Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Simak Panduan dari A hingga Z Terhadap K-Pop

Bazaar akan memberikan panduan di belakang jenis musik terbesar saat ini!

Simak Panduan dari A hingga Z Terhadap K-Pop
Courtesy of BAZAAR UK

Ingin mengenal K-Pop lebih dalam? Seperti yang sudah diketahui dunia, selain grup BTS dan BLACKPINK, ada ratusan musisi atau idola lainnya yang bekerja dalam kelompok atau solois terhadap industri entertainment di Korea Selatan. Bintang-bintang ini menjadi penghibur dan setiap kelompok merilis beberapa lagu terbaru sekaligus konten setiap tahun melalui live stream, vlog, hingga cuplikan di balik layar. Di belakang ini semua, tentunya ada konsep, dan ketentuan untuk memandu para penggemar melalui sejarah kesenian ini terbentuk. 

Apakah Anda hanya ingin mempunyai tambahan lagu dalam playlist atau menemukan kapan terbentuknya kelompok yang Anda gemari, atau mempelajari semuanya, berikut panduan dari A hingga Z seputar K-Pop yang harus Anda tahu. 


A = Aegyo 

Saat seorang idola ditanya untuk melakukan aegyo, itu artinya para penggemar ingin melihat mereka tampil dengan gaya imut dan melakukan gerakan seperti anak kecil. Seperti melakukan celetukan anak-anak dalam suara yang menggemaskan, atau senyuman dengan kuping kelinci. Penampilan pada umumnya diikuti dengan kelakukan cringe oleh idola dan sorakan cringe dari semua orang disekitarnya. 


A = Aespa 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Kelompok yang memiliki empat anggota perempuan ini telah duduk di peringkat tertinggi dalam chart pada debut tahun 2020. Berterima kasih untuk suara eksperimental dalam lagu berjudul “Next Level” dan “Savage”. Mereka juga dikenal sebagai kelompok K-Pop Al-hybrid terbesar, dengan semua anggota termasuk KAINA, WINTER, GISELLE and NINGHING  mempunyai avatar Al untuk tampil dengannya dan memamerkan sebagai konsep label. 


B =  Bais 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Bais adalah salah satu ketentuan K-Pop untuk para penggemarnya yang menyukai salah seorang anggota dari sebuah kelompok, yang akan tetap menyukai individu tersebut atau berubah ketika mengenal seluruh kelompoknya. Beberapa penggemar mempunyai banyak baises atau bais dengan seluruh kelompok tersebut (penggemar Aespa yang bais untuk menyukai seluruh kelompok disebut dengan OT4). Banyak juga yang menjadi bais wreckers, atau anggota yang berhasil mencuri perhatian para penggemar.


B =  BTS 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Kepanjangan dari BTS adalah Bangtan Sonyeondan dengan tujuh anggota keluarga yaitu RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook. Saat ini mereka menjadi kelompok band terpopuler di dunia, dan membawa K-Pop menjadi pengakuan main stream secara global. Mereka menjadi salah satu kelompok idola yang pernah dinominasikan untuk penghargaan Grammy, dan mereka telah memiliki sebanyak 25 Guinness World Records. Sedangkan sudah banyak orang mengenal mereka yang merilis lagu berbahasa inggris berjudul “Dynamite” dan “Butter”, diskografi mereka yang sangat luas adalah sesuatu yang penuh dengan seru. Nama fandom mereka adalah ARMY.  


B = BLACKPINK 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Semenjak debut mereka pada tahun 2016, Blackpink menjadi salah satu kelompok band perempuan terbesar di dunia, berterima kasih untuk penampilan yang badass dan kepercayaan diri mereka yang membuat lagu telah viral seperti “Kill This Love” and “DDU-DU DDU-DU.” Jennie, Jisoo, Rose dan Lisa telah berada di kancah internasional sejak debut pertama. Mereka adalah kelompok K-Pop pertama yang berhasil untuk tampil di festival musik populer, Coachella, dan mereka telah membuat sebuah dokumenter yang ditayangkan di Netflix berjudul BLACKPINK: Light Up the Sky. Blackpink juga terjun dalam industri busana, dan menjadi ambassador untuk beberapa rumah mode termasuk Chanel dan Saint Laurent. 


C  = Comeback 


Comeback adalah sebutan K-Pop untuk setiap merilis lagu terbaru dari sebuah kelompok band atau solois setelah debut mereka seperti, meliputi single pertama, judul lagu, musik video atau promosi terhadap lagu dan pertunjukan variasi. Perusahaan idola yang akan merilis beberapa cuplikan dan foto konsep untuk melakukan perilisan MV dan tetap memberi informasi terhadap para penggemar untuk jadwal dan acaranya. Idola yang akan merilis lebih dari satu selama setahun, dan akan lebih dari enam bulan untuk mempertimbangan jarak panjang antara comeback tersebut. 


C = Concept 


Setiap comeback mempunyai konsep dengan berbagai sudut elemen seperti lagu mereka, koreografi, styling dan set desain untuk mengambil seluruh tema. Beberapa kelompok K-Pop yang populer mempunyai konsep imut, nuansa gelap, sexy, elegan, badass, retro, dan kikuk. Untuk sebuah kelompok idola atau solois juga dapat untuk mencakup konsep yang memengaruhi terhadap diskografi dan bahkan nama mereka sendiri, dengan contoh: konsep Red Velvet sebagai nama panggung, dengan Red yang menjadi bagian warna warni dan sisi optimis, dan Velvet untuk bagian sisi halus dan sensual.  


D = Dance Practice 


Untuk judul lagu yang akan diluncur dengan koreografi sendiri yang akan di tampil dalam sebuah video dan atas panggung. Termasuk MV, idola tersebut akan merilis video latihan dansa dari mereka sendiri dengan pakaian kasual di ruangan latihan perusahan mereka. Jika kalian ingin mempelajari dansa tersebut, kalian dapat melihat video latihan dalam satu kali pengambilan. 


F = Fancam


Beberapa video ini berasal langsung dari klip K-pop yang fokus terhadap satu individu dalam kelompok. Para penggemar yang ingin melihat untuk mengikuti bais mereka melalui penampilan, mereka akan melihat kepada fancam dari sebuah konser atau pertunjukan musik. Sebutan ini telah berevolusi dan termasuk komplikasi sebuah gambaran idola dengan musisi internasional, aktor,  karakter fiksi dan bahkan hasil pemilihan dalam aksi. 

G = Generasi 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Para penggemar telah menggunakan kategori dalam setiap generasi untuk K-pop berevolusi semenjak tahun 1990-an. Generasi pertama memperpanjang dengan K-pop pertama bernama Seo Taiji dan Boys hingga awal tahun 2000 dengan H.O.T dan BoA. Generasi kedua mulai pada pertengahan 2000 seperti kelompok band bernama Girls Generation, Big Bang, dan 2NE1 telah menunjuk terhadap lebih futuristik dan mendapatkan kepopuleran di luar. Generasi ke tiga termasuk dengan kelompok yang debut pada pertengahan 2010 seperti BTS, EXO, dan TWICE. Dan sekarang kami di generasi empat, di mana hyper-pop dan noise music menjadi umum seperti Stray Kids, aespa, dan ATEEZ. Melalui beberapa generasi, ada juga beberapa perdebatan dengan kelompok lainnya yang jatuh diantaranya, seperti Blackpink jatuh pada generasi tiga atau empat. 


G = Generasi Perempuan 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Apabila Anda pernah memperhatikan K-pop semenjak “Gangnam Style” atau Blackpink, kemungkinan Anda pernah dengar Girls’ Generation atau disebut dengan Gee, setidaknya pada tahun 2010. Kelompok perempuan yang memiliki sembilan anggota  yang bernama So-nyuh Shi-dae atau dikenal sebagai SNSD di Korea telah menguasai industri K-pop selama tahun 2010 dan sekarang mereka menjadi “ini adalah kelompok terfavorit dari para kelompok favorit Anda.” Dengan kelompok hiatus yang terus diperpanjang, anggota seperti Taeyeon, Tiffany, dan Yoona sekarang mereka menjadi solois, aktor, dan model ternama. 


I = Idola

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

K-Pop menjadi lebih dari sebuah jenis musik, industri yang sangat teratur dengan sistem pelatihan, dan tuntutan intens senimannya. Untuk para solois dan anggota kelompok yang melewati beberapa tahun latihan, dan debut atas nama sebuah perusahaan entertainment disebut dengan idola. Dengan menambah musik, seorang idola terbiasa dengan menjadi brand ambassador, seorang aktor, pembawa acara radio atau menjadi pembawa acara untuk beberapa pertunjukan. Mereka juga diperlukan untuk tetap mempunyai image yang baik terhadap para penggemarnya, dan seandainya mereka tertangkap berkencan atau melakakukan hal yang buruk, akan disebut sebuah skandal. 


L = Lightstick 

Lightstick adalah sesuatu yang wajib dibawa untuk menghadiri sebuah konser K-pop. Lightstick ini dirancang untuk identitas sebuah kelompok dan biasanya dengan logo di permukaan. Saat konser, lampu dalam lightstick akan disesuaikan dengan warna lain atau mengadakan pertunjukan cahaya. Bahkan jika Anda tidak datang ke pertunjukan, mereka dapat berfungsi sebagai dekorasi atau lampu saat keadaan darurat. 


M = Mini Album 

Merilis album dari seorang idola, EP untuk artis barat mempertimbangkan untuk memberi pengeluaran yang besar, pekerjaan sebuah kelompok dengan beberapa comebacks akan berjalan selama setahun dan mengeluarkan lima atau tujuh lagu saat waktu yang sama. Ada beberapa idola yang merilis album dengan judul dan lagu tambahan. Ini akan membuat sebuah kelompok bertahun-tahun untuk merilis album pertama , tetapi mereka juga akan merilis sebanyak 12 lagu. 


M = Music Show 

Untuk idola populer, setiap comeback termasuk menghadiri beberapa pertunjukan acara Korea, beberapa minggu ini memiliki program yang serupa dengan TRL yang menunjukan 10 penampilan. Setiap kelompok juga selesai dengan pemenang setiap minggu berdasarkan penjualan album, pemilihan penggemar, dan analisis ahli. Pertunjukan musik akan menang dengan persetujuan besar dengan beberapa kelompok setelah kemenangan pertama mereka. 


P = Photocard 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Setiap barang merchandise yang dirilis dengan artis tersebut yang termasuk dengan kartu foto, atau foto ukuran dompet dari sebuah anggota. Kartu tersebut akan didistribusi dengan acak, dan akan menjadi subkultur besar untuk setiap fandom dalam kelompok berbeda untuk mulai mengumpulkan, atau memperjuangkannya. Para penggemarnya juga akan membuat kartu foto sendiri dengan merchandise untuk dijual melalui Etsy atau platform lainnya. 


P = Posisi 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Untuk setiap anggota dalam kelompok idola akan diberikan posisi berdasarkan keahlian, dan kontribusi dalam kelompok. Kelompok yang tersusun dengan vokalis, rapper, dan penari yang akan dinilai dari tahapan berbeda: terutama dengan setiap kategori dan fitur terbaik, yang diikuti oleh leads dan subs. Setiap kelompok memiliki seorang pemimpin yang membuat kelompok tetap bersama, sebuah visual yang mempunyai penampilan terbaik, anggota termuda dan wajah menjadi pusat perhatian. Beberapa kelompok yang mempunyai posisi forgo seperti BLACKPINK, LOONA, dan TXT. 


S = Solois 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

K-pop dikenal sebagai kelompok perempuan dan lelaki, solois juga menjadi bagian terbesar dalam industri ini. Ada beberapa idola seperti IU dan Chung Ha melakukannya debutnya sebagai solois. Sedangkan solois yang lain memiliki proyek, dan juga bagian kelompok atau menjadi solois setelah kelompok band yang sudah terpisah. Beberapa solois terkenal adalah CL, SUNMI, Taemin dan Taeyeon yang menjadi anggota populer pada kelompok generasi dua. 


S = Subuil 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Beberapa perusahaan entertainment dengan beberapa idola atau idola kelompok terbesar berbentuk subunit yang membuat comeback mereka berbeda dengan aktivitas kelompok utama mereka. Kelompok termasuk EXO dan WJSN telah chartered  dengan EXO-CBX dan WJSN the Black. Dikenal sebagai kelompok NCT boyband  sang  “limitless”  melihat terhadap subunit di tahap yang baru dengan 23 anggota yang tampil dengan sendiri dalam unit masing-masing: NCT 127, NCT Dream, NCT U, dan WayV. 

V = V Live

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Untuk tetap berhubungan dengan para penggemarnya, para idola akan melakukan hal ini melalui live stream dan membuat konten yang dibuat sendiri seperti kegiatan liburan, dan lainnya melalui aplikasi V Live. Para kelompok yang memulai untuk membagikan penampilan melalui V Live dengan konser virtual saat pandemi. Semua kelompok band rata-rata menggunakan aplikasi V Live dan sudah banyak yang juga memakai platform Weverse yang dibuat oleh perusahaan entertainment BTS bernama HYBE. Selain livestreaming, Weverse menunjukan rekaman video konten dan memiliki papan pesan untuk idola dapat untuk mengunggah dan berkomen langsung dengan unggahan penggemar. 


Y = Youtube 

Untuk semua yang ingin menyukai K-pop, platform Youtube adalah tahap pertama untuk mendalaminya. Dengan MV, latihan dansa, pertunjukan musik dan fancams yang diunggah di beberapa bagai kanal yang didedikasikan terhadap comeback terakhir dan memperkenalkan K-pop untuk para penggemar baru kepada kelompok band tersebut. Mencari video kompilasi  yang Anda akan menyadari semua mengenai idola tersebut. Platform yang memberikan konten, hiburan dan pendukungan terbaik. Kemudian, Anda juga dapat mengubah dengan livestream dan melambai lightstick Anda saat ada konser dengan K-pop fandom lainnya. 

Penulis: Quinci Legardye; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Alih bahasa: Alyssa Tagor; Foto: Courtesy of BAZAAR US