Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

56 Kutipan Feminis dari Para Wanita Inspiratif di Dunia

Mana yang paling "berbicara" dengan Anda?

56 Kutipan Feminis dari Para Wanita Inspiratif di Dunia
(@ilhanmn on Instagram)

Feminisme bukanlah sebuah paham untuk membenci pria. Tetapi, dari laman Good House Keeping, Merriam Webster mendefinisikan “feminisme” sebagai teori kesetaraan politik, ekonomi, dan sosial dari jenis kelamin atau aktivitas terorganisir atas nama hak dan kepentingan perempuan. Kepentingan itu sangat beragam, tetapi mencakup gaji yang setara, cuti keluarga, dan bahkan kemampuan untuk berjalan di jalan tanpa merasa tidak aman.

Siapa pun bisa menjadi feminis, dan Anda tidak harus aktif secara politik untuk mendukung paham tersebut. Anda dapat menggunakan kutipan feminis yang luar biasa ini untuk berbicara dalam solidaritas dengan wanita di seluruh dunia.

Ini kumpulan kutipan dari wanita inspiratif yang akan membantu mengiringi hari-hari Anda.


1. Emma Watson

kutipan dari wanita inspiratif

(@emmawatson on Instagram)

"Semakin saya berbicara mengenai feminisme, saya semakin menyadari bahwa upaya untuk memperjuangkan hak-hak wanita kerap berkaitan dengan kebencian kepada para pria. Jika ada satu hal yang jelas saya ketahui, saya ingin masalah ini dihentikan."


2. Hillary Clinton

"Saya menentang asumsi mengenai wanita, tak peduli apakah saya ditakdirkan untuk melakukannya atau tidak. Saya sadar bahwa saya membuat orang lain tidak nyaman, namun itu hanyalah sebagian dari apa yang saya yakini sangat penting dari permasalahan di sejarah manusia. Wanita yang berdaya mampu berdiri untuk diri mereka sendiri."


3. Angelina Jolie

"Di seluruh dunia, ada banyak contoh perempuan yang bangkit dan menjadi pemimpin, menentukan takdirnya di tangan mereka sendiri, serta menginspirasi kita semua. Namun, sebagian besar perempuan dan anak-anak merupakan korban perang. Lebih dari setengah pengungsi adalah perempuan dan sebagian besar menjadi korban pelecehan seksual dan kekerasan berbasis gender."


4. Hillary Clinton

kutipan dari wanita inspiratif

(@hillaryclinton on Instagram)

"Untuk semua anak perempuan yang sedang menyaksikan ini, jangan pernah ragu bahwa kalian sangat berharga dan kuat, juga berhak mendapatkan setiap kesempatan dan peluang di dunia ini untuk mengejar dan meraih impian kalian."


5. Rihanna

"Ada sesuatu yang sangat istimewa tentang seorang wanita yang mendominasi dunia laki-laki. Kekuatan, keanggunan, kecerdasan, dan keberanian dibutuhkan untuk tidak pernah mengucapkan kata tidak."


6. Michelle Obama

kutipan dari wanita inspiratif

(@michelleobama on Instagram)

“Kita sebagai wanita tidak memiliki batasan untuk meraih sesuatu."


7. MacKenzi Lee

“Anda layak berada di sini. Anda layak untuk hidup. Anda berhak mengambil tempat di dunia laki-laki ini.”


8. Louisa May Alcot

“Wanita…harus menjadi kuat, berhati kuat, berjiwa kuat, dan bertubuh kuat ... kekuatan dan kecantikan harus berjalan beriringan.”


9. Nancy Pelosi

"Wanita adalah seorang pemimpin dimanapun Anda melihatnya. Mulai dari seorang CEO dari perusahaan yang masuk ke daftar Fortune 500 maupun ibu rumah tangga yang membesarkan anak-anaknya dan melakukan pekerjaan rumah. Negara kita dibangun oleh wanita-wanita yang kuat dan akan terus bertarung untuk melawan stereotip."


10. Kamala Harris

kutipan dari wanita inspiratif

(@kamalaharris on Instagram)

"Tidak ada wanita yang perlu diberi tahu jika ia tidak bisa membuat keputusan terhadap bentuk tubuhnya sendiri. Ketika hak para wanita diinjak, kami melawan."


 11. Audre Lorde

"Saya tidak bebas ketika wanita lainnya juga terbelenggu, meskipun tantangan yang ia hadapi berbeda dengan saya."


12. Chimamanda Ngozi Adichie

“Budaya tidak membuat orang. Orang membuat budaya. Jika benar kemanusiaan perempuan yang utuh bukanlah budaya kita, maka kita bisa dan harus menjadikannya sebagai budaya kita.”


13. Gloria Steinem

“Seorang FEMINIS adalah siapa saja yang mengakui kesetaraan dan kemanusiaan penuh antara perempuan dan laki-laki.”


14. Malala Yousafzai

kutipan dari wanita inspiratif

(@malala on Instagram)

"Saya bersuara bukan karena saya ingin berteriak, tetapi supaya orang-orang yang tidak memiliki hak juga bisa didengar... Kita tidak bisa sukses bila sebagian dari kita diam saja."


15. Beyoncé

"Kita perlu membentuk kembali persepsi kita tentang bagaimana memandang diri kita sendiri. Kita harus maju sebagai perempuan dan memimpin."


16. G.D. Amderson

"Feminisme bukan mengenai bagaimana cara membuat wanita semakin kuat. Wanita sudah menjadi sosok yang kuat. Feminisme adalah cara merubah pandangan dunia untuk menerima eksistensi kekuatan tersebut."


17. Sheryl Sandberg

"Di masa depan, tidak akan ada pemimpin perempuan. Yang ada hanyalah pemimpin."


18. Rosa Luxemburg

"Kebebasan perempuan adalah tanda kebebasan sosial."


19. Ilhan Omar

kutipan dari wanita inspiratif

(@ilhanmn on Instagram)

"Mereka tidak tahan bahwa seorang pengungsi, seorang wanita kulit hitam, seorang imigran, seorang Muslim, muncul di Kongres berpikir dia setara dengan mereka. Tapi saya berkata kepada mereka, 'Bagaimana lagi Anda mengharapkan saya muncul?”


20. Gloria Steinem

"Wanita selalu mengatakan bahwa mereka bisa melakukan apa yang juga dilakukan oleh pria. Demikian pula dengan para pria yang seharusnya juga bisa mengatakan, 'kami bisa melakukan apa saja yang dilakukan oleh wanita.'"


21. Maya Angelou

"Saya senang melihat gadis muda yang mendominasi dunia. Hidup itu keras. Anda harus berjuang."


22. Sojourner Truth

“Seorang pria pernah mengatakan bahwa wanita itu perlu dibantu saat naik kereta dan saat melewati selokan, dan mendapat tempat terbaik di mana pun wanita berada. Tetapi, tidak ada yang pernah membantuku naik kereta, atau melewati genangan lumpur, atau memberiku tempat terbaik! Bukankah aku juga seorang wanita?"


23. Meghan Markle

"Saya mendengar banyak orang berkata, ketika berbicara tentang pemberdayaan wanita, Anda akan sering mendengar orang berkata, 'Anda membantu mereka menemukan suara mereka', pada dasarnya saya tidak setuju dengan itu. Wanita tidak membutuhkannya. untuk menemukan suara mereka. Mereka perlu merasa diberdayakan untuk menggunakannya dan orang-orang perlu didorong untuk mendengarkan."


24. Ruth Bader Ginsburg

"Wanita berada di tempat di mana banyak keputusan dibuat. ... Wanita bukan seharusnya menjadi pengecualian."


25. Sheryl Sandberg

"Kita membutuhkan wanita di mana saja, termasuk di tingkat paling atas untuk mengubah dinamika, membentuk dialog, serta memastikan bahwa semua suara wanita didengar dan diperhatikan. Bukan untuk dilewati dan diabaikan."


26. Eleanor Roosevelt

"Wanita harus belajar berperilaku sama seperti pria."


27. Karren Brady

"Saya selalu mengatakan, wanita memiliki otak dan rahim, dan dapat menggunakan keduanya."


28. Anuradha Gandhi

"Dengan mempropagandakan sifat perempuan sebagai non-kekerasan, mereka mengecilkan hati perempuan untuk menjadi pejuang dalam perjuangan untuk pembebasan mereka sendiri dan masyarakat."


29. Chimamanda Ngozi Adichie

“Kami mengajari anak perempuan untuk mengecilkan diri, membuat diri mereka lebih kecil. Kami mengatakan kepada para gadis, Anda dapat memiliki ambisi, tetapi jangan terlalu banyak. Anda harus bertujuan untuk menjadi sukses, tetapi tidak terlalu sukses. Kalau tidak, Anda akan mengancam pria itu.”


30. Dolly Parton

"Saya tidak akan membatasi diri sendiri hanya karena orang lain tidak mau menerima kenyataan bahwa saya bisa melakukan banyak hal."


31. Jennifer Zeynab Joukhadar

“Saya seorang wanita dan seorang pejuang. Jika Anda berpikir bahwa saya tidak bisa menjadi keduanya, Anda salah.”


32. Maya Angelou

"Saya seorang wanita / Secara fenomenal / Wanita fenomenal / Itulah saya."


33. Kate Hodges

"Di balik setiap wanita hebat... ada wanita hebat lainnya."


34. Melinda Gates

kutipan dari wanita inspiratif

(@melindafrenchgates on Instagram)

"Seorang wanita yang bisa bersuara, menurut definisi, adalah wanita yang kuat."


35. Janelle Monáe

"Wanita tidak akan berada dalam persembunyian lagi. Kami tidak akan menjadi figur yang disembunyikan. Kami punya nama. Dr. Martin Luther King dan Malcolm X lahir dari seorang wanita. Berdasarkan kitab suci, Yesus pun lahir dari seorang wanita. Jangan pernah lupakan itu."


36. Diane von Furstenberg

“Saya belum pernah bertemu wanita yang tidak kuat, tapi terkadang mereka tidak menunjukkannya. Lalu ada tragedi, dan tiba-tiba kekuatan itu muncul. Pesan saya adalah biarkan kekuatan keluar sebelum tragedi itu.”


37. Zaha Hadid

“Wanita selalu diberitahu, 'Kamu tidak akan berhasil, ini terlalu sulit, kamu tidak bisa melakukan itu, jangan ikut kompetisi ini, kamu tidak akan pernah memenangkannya,' — mereka membutuhkan kepercayaan diri dan dukungan dari orang lain di sekitar mereka untuk membantu mereka maju.”


38. Marilyn Monroe

"Saya benar-benar seorang wanita dan saya menikmatinya."


39. Annie Lennox

“Kita semua memperebutkan apa arti label 'feminisme', tapi bagi saya ini tentang pemberdayaan. Ini bukan tentang menjadi lebih kuat dari laki-laki, tetapi ini tentang memiliki hak yang sama dalam hal perlindungan, dukungan, dan keadilan. Ini tentang hal-hal yang sangat mendasar. Itu bukan lencana seperti barang fashion.”


40. Amy Schumer

kutipan dari wanita inspiratif

(@amyschumer on Instagram)

"Saya adalah wanita yang memiliki pemikiran, pertanyaan, dan hal-hal lain untuk disampaikan. Saya mengatakan bahwa saya cantik dan kuat. Saya yang menentukan cerita hidup saya, bukan Anda."


41. Naomi Wolf

"Saya menyimpulkan, musuh kita bukanlah lipstik tetapi rasa bersalah. Kita berhak mempunyai lipstik jika kita menginginkannya, dan kebebasan berbicara. Kita berhak terlihat sensual dan serius, atau apapun yang membuat kita senang. Kita ditakdirkan untuk memakai sepatu cowboy dan membangun revolusi kita."


42. Hillary Clinton

"Hak asasi manusia adalah hak para wanita dan hak wanita adalah hak asasi manusia, sekarang dan selamanya."


43. Alexandria Ocasio-Cortez

"Keadilan adalah sifat untuk memastikan bahwa bertindak sopan tidaklah sama dengan bersikap diam. Nyatanya, hal-hal baik yang kerap Anda bisa lakukan membuat orang lain merasa terganggu."


44. Mitski

"Mungkin alasan utamanya adalah saya seorang wanita yang mengejar kariernya sehingga saya terobsesi dengan hasil karya dan pekerjaan saya. … Di sana tak ada tempat untuk cinta bagi saya."


45. Madeleine Albright

"Butuh waktu yang cukup lama untuk bersuara. Sekarang saya telah memilikinya dan saya tidak akan diam saja."


46. Bell Hooks

“Mendekatlah. Lihat bagaimana feminisme dapat menyentuh dan mengubah hidup Anda dan hidup kita semua. Mendekatlah dan ketahulah secara langsung apa itu gerakan feminis. Mendekatlah dan Anda akan melihat: Feminisme untuk semua orang.”


47. Chimamanda Ngozi Adichie

kutipan dari wanita inspiratif

(@chimamanda_adichie on Instagram)

“Saya telah memilih untuk tidak lagi meminta maaf atas kewanitaan saya. Dan saya ingin dihormati dalam semua kewanitaan saya. Karena aku pantas untuk itu.”


48. Margaret Sanger

“Tidak ada wanita yang dapat menyebut dirinya bebas, jika tidak bisa memiliki dan mengendalikan tubuhnya sendiri.”


49. Malala Yousafzai

“Jika satu pria bisa menghancurkan segalanya, mengapa seorang wanita tidak bisa memperbaikinya?”


50. Charlotte Bronte

"Saya bukan burung; dan tidak ada jaring yang menjerat saya: Saya adalah manusia bebas dengan kehendak bebas."


51. Marjane Satrapi

Seseorang tidak dilahirkan untuk langsung berani, tetapi membuatnya.”  


52. Lindy West

“Kita semua sedang membangun dunia kita, saat ini, dalam waktu nyata. Mari membangunnya menjadi lebih baik.”

53. Oprah Winfrey

“Berpikirlah seperti seorang ratu. Seorang ratu tidak takut gagal. Kegagalan adalah batu loncatan lain menuju kesuksesan.”

54. Rupi Kaur 

Apa pelajaran terbesar yang harus dipelajari seorang wanita? Sejak hari pertama, dia sudah memiliki semua yang dia butuhkan dalam dirinya. Dunialah yang meyakinkannya bahwa dia tidak memiliki apa-apa.”

55. Madonna

"Saya tangguh, ambisius, dan tahu benar apa yang saya inginkan. Jika ini membuat saya seperti wanita yang menyebalkan, tidak apa-apa."

56. Serena Williams

“Keberhasilan setiap wanita harus menjadi inspirasi bagi wanita lain. Kami menjadi yang terkuat saat kami saling menyemangati satu sama lain.”

(Foto teaser: Photo by Ilhan Omar @ilhanmn on Instagram)