Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Jane Fonda akan Dianugerahi Penghargaan Cecil B deMille di Ajang Golden Globes

Kariernya yang mengesankan telah berlangsung selama enam dekade.

Jane Fonda akan Dianugerahi Penghargaan Cecil B deMille di Ajang Golden Globes

Jane Fonda akan menerima penghargaan lifetime achievement di ajang Golden Globes pada 28 Februari mendatang. Aktris, yang kariernya telah berlangsung selama enam dekade, dipuji karena "bakatnya yang tak terbantahkan" oleh penyelenggara upacara tersebut.

Jane akan membawa pulang Penghargaan Cecil B deMille yang prestisius itu pada acara yang akan dilangsungkan di Beverly Hills, California.

"Bakatnya yang tak terbantahkan telah membuatnya mendapat pengakuan tertinggi," ungkap Hollywood Foreign Press Association (HFPA). "Meskipun kehidupan profesionalnya telah berubah banyak, komitmennya yang teguh untuk membangkitkan perubahan tetap masih terlihat dipegang teguh."

Jane memulai debutnya pada tahun 1960, saat membintangi sederet film ikonis seperti Barbarella, Nine to Five, Coming Home, dan On Golden Pond. Jane yang juga dikenal dengan komitmennya sebagai seorang aktivis (tepatnya di mulai pada tahun '60-an), sempat menyampaikan protes kerasnnya mengenai perang Vietnam dan selama beberapa tahun terakhir telah berkampanye melawan perubahan iklim. Ia juga telah ditangkap sebanyak enam kali karena kegiatan aktivismenya.

"Saya ingin menutup kehidupan saya dan merasa telah melakukan yang terbaik," kata Jane kepada Bazaar pada tahun 2020.

"Apa yang memotivasi saya untuk terus maju sebagai aktivis adalah karena apa yang dipertaruhkan. Apakah ada masa depan yang layak untuk ditinggali dan dipertaruhkan. Dan jika itu bukan motivasi, saya tidak tahu apa itu. Saya tidak akan menyerah dan melepaskan diri dengan mudah hanya karena saya ingin bisa tidur lelap."

(Penulis: Naomi Gordon; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)