Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Setelah Tersandung Kasus Pelecehan Seksual, Istana Buckingham Resmi Mencopot Gelar Pangeran Andrew

Ratu Elizabeth secara resmi mencabut Pangeran Andrew dari semua gelar kerajaannya.

Setelah Tersandung Kasus Pelecehan Seksual, Istana Buckingham Resmi Mencopot Gelar Pangeran Andrew

Ratu Elizabeth akhirnya secara resmi mencopot segala gelar yang disemat oleh Pangeran Andrew mulai dari gelar militer hingga perlindungan kerajaan dan tidak akan lagi mengizinkannya menggunakan gelar HRH-nya, Istana Buckingham telah mengumumkan.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Kamis, 13 Januari, Istana Buckingham mengatakan, "Dengan persetujuan Ratu, afiliasi militer Duke of York dan perlindungan Kerajaan telah dikembalikan kepada Ratu." Mereka menambahkan bahwa ia sekarang akan berjuang melawan kasus pelecehan seksual yang sedang berlangsung sebagai "warga negara biasa".

Langkah yang belum pernah diambil sebelumnya akhirnya terjadi setelah diumumkan bahwa upaya terakhir Andrew untuk membuat kasus penyerangan seksual kepada warga sipil, Virginia Giuffre diberhentikan dari pengadilan AS telah ditolak, yang berarti bahwa ia sekarang harus memberikan kesaksian penuh di bawah sumpah menjelang persidangan besar yang akan berlangsung pada musim gugur ini.

Sebuah sumber kerajaan mengatakan kepada Bazaar.com bahwa gelar dan tugas yang selama ini dipegang oleh Andrew  telah dikembalikan secepatnya dan akan didistribusikan kembali ke anggota Keluarga Kerajaan lainnya, yang akan meliputi Pangeran William, Duchess Kate, Putri Anne, Pangeran Edward, Pangeran Charles dan Camilla, Duchess of Cornwall.

Sumber itu menambahkan bahwa keputusan itu "dibahas secara luas" di antara anggota keluarga dan juga diputuskan bahwa gelar dan segala peran yang pernah dipercayakan kepadanya tidak akan pernah kembali ke Duke of York, terlepas dari hasil kasus perdata Virginia Giuffre. Ia juga tidak akan lagi diizinkan menggunakan panggilan "Yang Mulia" dalam kapasitas resmi apa pun.

Sebelum pengumuman, ada tekanan yang meningkat dari kelompok kampanye dan anggota masyarakat agar kehormatan militer Andrew dicabut. Pagi ini terungkap bahwa kelompok anti-monarki Republik telah mengirim surat kepada Ratu yang ditandatangani oleh 152 veteran militer Inggris yang mendesak sang ratu untuk menghapus putranya dari semua posisi dan pangkat militer.

"Kami memahami bahwa ia adalah putra Anda, tetapi kami menulis surat kepada Anda dalam kapasitas Anda sebagai kepala negara dan sebagai Panglima Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara," bunyi surat itu. “Langkah-langkah ini bisa diambil kapan saja dalam sebelas tahun terakhir. Tolong jangan biarkan itu lebih lama lagi.”

(Penulis: Omid Scobie; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)