Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengapa Anda Harus Mencoba Meditasi Selama 12 Menit

Pendekatan baru ini terhadap kesejahteraan pikiran dapat menjadi kunci untuk merasa lebih rileks pada tahun 2024.

Mengapa Anda Harus Mencoba Meditasi Selama 12 Menit
Courtesy of Bazaar UK

Fakta yang tidak dapat disangkal dalam kehidupan modern adalah bahwa kita sangat sibuk. Sering kali terlalu sibuk bahkan, kita sulit untuk menentukan prioritas pada hal-hal yang sebenarnya penting, termasuk kesehatan mental dan kesejahteraan kita.

BACA JUGA: Andien Berkomunikasi Saat Tabi di Kandungan Lewat Meditasi

Kita semua tahu bahwa meditasi secara teratur membawa sejumlah manfaat, baik secara mental maupun fisik, seperti mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan kesadaran diri, dan meningkatkan kualitas tidur. Oleh karena itu, mudah dipahami mengapa praktisi kesehatan memuji keunggulannya. Namun, meluangkan waktu 30 menit atau bahkan satu jam setiap hari untuk meditasi? Jelas tidak mudah.

Namun, mungkin ada cara untuk mendapatkan manfaat dari meditasi tanpa mengorbankan waktu berharga yang begitu banyak. Faktanya, para ahli telah menemukan bahwa hanya dengan 12 menit meditasi mindfulness sehari mungkin sudah cukup untuk menurunkan tingkat kortisol yang berkontribusi pada peningkatan stres. Banyak praktisi kesehatan telah mendukung angka "ajaib" ini, dan Apple bahkan telah meluncurkan seluruh seri podcast, "12 Minute Meditation," yang didedikasikan untuk seni meditasi yang lebih singkat, bekerja sama dengan mindful.

"Penelitian ilmiah terbaru mengungkapkan bahwa 12 menit meditasi setiap hari memberikan manfaat seperti peningkatan perhatian, fokus, kreativitas, ketenangan, ketahanan, dan kasih sayang," kata Apple. "Dengan meditasi mindfulness baru setiap minggu, 12 Minute Meditation mengundang Anda untuk membawa manfaat mindfulness ke kehidupan sehari-hari." Episode fokus pada segala hal mulai dari mengembalikan energi kognitif hingga membudayakan percakapan diri yang lebih penuh kasih sayang, dan semuanya dapat diselesaikan dengan cepat.

"Yang penting bukanlah durasi meditasi Anda tetapi keberlanjutan praktik Anda yang benar-benar penting," kata Leah Santa Cruz, co-head of meditation di Balance, aplikasi meditasi pemenang penghargaan. "Sama seperti olahraga, konsistensi lebih baik daripada intensitas sesekali. Kami menemukan dalam laboratorium penelitian bahwa banyak manfaat besar dimulai bahkan dalam tiga menit meditasi. Pikiran dan tubuh mulai rileks dan melepaskan ketegangan yang tersimpan dengan sangat cepat, dan bahkan dapat mengakses keadaan yang lebih istirahat untuk tubuh daripada tidur itu sendiri. Tujuannya adalah menjadi disiplin untuk membentuk kebiasaan tetapi tidak terobsesi dengan kesempurnaan."

Courtesy of Bazaar UK

Jadi, bagaimana cara memulai rutinitas meditasi 12 menit? Ada dua pendekatan yang dapat Anda ambil: 12 menit sekaligus setiap hari, atau sesi satu menit setiap jam. Ya, bahkan 60 detik meditasi yang terfokus sudah cukup, selama Anda menjadikannya kebiasaan yang teratur; platform populer bernama Headspace (dikenal karena meditasi panduannya yang sangat menenangkan) bahkan menawarkan rekaman satu menit yang sangat baik untuk mengurangi stres.

Jika Anda memilih satu sesi setiap hari, cobalah untuk muncul pada waktu yang sama, kata Jamie Greenlaw-Meek, psikis tetap di The Wellness Foundry. "Pertimbangkan untuk menyertakan meditasi dalam rutinitas pagi Anda, idealnya segera setelah bangun tidur," katanya. "Waktu ini ideal, karena Anda kurang cenderung tertidur dan, semoga, Anda telah tidur nyenyak semalaman. Mulailah dengan sesi lima menit, lalu secara bertahap perpanjang durasinya."

Metode apa pun yang Anda pilih, menyenangkan untuk tahu bahwa meditasi dapat menjadi alat yang berguna dan dapat dicapai bahkan bagi yang paling sibuk di antara kita. Seperti setiap kebiasaan, kesadaran diri diasah dengan tindakan kecil dan bertahap yang diulang secara teratur dan itu bisa menjadi salah satu tambahan paling berharga yang Anda buat dalam rutinitas Anda tahun ini.

Berminat? Kami telah menyusun lembar panduan singkat untuk membantu Anda memulai, beserta beberapa produk yang dapat memudahkan perjalanan meditasi Anda.

Bagaimana cara memulai meditasi?

Mulailah dengan hal kecil, dan jangan terlalu berharap banyak dari diri Anda pada awalnya. Cobalah dua menit sehari, setiap dua hari sekali, dan tingkatkan kebiasaan Anda dari situ.

Temukan tempat yang tidak ada gangguannya, seperti kamar tidur Anda sesaat setelah bangun tidur atau sebelum tidur, misalnya.

Cobalah meditasi irama jantung. Tempatkan jari Anda di denyut nadi, tutup mata Anda, dan atur pernapasan Anda untuk sesuai dengan detak jantung Anda.

Coba teknik 'box breathing' untuk fokus pikiran Anda: tarik napas selama empat ketukan, tahan selama empat ketukan, hembuskan nafas selama empat ketukan, tahan selama empat ketukan, lalu ulangi.

Drowsy Silk Sleep Mask

Sebuah penutup mata berbahan sutera mungkin membantu Anda menghalangi dunia luar ketika Anda sedang meditasi. Cobalah versi yang ekstra tebal dan tanpa tali dari Drowsy, yang sangat nyaman dan tidak akan meluncur.

Espa Positivity Pulse Point Oil

Aroma bisa sangat mengangkut, dan kombinasi minyak esensial jasmine, gardenia, dan rose geranium dari Espa ini berfungsi sebagai penyegar yang efektif untuk dibawa-bawa.

Apple AirPods Max Over-Ear Headphones

Jika Anda suka menggunakan podcast atau meditasi dipandu, maka sepasang headphone noise-cancelling yang baik sangat berharga. Menyediakan waktu mendengarkan nirkabel selama 20 jam, pasangan berwarna hijau mint dari Apple ini memberikan kualitas suara, kenyamanan, dan ukuran yang baik.


 
Yogamatters Hemp Mini Buckwheat Bolster

Apakah Anda duduk dengan nyaman? Anda akan nyaman dengan bantalan mini ini, yang dapat digunakan sebagai penyangga punggung, bantal duduk, dan lainnya untuk posisi yang nyaman dan mendukung yang penting saat Anda meditasi.

BACA JUGA:

7 Tipe Istirahat untuk Anda Melepas Penat!

13 Manfaat Meditasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

(Penulis: Clara Strunck; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Riza Arya; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)