Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Didiet Maulana Rilis Buku yang Mengulik Tentang Asal Mula Kebaya Indonesia

6 tahun lakukan riset, buku Kisah Kebaya yang ditulis Didiet Maulana berbagi ilmu tentang keindahan yang ada dalam kebaya Indonesia.

Didiet Maulana Rilis Buku yang Mengulik Tentang Asal Mula Kebaya Indonesia

Setelah berkecimpung dalam industri fashion selama hampir satu dekade, desainer Didiet Maulana mengekspresikan ide dan menuangkan buah pemikirannya dengan merilis sebuah buku yang menceritakan ragam dan asal mula pakaian nasional khas Indonesia, kebaya. 

Buku yang bertajuk Kisah Kebaya tersebut terlahir dari kenangan akan mendiang sang nenek dan kisahnya selama berkarier sebagai fashion designer di dunia mode. "Pengetahuan tentang kebaya ini sayang jika diserap sendiri. Jika generasi muda mengetahui apa yang Indonesia miliki dalam sisi seni dan budaya, mereka akan semakin bangga. Saya berharap perilisan dengan buku ini, dapat membuat kita sebagai bangsa Indonesia semakin cinta dan mengabadikan kebaya dan juga menyadarkan generasi penerus akan kekayaan budaya yang Indonesia miliki" ungkap Didiet Maulana.

Buku ini telah melewati masa penulisan yang cukup lama, lebih dari 6 tahun. Selain desain dan visualnya yang menarik, buku ini juga meliput riset sedemikian rupa agar dapat menjadi pegangan bagi para pengrajin kebaya, terutama penjahit rumahan. Buku yang terbagi menjadi beberapa bab. Pada bab awal yang ia sebut sebagai “Kebaya Berbudaya", ia bercerita mengenai sejarah kebaya, mulai dari asal mula serta perkembangannya dari tahun ke tahun dan serangkaian aspek yang mempengaruhi nilai dan bentuk kebaya.

Bagian selanjutnya menceritakan tentang "Kebaya Bergerak dalam Era". Bab tersebut menjelaskan langkah-langkah dalam proses pembuatan kebaya. Dari inspirasi pola, teknik pemotongan kain, penjahitan halus, dan ilustrasi desain-desain kebaya. Serangkaian gambar dan langkah pembuatan turut dilampirkan dalam visual yang menarik, memudahkan siapa pun yang mempunyai keinginan untuk belajar membuat kebaya. Gelar sarjana teknik arsitekturnya pun tak sia sia. Ia menerapkan tehnik pola berskala sehingga pola yang ia buat dapat diperbesar dan direalisasikan menjadi busana wanita yang anggun dan indah.

Pada bab tiga Didiet memfokuskan tulisannya pada hal-hal teknikal dan bagaimana "pemakaian kebaya sesuai dengan warisan Indonesia, dari pemakaian kain, stagen hingga kemben. Sedangkan bab terakhir menampilkan ragam kebaya mulai dari kebaya pendek santai, kebaya panjang yang terlihat formal, kebaya kutu baru hingga kebaya Kartini.

Buku Kisah Kebaya oleh Didiet Maulana telah tersedia untuk pre-order dari tanggan 18 sampai 31 Januari melalui situs resmi Gramedia. 

(Penulis: Nursifaa Azzara; Foto: Didiet Maulana)