Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Simak 3 Tips Dari Najwa Shihab Agar Percaya Diri di Depan Umum

Menurut Najwa, setiap orang mempunyai caranya sendiri untuk mempersiapkan penampilan di depan publik.

Simak 3 Tips Dari Najwa Shihab Agar Percaya Diri di Depan Umum
Najwa Shihab

Beberapa waktu lalu, Najwa Shihab, seorang pembawa acara berita televisi di talkshow bernama Mata Najwa, dan founder Narasi.tv baru saja membuat akun TikTok.  

“Tahun baru, petualangan baru, keseruan baru! Senang sekali TikTok akan menjadi bagian dari perjalanan baru saya di tahun 2022! Wadah untuk berinteraksi lebih dekat dengan komunitas yang begitu beragam dengan konten yang bermacam-macam. Mari berekspresi, bergerak, belajar, berbagi kreativitas, inspirasi dan hiburan,” tulis Najwa dalam unggahan Instagram pribadinya.  

Dengan berjalannya waktu, Najwa sudah mempunyai sebanyak 404.100 followers. Dengan video pertama yang memperkenalkan dirinya kepada dunia TikTok, dengan menyatakan, “Halo, akhirnya saya punya akun TikTok. Ngapain aja sih yang seru di TikTok? Bikin konten apa? Cerita-cerita apa? Kasih saran ya, teman-teman. Ini benaran baru pertama, baru mau nyoba. Jadi, ditunggu banget masukannya, sarannya. Bikin konten apa, dari yang paling seru-serunya, ngapain aja di TikTok. Ditunggu.” Hanya dengan video tersebut, Najwa telah mendapatkan 55.150 ribu komentar dari para penggemarnya.   

Video perdana Najwa di akun TikTok miliknya, @najwashihab
Video perdana Najwa di akun TikTok miliknya, @najwashihab

Setelah mendapatkan masukan dan saran dari para penggemarnya, Najwa memutuskan untuk membuat konten pertama yang sangat mendidik para warga TikTok. Sosok pembawa acara ternama ini membagikan 3 tips agar percaya diri di depan umum. Najwa membagikan tips yang begitu bermanfaat, beredukasi, dan dapat diinspirasikan sekaligus meningkatkan kepercayaan diri pada sosok individu.

Lantas, ada tips apa saja yang ia bagikan? 

Video perdana Najwa di akun TikTok miliknya, @najwashihab
Video perdana Najwa di akun TikTok miliknya, @najwashihab

1. Research dan Memahami Materi

Menurut Najwa, setiap orang mempunyai cara sendiri untuk mempersiapkan penampilan di depan publik atau mengajarkan sesuatu depan umum. Yang pertama adalah menguasai materi yang akan dibahas pada saat itu, dengan cara melakukan riset berulang-ulang sehingga mendapatkan materi yang lengkap untuk dibagikan. Membaca sebanyak-banyaknya adalah hal yang penting untuk persiapan diri dan yang paling penting adalah siapa yang akan di wawancara. Pelajari sumber yang akan di wawancara seperti latar belakang, gaya berbicara, apa pendapat sebelumnya. 


2. Tarik Nafas dan Membaca Surat Sholawat

Sebelum tampil di depan umum, pembawa acara ternama ini juga sering kali merasa gelisah. Merasakan hal seperti ini, adalah perasaan yang sudah biasa.  Oleh karena itu banyak yang sering merasa ketakutan untuk menunjukkan kegagalan di depan umum sehingga muncul rasa gelisah. Cara Najwa mengatasi rasa gelisah adalah dengan membaca surat Sholawat berulang kali dalam hati, dan cara ini adalah rumus yang diajarkan oleh ayahnya untuk tetap merasa tenang. 


3. Membawa Minyak Kayu Putih dan Minum Teh Panas

Menjadi penonton penggemar, Najwa Shihab terlihat sebagai sosok perempuan yang mempunyai percaya diri tinggi. Najwa terlihat sangat bijaksana dan gagah di depan publik. Sedikit Bazaar ketahui, di belakang layar Najwa Shihab sering kali merasakan tidak siap untuk berbicara depan publik yang membuat dirinya terasa mulas. Untuk melewati itu, Najwa selalu membawa minyak putih kemanapun ia pergi, dan minuman andalan Najwa adalah teh panas agar terasa rileks. 

Image Najwa sudah terbentuk sebagai seorang  anchor yang dikagumi banyak orang. Najwa pun banyak dianggap menjadi salah satu panutan dalam kehidupan. Najwa adalah salah satu contoh perempuan dengan karier hebat yang membawa konsep women empowerment.   


Penulis: Alyssa Tagor Foto: Courtesy of Instagram @najwashihab dan TikTok Najwa Shihab