seseorang seperti Coco Chanel karena caranya membawa kenyataan dalam mode, sesuatu yang hingga kini masih ditiru banyak orang,” ucap Anthony. Helmut adalah orang pertama yang menentang pesan promosi dalam hasil karya; visi dan arahan seninya membawa semua orang kembali ke esensi mode yang nyata dan bermakna.”


Sebelum pindah ke Los Angeles di mana karya-karya ini tersedia untuk dibeli, rangkaian patung ini akan dipamerkan mulai tanggal 30 September hingga 30 Oktober di concept store Saint Laurent yang bernama Rive Droite.

(Penulis: Barry Samaha; Alih bahasa: Sabrina Sulaiman; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US)