Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Wanita dengan Busana Terbaik di Tahun 2022

Dari karpet merah hingga baris terdepan pergelaran mode, berikut nama-nama tenar paling modis tahun ini.

10 Wanita dengan Busana Terbaik di Tahun 2022
(Foto: Courtesy of Getty Images, Dok. Bazaar UK)

Setelah beberapa tahun hidup dengan sederet larangan sosial akibat pandemi global, sudah lama kita tidak menyaksikan gemerlap pentas mode di karpet merah, namun tahun 2022 menjadi lembaran baru yang menyenangkan. Dengan kembalinya helatan pekan mode dan sederet ajang penghargaan, kita menyambut kembali sosok nama-nama tersohor dengan tampilan yang fenomenal hasil kerja sama tim pengarah gayanya, seolah melampiaskan kreativitas yang terpendam beberapa tahun akhir.

Banyak dari mereka memilih tema nostalgia dengan busana dari arsip, yang lainnya sukses menerjemahkan pakaian sehari-hari menjadi tampilan glamor yang tampil effortless. Yang jelas, bintang-bintang ini resmi kembali untuk menghibur dan menginspirasi kita semua dengan sederet tampilan spektakuler.

Berikut pilihan kami untuk 10 wanita dengan busana terbaik di tahun ini.

Michelle Obama

(Foto: Courtesy of Getty Images, Dok. Bazaar UK)

Sejak pertama kali menginjakkan kaki di rumah istana kepresidenan, Michelle Obama senantiasa dipuji untuk gaya berbusananya dan menjadi inspirasi bagi banyak orang, terutama karena caranya mentranslasikan dress code, menyokong desainer-desainer muda, juga kemahirannya dalam berbusana bergaya kantoran. Tetapi, tahun ini kita melihat sisi baru seorang Michelle Obama dengan tampilan kasual yang menurut kami membuatnya terlihat lebih muda.

Di pertengahan tahun 2022 hingga akhir, istri mantan Presiden Amerika Serikat ini bertamu di beberapa gelar wicara seiring rilisan buku terbarunya The Light We Carry, dan kita dapat melihat transformasinya yang semakin berani bereksperimen dengan  fashion.

Mulai dari denim on denim, lalu tampilan kulit hingga kelap-kelip, bahkan interpretasi busana atletis, Michelle memiliki identitas berbusana yang baru yang jauh dari estetika formal politikus pada umumnya. Kini ia tampil semakin nyaman dan lebih bebas, mengenakan Ganni, Balmain, Brandon Maxwell, bahkan Versace dengan motif animal-print. Ia tampak lebih ekspresif dan menikmati dunia fashion.


Taylor Russell

(Foto: Courtesy of Getty Images, Dok. Bazaar UK)

Setiap tahun, ada saja bintang terbaru yang menakluki karpet merah, dan di tahun 2022, Taylor Russell adalah salah satunya. Aktris asal Kanada yang membintangi film Bones and All dengan Timothée Chalamet ini menjadikan tur persnya sebuah panggung pentas yang berhasil menempatkan kedudukannya di lanskap mode internasional. 

Sosok Taylor tampil berani mengambil resiko dengan sederet siluet dramatis persembahan Schiaparelli, Balenciaga, Alexander McQueen, dan Loewe. Kehadirannya terasa segar di Hollywood sebagai sosok wanita yang berani untuk keluar dari zona aman dan menampilkan tren-tren terbaru pada musimnya. Hal ini membuatnya sangat menarik untuk ditonton, dan kami yakin ini hanya bab awal bagi Taylor. 


Hailey Bieber

(Foto: Courtesy of Getty Images, Dok. Bazaar UK)

Bisa dibilang Hailey Bieber adalah nama paling berpengaruh di ranah mode street style. Model yang juga menjadi inspirasi sederet tren kecantikan tahun ini telah menemukan formula tersendiri untuk sensibilitas pakaian street style. Ia cenderung memilih palet netral dengan tailoring prima. Dengan tim pengarah gaya baru di tahun 2022, ia pun semakin menyempurnakan gaya berbusananya dan membawanya ke panggung karpet merah dengan sukses.

Dengan kata lain, model yang satu ini, bersama dengan stylist Karla Welch, telah mengelevasi busananya. Ia mengimplementasikan unsur minimalis lewat sederet gaun pesta dengan tampilan simpel dan form-fitting, salah satu favoritnya adalah Saint Laurent. Kata kunci yang tepat baginya adalah low-key sophistication.


Tessa Thompson

(Foto: Courtesy of Getty Images, Dok. Bazaar UK)

Bisa dibilang Venice Film Festival tahun ini adalah yang paling sukses dalam beberapa tahun ini, setidaknya dari sudut fashion. Sebagian besar karena sosok Tessa Thompson dan Jodie Turner-Smith yang menyemarakkan karpet merah dengan momen-momen mode tidak terduga. Tessa Thompson tampil dengan gaun bersiluet dramatis persembahan Elie Saab, kemudian dengan gaun Marc Jacobs berlengan menggembung, serta karya Armani Privé yang sculptural. 

Tessa mencuri atensi bukan hanya di ajang Venice Film Festival. Seiring dengan tur pers filmnya Westworld dan Thor: Love and Thunder, ia mengenakan sederet busana memukau seperti dress cut-out karya Armani, dan sebuah gaun panjang emas menerawang persembahan brand muda, Interior.

Tessa Thomposon dengan kedua stylist-nya, Wayman Deon dan Micah McDonald, mempersembahkan sederet momen-momen tak terlupakan di karpet merah tahun ini.


Anya Taylor-Joy 

(Foto: Courtesy of Getty Images, Dok. Bazaar UK)

Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa aktris memang menyukai aktivitas berbusana untuk ajang karpet merah, dan Anya Taylor-Joy adalah salah satunya. Baik di ajang penghargaan, pergelaran mode, maupun premier film, Anya Taylor-Joy senantiasa bereksperimen dengan ragam formula berbusana. 

Tahun ini, Anya bermain dengan gaya pribadinya, menampilkan estetika distingtif untuk setiap acara. Kami menyaksikannya memadu padankan kerudung hitam dengan gaun hitam menerawang kreasi Dior, kemudian mengenakan sepatu platform tinggi oleh Schiaparelli, dress latex Alexander McQueen, bahkan rok menggembung Dior. Tidak semua orang dapat membawakan tampilan-tampilan ini.


Anne Hathaway

(Foto: Courtesy of Getty Images, Dok. Bazaar UK)

Bisa dibilang Anne Hathaway adalah seorang veteran di karpet merah, namun 2022 mengembuskan napas baru pada eksplorasi mode Anne. Banyak orang membandingkan hal ini dengan transformasi karakter Andy Sachs yang ia perankan di The Devil Wears Prada, namun kenyataannya evolusi ini lebih subtil. Stylist-nya, Erin Walsh, sebatas memoles tampilannya yang sudah anggun.

Sang aktris memikat atensi di ajang festival Canne dengan gaun kelap-kelip kreasi Armani Privé dan dress mini Gucci dengan aksesori kacamata hitam penuh pernyataan, kemudian ia juga tampil mengenakan busana serba pink kreasi Valentino. Tak terlupakan balutan dress ketat David Koma untuk acara premier WeCrashed.

Untuk setiap acara, ia menebarkan aura penuh percaya diri. Tampaknya Anne memasuki fase fashion yang baru, dan kami tidak sabar untuk menyaksikan kelanjutannya. 


Jodi Turner-Smith

(Foto: Courtesy of Getty Images, Dok. Bazaar UK)

Satu nama lagi yang memeriahkan ajang festival di Venice adalah Jodie Turner-Smith, yang telah dikenal oleh dunia fashion lewat kecintaannya pada warna-warna vibran, siluet tak terduga, dan sederet nama brand baru. 

Tampilannya di karpet merah tahun ini mencuri banyak perhatian, beberapnya padu padan leotard dan rok dari Gucci untuk ajang Met Gala, gaun warna-warni Christopher John Rogers, gaun spesial rancangan Harbison, serta dress denim Balmain. Ia menutup tahun 2022 dengan membawakan acara di Fashion Awards, dimana ia mengenakan beberapa aksesori penuh pernyataan, salah satunya sebuah persembahan Gucci penuh glamor berwarna hijau.


Florence Pugh

(Foto: Courtesy of Getty Images, Dok. Bazaar UK)

2022 merupakan tahun penuh keberhasilan untuk aktris Florence Pugh yang membintangi sederet film paling sukses di tahun itu, yang juga berarti ia menghadiri banyak acara tur pers, tentunya dengan deretan busana fenomenal.

Aktris asal Inggris ini tampaknya sudah menemukan gaya pribadinya, dan memaparkannya penuh percaya diri ke setiap acara. Gayanya sangat unik, terkadang feminin tetapi selalu dengan sentuhan distingtif yang edgy seperti rambut slicked-back, tata rias cenderung gelap, serta aksesori bergaya vampy.

Salah satu tampilan yang paling kontroversial adalah gaun Valentino pink yang ia pilih untuk menghadiri pergelaran adibusana rumah mode tersebut. Selain siluet menggembung yang terbuat dari tule, dress ini juga sangat menerawang. Saat netizen mengkritik tampilannya, Florence membalas dengan jawaban yang sempurna.

“Misi saya di industri ini adalah untuk menentang siapapun yang memiliki opini bahwa tubuh saya harus sesuai dengan ekspektasi orang tentang konotasi seksi atau atraktif. Jangan kekanak-kanakan. Hargai orang. Hargai tubuh. Hargai wanita. Hargai manusia.”


Rihanna

(Foto: Courtesy of Getty Images, Dok. Bazaar UK)

Tidak mungkin kami bicara tentang gaya selebriti di tahun 2022 dan tidak menyebut nama Rihanna. Penyanyi yang mengumumkan kehamilannya Januari lalu ini telah “mengobrak-abrik” buku peraturan gaya maternity. Hal ini mendorong para wanita-wanita hamil lainnya untuk tetap berbusana layaknya diri mereka sendiri.

Di tengah kehamilannya, Rihanna membuat pernyataan besar dengan menggunakan material menerawang, ketat, dan siluet mini yang menampilkan tubuhnya. Walaupun mungkin ini bukan sesuatu yang baru di tahun 2022, keberaniannya untuk menunjukkan transformasi tubuhnya patut dipuji.

Mulai dari atasan menerawang Dior, crop top, hingga celana low-rise, Rihanna merayakan kehamilannya dengan penuh gaya dan berhasil menginspirasi kita semua untuk melakukan hal yang sama.


Katie Holmes

(Foto: Courtesy of Getty Images, Dok. Bazaar UK)

Tampilan terakhirnya di tahun 2022, yakni padu padan dress diatas celana jins yang ia kenakan untuk menghadiri acara Jingle Bell Ball, mungkin akan menerima opini yang beragam, namun Katie Holmes tetap menjadi salah satu selebriti yang selalu disorot, baik di jalanan maupun front row.

Sejak ia difoto sedang memanggil taksi di jalanan mengenakan cardigan Khaite dengan bralet senada beberapa tahun lalu, Katie semakin dikenal dengan cara berbusananya yang sederhana dan rileks, namun tetap prima dan rapi. Tahun ini, kami menyaksikan Katie menyempurnakan tampilan jas putih dan gaun berpotongan hood di Fashion Week. Ketika tidak menghadiri acara, ia tampil sempurna dengan sepatu balet yang dipadukan dengan celana jins berpotongan kaki lebar serta tampilan leather-on-leather.

(Penulis : Amy de Klerk; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Hans Hambali; Foto: Courtesy of Getty Images, Dok. BAZAAR UK)