Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kim Kardashian Membeli Kalung Salib Ikonis Milik Putri Diana

Mendiang Putri Diana mengenakannya ke sebuah acara gala di tahun 1987.

Kim Kardashian Membeli Kalung Salib Ikonis Milik Putri Diana
(Foto: Courtesy of John Shearer, Getty Images)

Koleksi perhiasan Kim Kardashian kini memiliki tambahan baru yang merupakan bagian dari sejarah kerajaan, yakni kalung dengan salib Attallah yang dulunya milik mendiang Putri Diana. Bintang reality show dan wanita karier ini memperoleh kalung tersebut ketika menghadiri acara lelang Sotheby’s Royal and Noble dengan harga £163,800 (sekitar 3 miliar rupiah).

Mata kalung tersebut pertama dibuat di tahun 1920-an oleh perancang perhiasan kerajaan Garrard, dan Putri Diana mengenakannya lebih dari 60 tahun kemudian. Ia memadu padankannya dengan dress Catherine Walker untuk acara gala penggalangan dana Birthwright di bulan Oktober tahun 1987.

Salib Attallah tersebut tampil vibran dan penuh pernyataan, dibuat dengan batu permata ametis dengan potongan kotak dan berlian berpotongan bulat untuk membentuk detail bunga-bunga yang distingtif. 

(Foto: Courtesy of Tim Graham)


Kalung tersebut dibeli oleh pebisnis Naim Attallah di tahun 1980-an, dan ia kerap meminjamkannya ke teman baiknya, Putri Diana. Kalung salib Attallah ini hanya pernah dipakai oleh Putri Diana, dan sejak kematiannya, tidak pernah terlihat lagi di publik hingga acara lelang Sotheby’s kali ini.

“Perhiasan ini sangat spesial karena ukurannya yang besar, warna dan gaya yang membuat pernyataan besar, baik secara kepercayaan maupun fashion, atau mungkin keduanya,” jelas Kristian Spofforth selaku Head of Jewellery di Sotheby’s London. “Kami sangat bahagia kalung ini sudah menemukan pemilik baru yang juga salah satu nama paling tersohor di dunia.”

(Foto: Courtesy of Sotheby's)


Kalung ini merepresentasikan waktu yang signifikan di kehidupan Putri Diana, dimana ia mulai lebih percaya diri dan menjadi lebih ekspresif dengan gaya berbusananya.

“Perhiasan yang pernah menjadi milik Putri Diana sangat jarang dijual, terutama sesuatu yang sangat spesial dan unik seperti salib Attallah ini yang penuh warna dan pernyataan distingtif,” ujar Kristian. “Bisa dibilang, mata kalung ini menjadi simbol perkembangan rasa percaya diri Putri Diana yang semakin nyata lewat cara berbusananya serta pemilihan aksesori perhiasannya pada saat itu.”

Ini bukan pertama kalinya Kim Kardashian menunjukkan ketertarikannya untuk sejarah mode. Di tahun 2020, ia mengenakan salah satu gaun paling ikonis ke acara afterparty Academy Awards, yakni gaun Oyster persembahan Alexander McQueen yang merupakan pemberian sang mantan suami, Kanye West. Lalu tahun lalu, ia menjalani ajang karpet merah Met Gala memakai gaun kristal ikonis Marilyn Monroe karya Jean-Louis yang Marilyn pakai untuk menghadiri acara ulang tahun John F Kennedy dan mempersembahkan lagu “Happy Birthday” di tahun 1962.

(Foto: Courtesy of John Shearer, Getty Images)

(Penulis : Jessica Davis; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Hans Hambali; Foto: Courtesy of Getty Images, Tim Graham, Sotheby's, Dok. BAZAAR US)