Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Pameran Seni yang Wajib Anda Kunjungi Tahun Ini

Dari France Bacon di London hingga Barbara Hepworth di St Ives, berikut panduan pameran seni yang patut Anda datangi tahun ini.

10 Pameran Seni yang Wajib Anda Kunjungi Tahun Ini
Courtesy of BAZAAR UK

Bersiap-siap untuk tahun yang dipenuhi dengan seni spektakuler. Anda akan melihat nama-nama blockbuster terkenal seperti Francis Bacon atau Raphael berasal di London, keduanya sudah menanti dengan sabar karena adanya pandemi. Karya dari fotografer perempuan di  Milton Keynes.

Akan ada beragam pertunjukan di museum ternama kota London, Victoria & Albert, berjudul Fashioning Masculinities: The Art of Menswear. Sebuah pameran yang merayakan kekuasaan, kerajinan, dan keberagaman fashion dalam dunia laki-laki. Sementara, Dundee memberikan presentasi seminar mengenai plastik di masa lalu, masa kini bahkan masa depan. 

Untuk membantu Anda Anda merencanakan agenda seni di tahun 2022, simak sepuluh pertunjukkan seni terbaik pilihan Bazaar. 


1. Francis Bacon: Man and Beast 

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Tertunda di tahun 2021, pameran yang sudah lama diantisipasi ini menceritakan bagaimana Francis Bacon terpesona dengan keadaan hewan yang memengaruhi karyanya, terutama perawatan terhadap tubuh manusia. Mendalami teori ini, Francis Bacon menjelajahi insting tersebut dan pembatasan antara manusia dan bukan manusia. 

Menghadirkan 45 lukisan dari 50 tahun seniman ini berkarya. Mulai dari hari-hari awalnya di tahun 1930 hingga 1940, hingga ke karya terakhir yang berjudul Study of a Bull pada tahun 1991. Ini merupakan kali pertama lukisan tersebut dipamerkan di UK, dan juga akan ditampilkan dalam pameran tersebut adalah tiga lukisan mengenai pertarungan banteng dari tahun 1969, dan juga beragam unsettling potraits yang tidak akan menjadi sebuah identitas, namun juga pertanyaan.

Francis Bacon: Man and Beast, Royal Academy of Arts, London, akan berlangsung pada tanggal 29 Januari - 17 April 2022

2. Lousie Bourgeois: The Woven Child 

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Pameran pertama yang khusus didedikasikan kepada Louis Bourgeois selama dua dekade terakhir akan berlangsung di Hayward Gallery. Di babak ini, sang seniman asa Prancis tersebut mengunjungi kembali kekhawatiran masa lalunya termasuk termasuk identitas, seks, hubungan keluarga, dan kenangan. 

Pemeran utamanya adalah karya Louise di tahun 1997 yang merupakan sebuah instalasi bertajuk Spider, dan Lady in Waiting dari tahun 2003, yang merupakan gabungan dari potongan tapestry. Anda juga akan bertemu dengan beberapa macam patung yang telah diseleksi dari arsip prosesnya seperti kolom dari tumpukan tekstil atau lozenges, dengan susunan meningkat dan menurun. 

Louise Bourgeois: The Woven Child, Hayward Gallery, London, akan berjalan pada tanggal 9 February-15 May 2022 

3. Ai Weiwei: The Liberty of Doubt 

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Hasil karya seni Ai Weiwei termasuk karya patung, film, fotografi, dan instalasi yang mempunyai arti kejujuran, kekuasaan, kebenaran, serta nilai dari saat sang seniman menyelidiki dunia modern, kebudayaan, dan tradisi Tionghoa. Seminar solo ini akan memamerkan satu instalasi dari 13 karya seni dari sang seniman, dan 14 benda sejarah dari China yang dibeli oleh Ai di acara lelang pada tahun 2020. 

Menampilkan karya pertunjukan dari periode serta gaya yang berbeda, Ai juga menarik perhatian pada cara kita mengaitkan makna dan nilai pada sebuah objek. Dengan melakukan itu, ia mendorong para penonton untuk mempertanyakan peran yang dimainkan oleh museum sebagai penjaga gerbang sejarah dan budaya. Pilihan film terbaru, termasuk Coronation (2020) dan Human Flow (2017) juga akan dimainkan selama pameran berlangsung. 

Ai Weiwei: The Liberty of Doubt, Kettle’s Yard, Cambridge, akan dilaksanakan pada 12 Februari- 19 Juni 2022


4. A Century of the Artist’s Studio 1920-2020 

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Galeri Whitechapel di London mempertimbangkan betapa pentingnya studio untuk seorang seniman, apakah akan terletak di pabrik yang terbengkalai, loteng atau dapur meja yang akan melalui lebih dari 100 karya, dan lebih dari 80 seniman dari seluruh dunia. Ini juga menjadi penilaian pada seniman yang berhasil menghasilkan studio ini sebagai tempat pameran yang luas, panggung publik, ruang kerja kolektif, rumah bahkan tempat pengungsian pribadi. 

Satu yang tak diragukan lagi adalah karya patung dari Louise Bourgeois berjudul Cell IX (1999) menjadi sorotan utama, di mana membuat gambaran terhadap studio menjadi penjara dan portal. Di tempat lain, Anda akan bertemu dengan karya seniman kontemporer seperti Kerry James Marshall, Mequitta Ahuja, dan Lisa Brice, dan juga seniman yang begitu dibanggakan di abad ke-20 seperti Pablo Picasso, Henri Matisse, dan Andy Warhol.   

A Century of the Artist’s Studio 1920-2020, The Whitechapel Gallery, London, akan dilaksanakan pada tanggal 24 Februari – 5 Juni 2022.


5. Fashioning Masculinities: The Art of Menswear 

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Ini merupakan pameran terbesar V&A pertama yang didedikasikan kepada pakaian pria yang merayakan kekuasan, kesenian, beragam, dan evolusi dari pakaian busana pria sepanjang masa. Menampilkan sekitar 100 looks, dan 100 karya seni yang menunjukan bagaimana pakaian pria menjadi ikon mode, dan diperbarui oleh percancang, penjahit, seniman dan lainnya. Dengan menyelidiki bagaimana kejantanan ditampilkan, dan berkembang selama berabad-abad. 

Perancang seperti Gucci, Raf Simos dan Grace Wales Banner akan dipamerkan bersama karya klasik seperti patung, lukisan, fotografi, film, dan pertunjukan. Ini akan menjadi kesempatan untuk mengapresiasi beragam ekspresi maskulin, dan berpakaian luar biner.   

Fashioning Masculinities: The Art of Menswear, V&A, London, akan dilaksanakan pada tanggal 19 Maret-6 November 2022 


6. The Credit Suisse Exhibition: Raphael

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Hanya beberapa seniman yang mempunyai popularitas seperti Rapahel, dengan alasan yang benar. Ia lahir di Urbino pada tahun 1483, sang pelukis, draughtsman, arsitek, dan penyair yang merevolusi Western art dengan mencari tahu tentang hal ideal tentang kecantikan, cinta, kuasa, dan beragam penjelasan, ketenangan, serta kekayaan dengan berbagai macam warna yang tak pernah dilihat sebelumnya. Sekarang, sang seniman begitu populer sebagai supreme painter untuk Italian High Renaissance. 

Bringing together more than 90 works from across his two-decade career, including unprecedented loans from the Louvre and the Uffizi, this major exhibition spotlights the breadth of Raphael’s skill, creativity and ingenuity, while illustrating his legacy and influence on future generations of artists. 

Membawa lebih dari 90 karya dari seluruh masa kariernya, tepatnya selama dua dekade, termasuk hal yang sebelumnya tak pernah dipinjam dari Louvre and Uffizi. Pameran ini merupakan ekshibisi terbesar yang menonjolkan kekreatifan Raphael, termasuk juga kecerdikannya, dan sekaligus memperlihatkan peninggalannya dan pengaruhannya untuk generasi seniman masa depan. Diundur sejak tahun 2020, yang seharusnya menjadi perayaan ke-500 untuk kematiannya. Ini adalah kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, untuk merayakan seniman dengan bakat yang menakjubkan. Semoga saja ini sepadan dengan waktu yang kita tunggu.

The Credit Suisse Exhibition: Raphael, National Gallery, London, akan dilaksanakan pada tanggal 9 April-31 Juli 2022 


7. Henry Moore 

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Dikurasi oleh Hanna Higham dari foundation Henry Moore yang berkolaborasi dengan putri sang seniman, Mary Moore, pameran ini akan menjadi seminar solo terbesar yang akan mengembangkan karya Henry Moore mengenai kariernya. Dengan penelitian sang seniman, pengaruh abadi Stonehenge dalam penelitiannya terhadapbskala, materi, dan volume.

Dipasang di seluruh taman dan kelima ruang galeri Hauser & Wirth, akan ditampilkan karya berjudul The Arch (1963/1969), Large Interior Form (1953-54), dan Locking Piece (1962-63), serta juga 100 barang dari studio dan kediaman Moore. Diperlihatkan bersama, memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana cara bekerja salah seorang seniman terbesar di abad ke-20.

Henry Moore, Hauser & Wirth Somerset, akan dilaksana pada tanggal 27 Mei-4 September 2022


8. Vivian Maier 

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Selain bekerja sebagai seorang pengasuh selama sekitar 40 tahun, Vivan Maier juga menjadi seorang fotografer yang produktif dan berbakat, ia mengumpulkan lebih dari 2.000 rol film, 3.000 cetakan, dan lebih dari 150.000 negatif selama hidupnya. Selalu bersama kamera Rolleiflex yang tergantung di lehernya, ia memotret foto mengenai arsitektur dan kehidupan di jalanan di kota Chicago, New York, dan Los Angeles, serta perjalanannya keliling dunia.

Namun, tidak seperti rekan fotografernya, Vivian bekerja secara rahasia, ia tidak berbagi kepada siapa pun. Saat sang seniman meninggal di tahun 2009, tepatnya di umur 83, dan hasil karyanya tidak pernah diperlihatkan ke publik. Sejak itu, berkat upaya kolektor John Maloof, karya Vivier telah dipamerkan dengan penuh kasih ke publik. Dikuratori oleh Anna Morin, dan diproduksi oleh diChroma Photography, pameran ini akan memperlihatkan lebih dari 140 foto hitam putih dan berwarna darinya. Sangat menyenangkan bahwa akhirnya Vivien mendapatkan pengakuan yang layak ia dapatkan.

Vivian Maier, MK Gallery, Milton Keynes, akan dilaksanakan pada tanggal 11 Juni-25 September 2022


9. Plastic: Remaking Our World

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Pikirkan kembali peran plastik di pameran yang diproduksi bersama oleh V&A Dundee, Vitra Design Museum, dan MAAT. Memetakan sejarah 150 tahun plastik, Plastic: Remaking Our World mengeksplorasi segala sesuatu mulai dari penemuan dan kejayaan yang meroket di abad ke-20 hingga tantangan mendesak polusi plastik dan masa depan yang berkelanjutan. Prototipe, teknologi baru, dan bahan terdepan akan ditampilkan bersama desain produk, grafik, arsitektur, serta fashion di seluruh dunia. Dalam menghadapi krisis iklim yang sedang berlangsung, pameran ini adalah pameran yang sangat tepat.

Plastic: Remaking Our World, V&A Dundee, akan dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2022- 5 Februari 2023


10. Barbara Hepworth: Life & Ari 

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Lahir di tahun 1908, Barbara Hepworth menjadi salah satu pematung modern di Inggris. Ia terinspirasi dari pemandangan di sekitarnya, pertama di Hampstead dan kemudian di Cornwall, ia mengukir bentuk halus dan sensual dengan interior yang rumit. Hari ini, cara eksplorasi Barbara terhadap ruang negatif dianggap sebagai kontribusi terbesarnya terhadap seni abstrak.

Menyatukan seluruh karyanya di Barbara Hepworth: Life & Art yang akan mengungkapkan bagaimana sang seniman mempunyai ketertarikan begitu luas, seperti musik, dansa, sains dan politik memengaruhi kreativitasnya. Pameran ini juga akan menunjukkan hasil karya oleh Bridge Riley dari tahun 1960-an hingga karya terbaru oleh Tacita Dean, dan Veronica Ryan, yang mengeksplorasi tema dan ide yang menarik bagi Barbara Hepworth.  

Barbara Hepworth: Life & Art, Tate St Ives, akan dilaksanakan pada tanggal 26 November  2022-1 Mei 2023

Penulis: Lucy Scovell; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Alyssa Tagor; Foto: Courtesy of BAZAAR UK