Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

7 Manfaat Teh "Biru" Bunga Telang Yang Patut Anda Ketahui!

Penelitian telah menunjukkan bahwa bunga telang memiliki banyak manfaat untuk kulit dan kesehatan secara keseluruhan

7 Manfaat Teh "Biru" Bunga Telang Yang Patut Anda Ketahui!

Bunga telang memiliki warna bunga biru keungungan yang sangat cantik. Bunga ini memiliki banyak nama, ada yang menyebutnya sebagai Butterfly Pea, ada pula yang menyebutkan sebagai Asian Pigeonwings

Selain bunganya yang indah, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ternyata bunga ini memiliki banyak manfaat untuk kulit dan kesehatan secara keseluruhan. 

Berikut ini beberapa manfaat bunga telang bagi kulit dan kesehatan yang wajib Anda ketahui. 

1. Dapat membantu mengurangi peradangan 

Bunga telang diketahui mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas. Faktanya, menurut penelitian tahun 2016 yang diterbitkan di Journal of the Science of Food and Agriculture, asam p-coumaric, salah satu antioksidan dalam bunga telang yang terbukti mampu mengurangi peradangan akibat radikal bebas. 

Selain itu, antioksidan lain yang ditemukan dalam bunga telang, kaempferol, diketahui mampu mengurangi peradangan dan menunjukan potensi antikanker, dari penelitian tahun 2019 dalam jurnal Molecules.

2. Mendukung kesehatan kulit dan rambut

Dari hasil riset terbaru dalam jurnal Molecules, menunjukan bahwa ekstrak bunga telang terbukti dapat meningkatkan hidrasi kulit hingga 70% saat diaplikasikan secara topikal. 

Sementara itu, penelitian lainnya tahun 2012 dalam Journal of Ethnopharmacology terlebih dahulu menemukan bahwa ekstrak bunga telang dinilai lebih efektif dalam meningkatkan pertumbuhan rambut daripada minoxidil, yang merupakan produk umum yang digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. 

Para peneliti percaya manfaat bunga telang untuk mendukung kesehatan kulit dan rambut terkait dengan kandungan antioksidan di dalamnya. 

3. Mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi

Lebih tenang dan sedikit stres adalah salah satu manfaat lainnya dari bunga telang. Faktanya, penelitian tahun 2003 yang diterbitkan di jurnal Pharmacology Biochemistry and Behavior, menunjukan bahwa bunga telang dapat bekerja dengan baik dengan memberikan efek positif pada saraf pusat sehingga bisa mengurangi stres, meningkatkan relakasi, dan mengatasi insomnia. Lebih merasa tenang dan sedikit stres tentu saja dapat berkontribusi terhadap peningkatkan kualitas tidur.  

Menikmati secangkir teh bunga telang yang dipadukan dengan chamomile merupakan teh penurun stres terbaik. 

4. Menstabilkan kadar gula darah

Sebuah penelitian tahun 2018 dalam jurnal BMC Complementary Medicine and Therapies, menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes dengan menstabilkan kadar gula darah dan insulin. Hal ini dipercaya berkat kandungan antioksidan dalam bunga telang yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel dan komplikasi terkait diabetes. Dengan begitu, bunga telang dapat bermanfaat bagi penderita diabetes, dan menambah daftar makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

5. Dapat mendukung penurunan berat badan

Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa bunga telang dapat membantu menurunkan berat badan. Misalnya saja, sebuah studi tabung dalam jurnal Molecules menunjukan bahwa, ekstrak bunga telang dapat memperlambat pembentukan sel-sel lemak sekaligus memblokir sintesis sel-sel lemak di dalam tubuh. Inilah yang dapat membantu menurunkan berat badan. 

6. Membantu mengatasi masalah menstruasi tidak teratur

Bukan hal baru jika bunga telang dipercaya dapat membantu mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur. Banyak hal yang dapat menjadi faktor terganggunya siklus menstruasi —dan ini menjadi masalah yang cukup diperhatikan bagi sebagai besar wanita. Namun, mengonsumsi bunga telang ternyata dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Berdasarkan penelitian tahun 2018 dalam Journal of Traditional and Complimentary Medicine, membuktikan bahwa bunga telang dapat membantu mengatasi beberapa masalah reproduksi wanita, seperti menstruasi yang tidak teratur dan keputihan yang tidak normal. 

7. Mengurangi gejala asma secara alami

Penelitian tahun 2011 dalam International Journal of Pharmaceutical Science and Research menunjukan bahwa, bunga telang dapat bermanfaat untuk mengurangi gejala asma secara alami, berkat kandungan antioksidan dan sifat antiastmatik yang dimilikinya. 

Resep Teh Bunga Telang

Pada dasarnya, teh bunga telang atau disebut juga “teh biru” sangat mudah dibuat, cukup tambahkan 1 sendok teh bunga telang kering ke dalam 1 cangkir (240 mL) air panas. Biarkan teh selama 10-15 menit sebelum menyaring bunga keringnya. Setelah itu, teh bunga telang siap untuk dinikmati. 

Teh bunga telang umumnya memiliki rasa yang sangat ringan, jadi Anda bisa menambahkan herbal lain— Misal; chamomile, mint, perasan lemon atau jeruk nipis— untuk memberikan rasa yang lebih kuat sesuai dengan selera Anda. 

Para ahli gizi mencatat bahwa minum minuman yang mengandung bunga telang aman bila dikonsumsi dalam jumlah wajar. Akan tetapi, dalam jumlah besar, beberapa orang telah melaporkan munculnya rasa mual, sakit perut, dan diare. Jadi, hindari konsumsi teh bunga telang dalam jumlah yang berlebihan, ya!

Selamat mencoba!

(Foto teaser: Photo by Katelyn Greer on Unsplash)