Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mesty Ariotedjo: Banyak Hal Salah Kaprah di Masa Pandemi Ini

Pakai Masker, aman rapid test, dan swab test mandiri.

Mesty Ariotedjo: Banyak Hal Salah Kaprah di Masa Pandemi Ini

Dalam perbincangannya bersama Mesty Ariotedjo dalam seri Brunch With Dave Hendrik¸ Dave menanyakan pendapat Mesty terkait penanganan virus COVID-19 di Indonesia selama enam bulan terakhir.

Mesty pun mengaku bahwa melihat kondisi saat ini dengan jumlah korban yang terus meningkat, ditambah rekan-rekan serta pengajarnya yang menjadi korban virus ini serta menekankan pentingnya menjalani dan memahami protokol kesehatan dengan optimal.

Dokter anak yang dulunya aktif di dunia society ini pun membagikan beberapa informasi yang kerap disalah pahami oleh masyarakat terkait protokol kesehatan di masa pandemi ini.

1. Penggunaan masker wajah

“Kalau pakai masker bukan berarti tidak bisa menularkan,” ungkap Mesty. Ketika menggunakan masker, masyarakat tetap harus menjaga jarak minimal satu meter, menurutu anjuran tertulis dari World Health Organization atau WHO. Sedangkan, Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI menyarankan untuk jaga jarak minimal dua meter. “Jadi nggak ada, pakai masker terus dekat-dekatan foto atau ngobrol,” tegas Mesty.


2. Menunjukkan hasil rapid test

Mesty membagikan bahwa banyak public figure yang menunjukkan hasil rapid test yang positif. “Hasil itu sebenarnya antibodi kita setelah satu minggu terinfeksi COVID, intinya kalau negatif belum tentu pasti negatif,” jelasnya.

Dengan hasil negatif, masyarakat tidak secara bebas mengabaikan protokol kesehatan yang berlaku serta menimbulkan informasi-informasi yang tidak akurat. Jadi jangan karena hasil non reaktif atau negatif, bebas tidak pakai masket atau malah berkumpul.

3. Tren melakukan swab test mandiri

Swab test harus dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah terlatih, umumnya dalam bidang THT karena posisi pengambilan sampelnya yang sangat sulit.

Mesty, yang juga merupakan seorang dokter, mengaku tidak dapat melakukan swab test secara mandiri. Dengan demikian, Mesty kembali mengingatkan pentingnya untuk memastikan kebenaran informasi yang didapatkan sebelum membagikannya melalui media sosial sehingga tidak menimbulkan misinformasi.

“Intinya, jaga jarak, sebisa mungkin di rumah aja. Saya paham kalau ada yang nggak bisa di rumah karena kerja, pastikan protokol dijalankan. Jaga jarak dua meter, memakai masker, dan cuci tangan setiap mau melakukan dan setelah melakukan aktivitas,” jelas Mesty terkait langkah-langkah protokol yang wajib dijalani dengan baik.

Tidak hanya terkait penanganan virus COVID-19, Dave dan Mesty juga membahas terkait pola asuh anak dan kiat-kiat bagi orang tua dalam mengasuh anak di masa pandemi. Semua perbincangan menariknya dapat segera Anda saksikan di seri Brunch With Dave Hendrik melalui kanal YouTube Harper’s Bazaar Indonesia.

Baca Juga: Mesty Ariotedjo Ungkap Tantangan Orang Tua Modern Sekarang

Baca Juga: Mesty Ariotedjo Bagi Kiat Asuh Anak di Masa Pandemi 

(Penulis: Vanessa Masli; Foto: Courtesy of Instagram @bazaarindonesia)