Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengenal Tren Yoga Mata yang Diklaim Mampu Membantu Anda tetap Fokus dan Menghilangkan Stres

Sebuah latihan sederhana dapat Anda lakukan dari tempat tidur atau sofa Anda.

Mengenal Tren Yoga Mata yang Diklaim Mampu Membantu Anda tetap Fokus dan Menghilangkan Stres

Yoga mata adalah tren kesehatan terbaru yang berhasil menyita banyak perhatian, tetapi apakah Anda tahu bahwa sebenarnya yoga itu telah setua filosofi dari yoga itu sendiri, dengan asanas (pose yoga), pranayama (latihan pernapasan), dan meditasinya. Seperti banyak praktik kuno lainnya yang dibangun di atas pengalaman dan intuisi praktis, para ilmuwan modern baru-baru ini mulai mengeksplorasi manfaat senam mata, yang dapat membuat fokus mata lebih baik dan memberikan rasa tenang yang lebih.

Mari kita ambil contoh dari kebiasaan memutar mata yang tidak disengaja dan menjadi populer di tahun 2020. Faktanya, memutar mata adalah mekanisme yang diekspresikan oleh otak dalam upaya untuk memasuki keadaan kesadaran alternatif. Dengan kata lain, pikiran kita menggunakan putaran mata untuk mengalihkan perhatian dari realitas saat ini.

Dalam yoga Ashtanga, yang diajarkan oleh Sri K. Pattabhi Jois, memutar mata hanyalah salah satu dari sembilan titik tertentu dari teknik menatap dalam metode yang disebut 'drishti', yang digunakan untuk mengontrol perhatian dan penyelarasan tulang belakang. Kontrol perhatian melalui tatapan adalah teknik yang sangat kuat yang mengajarkan kita bagaimana menjadi tenang dan fokus, yang dapat meningkatkan ketahanan mental kita di tengah lingkungan yang sangat stres. 

Seperti hal belajar mengemudikan sebuah motor, hal pertama yang Anda pelajari dari instruktur adalah 'penetapan target', yang berarti sepeda motor Anda harus mengarah ke arah yang Anda tuju, dan jika Anda hanya terus melihat rintangan yang ada di depan, maka pada akhirnya Anda akan menabraknya. Jadi, target Anda harus selalu berada di tempat yang Anda inginkan, bukan apa yang ingin Anda hindari. Penemuan ini memang yang paling filosofis selama sesi belajar mengemudi bagi saya sendiri - itu adalah sesuatu yang tidak dapat saya hentikan untuk dipikirkan dan akhirnya benar-benar terjadi dengan saya yang beberapa kali menabrak dinding.

Untungnya, yoga mata adalah suatu kegiatan yang jauh lebih aman, dan jika Anda belum siap untuk menggabungkan gerakan mata dengan postur yoga, Anda dapat memulai latihan yang sangat bermanfaat ini tanpa harus beranjak dari kenyamanan sofa dan atau menggabungkannya dengan gerakan latihan leher.

Yoga mata dan latihan leher sangat penting jika Anda menghabiskan banyak waktu di depan meja kerja Anda.

Yoga mata dan latihan leher sangat penting terutama jika Anda menghabiskan banyak waktu di meja atau menatap ponsel, seperti yang Anda lakukan sekarang. Dengan melatih mata secara teratur, Anda dapat mengaktifkan otot tulang belakang leher bagian atas dan menghilangkan tidak hanya gejala ketegangan mata akibat kerja dari rumah (asthenopia), tetapi juga semua sakit kepala dan leher yang muncul karena duduk di depan meja dalam waktu yang lama. Karena, mata Anda benar-benar terhubung ke bagian leher Anda.

Otot suboksipital terletak di belakang leher, tepat di bawah tengkorak, dan mengandung sejumlah besar proprioseptor yang menjadi evaluator untuk ketegangan pada otot, sehingga dapat memberi tahu otak tentang posisi kepala dan leher yang juga berguna bagi otot-otot di seluruh tubuh agar dapat terkoordinasi dan menjaga tubuh agar tidak terjatuh. Otot-otot ini kemudian akan merespons gerakan mata, dan Anda dapat merasakan sendiri respons ini dengan meletakkan tangan di kedua sisi kepala, dengan ibu jari diletakkan tepat di bawah tepi tengkorak di belakang leher Anda. Rasakan lapisan otot yang lebih dalam tanpa terlalu melelahkan leher Anda, dan tutup mata Anda, kemudian, gerakkan mata Anda secara horizontal dan vertikal - Anda akan merasakan sensasi denyut kecil di bawah ibu jari Anda. Sensasi ini adalah otot suboksipital yang bekerja untuk menerima informasi dari mata Anda.

Saat Anda duduk di depan meja atau menatap layar dalam waktu lama, maka hal ini akan membuat gerakan mata Anda terbatas, yang juga berarti akan membatasi informasi yang diterima otot Anda. Akibatnya, jarak yang terbatas dapat menyebabkan ketegangan otot di leher dan sebaliknya, yang pada akhirnya berkontribusi pada keseimbangan yang buruk.

Siap mencoba yoga mata? Semua latihan di bawah ini dapat dilakukan bersama-sama atau secara terpisah, tetapi penting untuk diperhatikan bahwa Anda mungkin akan merasa sedikit pusing pada awalnya, karena koordinasi Anda belum terbiasa. Maka untuk alasan ini, lakukan latihan dengan perlahan seperti yang Anda lakukan dengan jenis latihan lainnya - jangan memaksakan diri terlalu keras dan terlalu cepat.

Seiring berjalannya waktu, percayalah pusing akan memudar, dan Anda akan menjadi lebih mahir dalam latihan yoga mata dengan rentang gaya gerakan mata yang lebih banyak juga berarti akan mengurangi kelelahan mata dan memperbaiki postur, perhatian, keseimbangan, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Berikut adalah enam latihan yang dapat Anda mulai lakukan di mana saja dan kapan saja:

1. Menatap ke atas (memutar mata)

Kemampuan mata berputar atau menatap ke atas dengan cepat akan berkurang seiring bertambahnya usia dibandingkan dengan sudut lainnya. Sayangnya, para ilmuwan juga tidak tahu apakah penurunan terjadi karena tidak ada yang mengejutkan kita lagi setelah kita bertambah tua, tetapi jika memutar mata adalah sesuatu yang tidak terjadi secara alami dalam hidup Anda, jadikanlah itu sebagai latihan.

Duduk tegak dan, sambil menjaga posisi tulang belakang tetap panjang dan kepala tidak bergerak, gerakkan mata Anda secara horizontal ke kiri dan fokus pada objek di sekeliling Anda. Kemudian, gerakkan pandangan Anda secara perlahan tiga kali dengan gerakan memutar searah jarum jam. Ulangi gerakan yang sama berlawanan arah jarum jam, lalu tutup mata Anda untuk relaks selama beberapa saat.

2. Fokus

Pegang satu lengan lurus di depan Anda dengan ibu jari ke atas, fokuskan pada ibu jari, dan perlahan-lahan gerakkan ke arah hidung sampai fokus hilang. Kembalikan lengan ke posisi awal dan ulangi latihan gerakan fokus yang sama sebanyak 10 kali.

3. Melihat dari dekat dan jauh

Temukan dua titik fokus - satu di kejauhan (sebaiknya di suatu tempat di luar jendela jika Anda di rumah), dan satu lagi dengan jarak yang lebih dekat dengan Anda. Fokus pada objek yang jauh selama beberapa siklus pernapasan yang panjang, lalu arahkan pandangan Anda ke objek yang lebih dekat dengan Anda.

Tunggu hingga mata Anda fokus pada objek yang lebih dekat, lalu tarik napas dan embuskan napas sepenuhnya sebelum mengalihkan fokus Anda kembali ke objek yang jauh. Ulangi latihan ini 10 kali, atau sebanyak yang Anda bisa sebelum tetangga Anda mulai berpikir Anda sedang memata-matai mereka.

4. Berkedip

Buka mata Anda lebar-lebar, lalu berkedip cepat 10 kali. Tutup mata Anda dan ambil lima tarikan napas panjang dan lima embusan napas panjang. Ulangi latihan ini sebanyak lima kali, dan sebaiknya dilakukan jauh dari jendela, karena pada titik ini, tetangga Anda mungkin juga akan mulai berpikir Anda benar-benar dalam masalah dan sedang mencoba mengirimkan  pesan dalam kode morse. Untuk itu, lambaikan tangan, tersenyumlah, dan lanjutkan ke rutinitas berikutnya. 

5. Palming

Palming ditemukan oleh para yogi di Tibet dan melibatkan aktivitas menangkupkan tangan dengan lembut di atas mata. Anda perlu duduk dengan mata tertutup dan berkonsentrasi pada kegelapan. Segera, Anda akan melihat semua jenis lampu yang berkedip-kedip, yang berasal dari iritasi dan beban saraf optik yang berlebihan.

Mata kita membutuhkan kegelapan untuk pulih dari cahaya. Setelah lampu-lampu itu mulai menghilang, lepaskan telapak tangan Anda secara perlahan dan buka mata Anda secara bertahap. Pada awalnya, mereka mungkin akan merasa agak sensitif, jadi jangan langsung menatap apa pun yang terlalu terang, biarkan saraf optik Anda menyesuaikan diri.

6. Menatap ujung hidung

Latihan ini sering digunakan dalam kombinasi dengan meditasi dan pranayama (pernapasan), dan disebut dengan Nasikagra Drishti, yang secara harfiah diterjemahkan sebagai 'menatap ujung hidung'. Untuk menatap ujung hidung, Anda hanya perlu tetap berada di sofa dalam posisi duduk yang nyaman dengan posisi punggung tegak. Rilekskan bahu Anda dan letakkan telapak tangan di atas lutut agar tulang punggung lebih lurus dan berkonsentrasi.

Sekarang, perlahan-lahan alihkan pandangan Anda ke ujung hidung, tanpa melelahkan mata Anda. Lepaskan arah mata saat Anda merasakan ketidaknyamanan. Ulangi lima kali atau lebih dengan catatan mata Anda harus tetap terasa rileks. 


(Penulis:Valerie Stark; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)